Multimedia Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris

Penulis

  • Ni Luh Sumesari Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Kadek Suartama Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jeu.v10i1.44354

Kata Kunci:

Media, Multimedia pembelajaran, Bahasa Inggris

Abstrak

Bahasa Inggris menjadi salah satu Bahasa yang digunakan sebagai alat komunikasi universal masyarakat dunia. Hanya saja kenyataan dilapangan menunjukkan bahwa siswa kelas X cenderung tidak menyukai mata pelajaran Bahasa Inggris karena kurangnya penggunaan media yang menarik dalam proses pembelajarannya. Tujuan dari penelitian ini yakni untuk mendeskripsikan rancangan pengembangan multimedia pembelajaran pada mata pelajaran bahasa Inggris. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan dan model pengembangan ADDIE. Subjek yang terlibat dalam penelitian ini yakni tiga orang ahli dan siswa kelas X. pengumpulan data dalam penelitian dilakukan dengan menggunakan wawancara, pencatatan dokumen, dan kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil review ahli isi mata pelajaran menunjukkan multimedia bahasa Inggris berpredikat sangat baik (92%), hasil review ahli media pembelajaran multimedia menunjukkan produk berpredikat baik (75%), hasil review ahli desain pembelajaran menunjukkan multimedia berpredikat baik (86%), hasil uji perorangan menunjukkan multimedia berpredikat sangat baik (91,3%), hasil uji kelompok kecil menunjukkan multimedia berpredikat sangat baik (92,6%). Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa bahwa multimedia efektif untuk dikembangkan dan dibelajarkan kepada siswa kelas X, kususnya untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Inggris siswa.

Biografi Penulis

Ni Luh Sumesari, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

Teknologi Pendidikan

I Kadek Suartama, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

Teknologi Pendidikan

Referensi

Alami, Y. (2020). Media Pembelajaran Daring pada Masa Covid-19. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 49–56. https://ejournal.staisyamsululum.ac.id/index.php/jtt/ article/view/71.

Amalia, N. R. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia pada Mata Kuliah Konstruksi Bangunan I. Jurnal PenSil, 9(2), 104–110. https://doi.org/10.21009/jpensil.v9i2.15350. DOI: https://doi.org/10.21009/jpensil.v9i2.15350

Arif, S., & Muthoharoh, A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Powtoon dalam Meningkatkan Kemampuan Representasi IPA di Tengah Pandemi Covid 19. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 5(1), 112–124. https://doi.org/10.24815/jipi.v5i1.19779. DOI: https://doi.org/10.24815/jipi.v5i1.19779

Ayu, M., & Sari, F. M. (2022). Pelatihan Siswa/I Untuk Meningkatkan Kemampuan Tata Bahasa Inggris Dasar Melalui Website Grammar. Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS), 3(1), 132. https://doi.org/10.33365/jsstcs.v3i1.1916. DOI: https://doi.org/10.33365/jsstcs.v3i1.1916

Azis, N., Pribadi, G., & Nurcahya, M. S. (2020). Analisa dan Perancangan Aplikasi Pembelajaran Bahasa Inggris Dasar Berbasis Android. Jurnal Komputer Dan Informatika, 4(3), 2019–2020. https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/ikraith-informatika/article/view/815.

Busrial. (2022). Upaya meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Bahasa Inggris melalui Penerapan Model Siklus Belajar (Learning Cycle). Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran, 2(1). https://doi.org/10.54371/jiepp.v2i1.130. DOI: https://doi.org/10.54371/jiepp.v2i1.130

Chrisnawati, C. (2022). Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Bahasa Inggris melalui teknik EGRU pada siswa Kelas X SMA Negeri 2 Dompu. Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 2(1), 9–14. https://doi.org/10.54371/jiepp.v2i1.132. DOI: https://doi.org/10.54371/jiepp.v2i1.132

Dwiqi, G. C. S., Sudatha, I. G. W., & Sukmana, A. I. W. I. Y. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran IPA Untuk Siswa SD Kelas V. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 33. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28934. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28934

Herawati. (2018). Memahami Proses Belajar Anak. Jurnal Pendidikan Anak, 4(1). https://doi.org/10.22373/bunayya.v4i1.4515.

Kurniawan, E. Y. (2019). Pendidikan Berbasis Kreativitas Pada Mahasiswa PGPAUD Melalui Pemanfaatan Media Barang-Barang Bekas Dalam Pembelajaran Musik Perkusi di Universitas Muhammadiyah Tangerang. Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 1. https://doi.org/10.31000/ceria.v9i2.1272. DOI: https://doi.org/10.31000/ceria.v9i2.1272

Majidah, Hasfera, D., & Fadli, M. (2019). Penggunaan Warna Dalam Disain Interior Perpustakaan Terhadap Psikologis Pemustaka. RISTEKDIK : Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 4(2), 95–106. https://doi.org/10.31604/ristekdik.2019.v4i2.95-106. DOI: https://doi.org/10.31604/ristekdik.2019.v4i2.95-106

Mashuri, M., & Hasanah, E. (2021). Manajemen Pembelajaran Bahasa Inggris dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa saat Pandemi Covid-19 di SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 4(2), 227–234. https://doi.org/10.30872/diglosia.v4i2.174. DOI: https://doi.org/10.30872/diglosia.v4i2.174

Mayana, I., Sthephani, A., Effendi, L. A., & Yolanda, F. (2021). Motivasi Belajar Siswa Terhadap Penggunaan Macromedia Flash 8 Dimasa Pandemi Covid-19. Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika, 1(2), 144–155. https://doi.org/10.51574/kognitif.v1i2.109. DOI: https://doi.org/10.51574/kognitif.v1i2.109

Mulyawan, U. (2021). Problematika Online Learning; Hambatan Pembelajaran Bahasa Inggris Siswa. Jurnal Ilmiah Hospitality, 9(2), 301–308. https://doi.org/10.47492/jih.v9i2.349. DOI: https://doi.org/10.47492/jih.v9i2.349

Novitasari, K. (2019). Penggunaan Teknologi Multimedia Pada Pembelajaran Literasi Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 3(01), 50. https://doi.org/10.29408/goldenage.v3i01.1435. DOI: https://doi.org/10.29408/goldenage.v3i01.1435

Nugraheni, N. (2017). Penerapan Media Komik Pada Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Refleksi Edukatika, 7(2). https://doi.org/10.24176/re.v7i2.1587. DOI: https://doi.org/10.24176/re.v7i2.1587

Nurhasanah, E. (2021). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Sejarah Perkembangan Islam Berbasis Macromedia Flash untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 2(3), 148–153. https://doi.org/10.54371/ainj.v2i3.69. DOI: https://doi.org/10.54371/ainj.v2i3.69

Nurseto, T. (2020). Membuat Media Pembelajaran yang Menarik. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 8(1), 19–35. https://doi.org/10.21831/jep.v8i1.706. DOI: https://doi.org/10.21831/jep.v8i1.706

Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. Fitrah:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945. DOI: https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945

Permata, P., & Rahmawati, W. D. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Pada Materi Kalkulus. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(3), 277–286. https://doi.org/10.30738/union.v6i3.2985. DOI: https://doi.org/10.30738/union.v6i3.2985

Ratnasari, E. M., & Zubaidah, E. (2019). Pengaruh Penggunaan Buku Cerita Bergambar Terhadap Kemampuan Berbicara Anak. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(3), 267–275. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i3.p267-275. DOI: https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i3.p267-275

Ratnawati. (2020). Penerapan model pembelajaran berbasis proyek pada pembuatan strip komik untuk meningkatkan kemampuan menulis bahasa inggris. Indonesian Journal of Educational Development, 1(3). https://doi.org/10.5281/zenodo.4286867.

Saud, I. W., Husain, D., & Helingo, A. (2019). Survei Implemantasi Information And Communication Technology (ICT) Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Di Sma Se-Kabupaten Gorontalo. Orbith: Majalah Ilmiah Pengembangan Rekayasa Dan Sosial, 14(3), 176. https://doi.org/10.32497/orbith.v14i3.1315. DOI: https://doi.org/10.32497/orbith.v14i3.1315

Setyanto, D. W., & Adiwibawa, B. A. P. (2018). Membaca Warna Pada Karakter Superhero Marvel. Demandia : Jurnal Desain Komunikasi Visual, Manajemen Desain, Dan Periklanan, 03(02), 112–133. https://doi.org/10.25124/demandia.v3i02.1551. DOI: https://doi.org/10.25124/demandia.v3i02.1551

Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29. https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927. DOI: https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927

Susanti, W., Yuliendi, R. R., Ambiyar, A., & Wakhinuddin, W. (2020). Perancangan Pembelajaran E-Learning Bahasa Inggris Untuk Pemula Berbasis Multimedia. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 18(1), 101. https://doi.org/10.31571/edukasi.v18i1.1601. DOI: https://doi.org/10.31571/edukasi.v18i1.1601

Suseno, P. U., Ismail, Y., & Ismail, S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Video Interaktif berbasis Multimedia. Jambura Journal of Mathematics Education, 1(2), 59–74. https://doi.org/10.34312/jmathedu.v1i2.7272. DOI: https://doi.org/10.34312/jmathedu.v1i2.7272

Syahrin, A., & Bin, A. (2021). Pengaruh Penggunaan Audiovisual Dan Motivasi Belajar Terhadap Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris Di SMA Negeri 3 Takengon. Kande Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(1), 21. https://doi.org/10.29103/jk.v1i1.3644. DOI: https://doi.org/10.29103/jk.v1i1.3644

Wahyugi, R., & Fatmariza, F. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Menggunakan Software Macromedia Flash 8 Sebagai Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 785–793. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i3.439. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i3.439

Zulmal, F. R., & Hidayati, A. (2017). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Adobe Captivate 9 Dalam Penanaman Nilai Kemandirian Anak Usia Dini. Inovtech, 2(1). https://doi.org/10.24036/inovtech.v2i01.106.

Diterbitkan

2022-02-21

Cara Mengutip

Sumesari, N. L., & Suartama, I. K. (2022). Multimedia Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Edutech Undiksha, 10(2), 244–252. https://doi.org/10.23887/jeu.v10i1.44354

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama