Video Tutorial Pembelajaran Berbasis Kontekstual pada Mata Pelajaran Kerja Bengkel dan Gambar Teknik Kelas X Teknik Audio Visual
DOI:
https://doi.org/10.23887/jeu.v10i2.53010Kata Kunci:
video tutorial, kontekstual, pengembanganAbstrak
Mata pelajaran Kerja Bengkel dan Gambar Teknik merupakan salah satu mata pelajaran yang menekankan pada pelaksanaan praktik dibandingkan dengan pembahasan materi. Sehingga dalam proses pembelajaran daring materi Kerja Bengkel dan Gambar Teknik tidak dapat dibelajarkan dengan maksimal kepada siswa. Tujuan dari penelitian ini yakni untuk menguraikan tahapan pengembangan dan validitas video pembelajaran berbasis tutorial dengan menggunakan pendekatan kontekstual. Penelitian ini tergolong kedalam jenis penelitian pengembangan yang dikembangkan menggunakan model ADDIE. Subjek penelitian adalah 1 ahli desain pembelajaran, 1ahli isi pembelajaran, 1 ahli media pembelajaran, 3 siswa uji coba perorangan, dan 9 siswa uji coba kelompok kecil. Metode pengumpulan yaitu wawancara dan kuesioner dengan instrument penelitian berupa lembar pencatatan dokumen, lembar wawancara dan lembar kuesioner. Data yang diperoleh dalam penelitian kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa hasil uji ahli isi pembelajaran sebesar 86%, uji ahli desain pembelajaran sebesar 90%, uji ahli media pembelajaran 94%, uji coba perorangan sebesar 89.33%, dan uji coba kelompok kecil sebesar 89,11% yang keseluruhan persentase skornya dikualifikasikan valid dengan kualitas baik. Disimpulkan bahwa media video tutorial pembelajaran pada mata pelajaran Kerja Bengkel dan Gambar Teknik kelas X Teknik Audio Video ini layak digunakan untuk membantu proses pembelajaran.
Referensi
Agus, A. (2021). Pengaruh Youtube Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Teknik Kerja Bengkel Dan Gambar Teknik Di Smkn 3 Selong Lombok Timur. Paedagogy : Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Psikologi, 1(2), 203–209. https://doi.org/10.51878/paedagogy.v1i2.812. DOI: https://doi.org/10.51878/paedagogy.v1i2.812
Apriadi, H. (2021). Video Animasi Matematika Dengan Pendekatan Kontekstual Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 5(1), 173. https://doi.org/10.33603/jnpm.v5i1.3621. DOI: https://doi.org/10.33603/jnpm.v5i1.3621
Apriyani, R., Sumarni, S., & Rukiyah, R. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Tema Alam Semesta Untuk Anak. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 9(2), 110–124. https://doi.org/10.17509/cd.v9i2.11004. DOI: https://doi.org/10.17509/cd.v9i2.11004
Ariri, A. N. (2020). Pengembangan Modul Gambar Teknik Elektronika Aplikasi Sprint Layout dalam Mata Pelajaran Kerja Bengkel dan Gambar Teknik bagi Siswa. Journal of Education Research, 49(1). https://doi.org/10.15294/lik.v49i1.27019.
Arlansyah, J., & Sumarno, A. (2018). Pengembangan Video Tutorial Tentang Fitur Perangkat Lunak Dalam Pembelajaran Berbasis Dalam Jaringan Untuk Siswa Kelas X SMK. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 8(2). https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jmtp/article/view/24287.
Aswasulasikin, Hadi, Y. A., Ibrahim, D. S. M., Suhirman, & Pujiani, S. (2021). Penggunaan Video dalam Pembelajaran Matematika di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Didika: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1), 96–110. https://doi.org/10.29408/didika.v7i1.3828. DOI: https://doi.org/10.29408/didika.v7i1.3828
Aulia, I., & Almasri, A. (2021). Pengembangan Modul Kerja Bengkel dan Gambar Teknik Berbasis Model Problem Based Learning. Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika Dan Informatika), 9(2), 54. https://doi.org/10.24036/voteteknika.v9i2.111555. DOI: https://doi.org/10.24036/voteteknika.v9i2.111555
Batubara, H. H., & Sari, D. (2020). Penggunaan Video Tutorial Untuk Mendukung Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Virus Corona. Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 5(2), 21. https://doi.org/10.31602/muallimuna.v5i2.2950. DOI: https://doi.org/10.31602/muallimuna.v5i2.2950
Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124. DOI: https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124
Chandra, F. H., & Nugroho, Y. W. (2017). Implementasi Flipped Classroom Dengan Video Tutorial Pada Pembelajaran Fotografi Komersial. Desain Komunikasi Visual, Manajemen Desain Dan Periklanan (Demandia), 1(1), 20. https://doi.org/10.25124/demandia.v2i01.772. DOI: https://doi.org/10.25124/demandia.v2i01.772
Elvida, R. (2018). Efektivitas Media Video Tutorial Terhadap Keterampilan Membuat Lip Balm. Jurnal Penelitian Pendidikan Kebutuhan Khusus, 6(2), 172–177. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhu/article/view/101696.
Erni, E., & Farihah, F. (2021). Pengembangan Media Video Tutorial Pada Mata Kuliah Teknologi Menjahit Dalam Mendukung Pembelajaran Dimasa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 18(1), 121. https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v18i1.30397. DOI: https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v18i1.30397
Fatimah, A. T., & Amam, A. (2018). Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Matematika Di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 11(2). https://doi.org/10.30870/jppm.v11i2.3756. DOI: https://doi.org/10.30870/jppm.v11i2.3756
Fitriyani, H., & Rosalia, L. (2018). Pengembangan Media Video Tutorial untuk Mengenalkan Treatment Mengelola Emosi Marah Pada Peserta Didik Kelas X di SMK Cipta Karya Jakarta. INSIGHT: Jurnal Bimbingan Konseling, 7(2), 147–153. https://doi.org/10.21009/INSIGHT.072.04. DOI: https://doi.org/10.21009/INSIGHT.072.04
Friatna, Y., Purwadhi, & Andriani, R. (2022). Manajemen Pengembangan Program Berbasis Kompetensi Untuk Meningkatkan Life Skill Siswa Smk Pgri Jatisari Kabupaten Karawang. Service Management Triangle: Jurnal Manajemen Jasa, 4(1). http://ejurnal.ars.ac.id/index.php/jsj/article/view/719.
Hendriyani, Y., Delianti, V., & Mursyida, L. (2018). Analisis kebutuhan pengembangan media pembelajaran berbasis video tutorial. Jurnal Teknologi Informasi Dan Pendidikan, 11(2), 85–88. https://doi.org/10.24036/tip.v11i2.147.
Irawan, U., & Wirasasmita, R. H. (2019). Media Pembelajaran Video Tutorial Interaktif Berbasis Adobe Flash Pada Mata Kuliah Pemrograman Dasar. EDUMATIC: Jurnal Pendidikan Informatika, 3(2), 84–90. https://doi.org/10.29408/edumatic.v3i2.1654. DOI: https://doi.org/10.29408/edumatic.v3i2.1654
Juanda, Y. M., & Hendriyani, Y. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial Pada Mata Kuliah Pemrograman Visual dengan Metode ADDIE. JAVIT : Jurnal Vokasi Informatika, 1(1), 121–130. https://doi.org/10.24036/javit.v2i1.81. DOI: https://doi.org/10.24036/javit.v2i1.81
Jundu, R., Nendi, F., Kurnila, V. S., Mulu, H., Ningsi, G. P., & Ali, F. A. (2020). Pengembangan Video Pembelajaran Ipa Berbasis Kontekstual Di Manggarai Untuk Belajar Siswa Pada Masa Pandemic Covid-19. Lensa (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 10(2), 63–73. https://doi.org/10.24929/lensa.v10i2.112. DOI: https://doi.org/10.24929/lensa.v10i2.112
Mandalika, M., & Syahril, S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial untuk Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran pada Mata Kuliah Tata Rias Pengantin Indonesia. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 20(1), 85–92. https://doi.org/10.24036/invotek.v20i1.725. DOI: https://doi.org/10.24036/invotek.v20i1.725
Mustikasari, G., Wijayanti, A., & Agustini, F. (2021). Pengembangan Media Video Berbasis Pendekatan Kontekstual Tema 7 Sub Tema 1 Kelas IV SDN Mranggen 2 Demak. Wawasan Pendidikan, 1(2), 150–160. https://doi.org/10.26877/wp.v1i2.8728. DOI: https://doi.org/10.26877/wp.v1i2.8728
Nasir, A. R., & Bargstädt, H.-J. (2017). An Approach to Develop Video Tutorials for Construction Tasks. Procedia Engineering, 196(1), 1088–1097. https://doi.org/10.1016/j.proeng.2017.08.066. DOI: https://doi.org/10.1016/j.proeng.2017.08.066
Ningsih, S. R., & Erdisna, E. (2021). Implementasi E-Learning Sebagai Media Pembelajaran Online Bagi Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Journal Of Information System And Informatics Engineering, 5(1). https://doi.org/10.35145/joisie.v5i1.1307.
Novita, R., & Harahap, S. Z. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Sistem Komputer Di SMK. Jurnal Informatika, 8(1), 36–44. https://doi.org/10.36987/informatika.v8i1.1532. DOI: https://doi.org/10.36987/informatika.v8i1.1532
Octavyanti, N. P. L., & Wulandari, I. G. A. A. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Pendekatan Kontekstual Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SD. Jurnal Edutech Undiksha, 9(1). https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32223. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32223
Oktavia, V., & Hanesman, H. (2019). Pengaruh Penggunaan Jobsheet Terhadap Hasil Belajar Praktikum Kerja Bengkel Dan Gambar Teknik. Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika Dan Informatika), 7(2), 33. https://doi.org/10.24036/voteteknika.v7i2.104070. DOI: https://doi.org/10.24036/voteteknika.v7i2.104070
Pratama, S. O., & Yuhendri, M. (2020). Pengembangan Modul Kerja Bengkel dan Gambar Teknik untuk Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 1(1), 62–66. https://doi.org/10.24036/jpte.v1i1.26. DOI: https://doi.org/10.24036/jpte.v1i1.26
Pratomo, C., & Gumantan, A. (2021). Analisis Efektifitas Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Olahraga Pada Masa Pandemi Covid-19 SMK SMTI Bandarlampung. Journal Of Physical Education, 2(1), 26–31. https://doi.org/10.33365/joupe.v2i1.964. DOI: https://doi.org/10.33365/joupe.v2i1.964
Pujawan, K. A. H. (2019). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Video Tutorial Pada Mata Kuliah Multimedia I (Design Grafis) Di Politeknik Ganesha Guru. Journal of Education Technology, 2(1), 61. https://doi.org/10.23887/jet.v2i1.13810. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v2i1.13810
Rahim, A. R., Akhir, M., & Amin, M. (2021). Keefektifan Media Video Tutorial Terhadap Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas VI SDN 143 Inpres Leko. Jurnal Riset Dan Inovasi Pembelajaran, 1(2), 71–81. https://doi.org/10.51574/jrip.v1i2.31. DOI: https://doi.org/10.51574/jrip.v1i2.31
Riyanto, A., & Yunani, E. (2020). The Effectiveness Of Video As A Tutorial Learning Media In Muhadhoroh Subject. Akademika, 9(02), 73–80. https://doi.org/10.34005/akademika.v9i02.1088. DOI: https://doi.org/10.34005/akademika.v9i02.1088
Sandre, H. I., Paat, W. R. L., & Pratasik, S. (2021). Analisis Pembelajaran Daring Pada SMK. Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 1(1), 90–96. https://doi.org/10.53682/edutik.v1i1.1540. DOI: https://doi.org/10.53682/edutik.v1i1.1540
Sanurdi, S., Syahril, S., Erizon, N., & Nabawi, R. A. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Mata Diklat Bubut Menjadi Video Tutorial Untuk Pembelajaran Hybrid Learning Di SMK Negeri 1 Padang. Jurnal Vokasi Mekanika (VoMek), 2(4), 80–87. https://doi.org/10.24036/vomek.v2i4.145. DOI: https://doi.org/10.24036/vomek.v2i4.145
Suantiani, N. M. A., & Wiarta, I. W. (2022). Video Pembelajaran Berbasis Pendekatan Kontekstual Pada Muatan Matematika. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(1), 64–71. https://doi.org/10.23887/jppp.v6i1.45455. DOI: https://doi.org/10.23887/jppp.v6i1.45455
Sutrisno, S., Pratama, A., & Damar Rani, H. A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Video Tutorial untuk Meningkatkan Keterampilan pada Mata Pelajaran Teknik Animasi 2 Dimensi dan 3 Dimensi Siswa Jurusan Multimedia SMK Negeri 1 Tonjong. Joined Journal (Journal of Informatics Education), 2(2), 1. https://doi.org/10.31331/joined.v2i2.957. DOI: https://doi.org/10.31331/joined.v2i2.957
Tridiana, R., & Rizal, F. (2020). Keterampilan Guru Abad 21 di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2). https://doi.org/10.23887/jipp.v4i2.25268.
Widada, F. B., & Waluyanti, S. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran Teknik Kerja Bengkel sebagai Bahan Ajar Kelas X Teknik Audio Video. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 4(1), 92–97. https://doi.org/10.21831/elinvo.v4i1.28399. DOI: https://doi.org/10.21831/elinvo.v4i1.28399
Wijayanti, D. A., Makmuri, M., & Indrawati, M. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Kontekstual pada Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1739–1749. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.631. DOI: https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.631
Williyana, B. A. I., Kholisho, Y. N., & Fathoni, A. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial Interaktif Pada Mata Pelajaran. EDUMATIC: Jurnal Pendidikan Informatika, 2(2), 52. https://doi.org/10.29408/edumatic.v2i2.869. DOI: https://doi.org/10.29408/edumatic.v2i2.869
Wirasasmita, R. H., & Putra, Y. K. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Video Tutorial Interaktif menggunakan Aplikasi Camtasia Studio dan Macromedia Flash. EDUMATIC: Jurnal Pendidikan Informatika, 1(2), 35. https://doi.org/10.29408/edumatic.v1i2.944. DOI: https://doi.org/10.29408/edumatic.v1i2.944
Yallah, S. O. R. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Smart App Creator3 Berbasis Android pada Mata Pelajaran Kerja Bengkel dan Gambar Teknik di SMK N 1 Sumatera Barat. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2). https://doi.org/10.31004/jptam.v6i1.3046.
Yaswinda, Y., Nilawati, E., & Hidayati, A. (2019). Pengembangan Media Video Tutorial Pembelajaran Sains Berbasis Multisensori Ekologi untuk Meningkatkan Kogntif Anak Taman Kanak-Kanak Kelompok A. Jurnal Ilmiah Kajian Ilmu Anak Dan Media Informasi PAUD, 4(2), 100–109. https://doi.org/10.33061/jai.v4i2.3326.
Yunita, D., & Wijayanti, A. (2017). Pengaruh Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Ipa Ditinjau Dari Keaktifan Siswa. SOSIOHUMANIORA: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Dan Humaniora, 3(2), 153–160. https://doi.org/10.30738/sosio.v3i2.1614. DOI: https://doi.org/10.30738/sosio.v3i2.1614
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Muh Adriansyah Novitama, Prof. Dr. Desak Putu Parmiti, M.S., Alexander Hamonangan Simamora, S.E., M.Pd.
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal EDUTECH Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)