PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS VIII TAHUN PELAJARAN 2012/2013 DI SMP NEGERI 3 SINGARAJA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jeu.v1i2.929Abstrak
Sampai saat ini multimedia pembelajaran belum ada dan perlu dikembangkanuntuk mata pelajaran IPA kelas VIII di SMP Negeri 3 Singaraja. Tujuan penelitianini untuk mendeskripsikan rancang bangun dan menguji kelayakan hasilpengembangan multimedia pembelajaran. Model pengembangan yangdigunakan adalah model Mardika. Tahapannya meliputi analisis kebutuhan,desain pembelajaran, produksi/pengembangan media, validasi ahli, revisi, ujicoba produk. Proses rancang bangun multimedia pembelajaran ini sesuaiprosedur pengembangan dengan mengikuti alur bagan dan papan cerita yangtelah dirancang. Kemudian setiap komponen multimedia dikumpulkan, dirakit,dan akhirnya dikemas dalam sebuah CD untuk selanjutnya ditinjau dan diujicobakan. Mengenai kelayakan hasil multimedia pembelajaran berdasarkan datadari angket yang kemudian dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan dikonversike dalam PAP tingkat ketercapaian skala 5. Tinjauan ahli isi mata pelajaranmencapai 95,38% katagori sangat baik, tinjauan ahli desain pembelajaranmencapai 89,23% katagori baik, tinjauan ahli media pembelajaran mencapai88,70% katagori baik, uji coba perorangan mencapai 91,43% katagori sangatbaik, uji coba kelompok kecil mencapai 90,24% katagori sangat baik, dan uji cobalapangan mencapai 91,91% katagori sangat baik. Oleh karena itu media yangdihasilkan dapat dikatakan sudah layak pakai, karena telah dilakukan validasisesuai aturan.Unduhan
Diterbitkan
2013-07-08
Cara Mengutip
I Kadek Suartama, P. H. F. S. A. A. G. A. (2013). PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS VIII TAHUN PELAJARAN 2012/2013 DI SMP NEGERI 3 SINGARAJA. Jurnal Edutech Undiksha, 1(2). https://doi.org/10.23887/jeu.v1i2.929
Terbitan
Bagian
Articles
Lisensi
Authors who publish with the Jurnal EDUTECH Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)