PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN IPA UNTUK SISWA KELAS VIII SEMESTER 1 DI SMP NEGERI 3 SINGARAJA TAHUN PELAJARAN 2012/2013
DOI:
https://doi.org/10.23887/jeu.v1i2.938Abstrak
Sampai saat ini multimedia interaktif belum ada dan perlu dikembangkan untuk mata pelajaran IPA diSMP Negeri 3 Singaraja Kelas VIII Semester I. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) prosespengembangan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif dan (2) kualitas hasil pengembanganmedia pembelajaran berbasis multimedia menurut review para ahli dan uji coba produk pada matapelajaran IPA di SMP Negeri 3 Singaraja kelas VIII Semester I. Penelitian ini merupakan penelitianpengembangan (research and development). Model pengembangan yang digunakan adalah model yangdikembangkan Luther. Langkah-langkah pengembangannya yaitu: konsep, perencanaan, pengumpulanbahan, pembuatan, uji coba, dan distribusi. Setelah melalui tahap pembuatan dihasilkan produk berupamultimedia interaktif kemudian dilakukan validasi oleh seorang ahli isi mata pelajaran, ahli desainpembelajaran, dan ahli media pembelajaran. Selanjutnya produk diujicobakan kepada siswa melalui tigatahap, yaitu uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil, dan uji coba lapangan. Metode pengumpulandata yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode angket/kuesioner. Pada penelitian ini, kuesionerdigunakan untuk mengumpulkan data hasil review ahli dan uji coba siswa. Data dianalisis dengan teknikanalisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan prosespengembangan Multimedia Interaktif terdiri dari enam tahapan. Kualitas Multimedia Interaktif dari: 1) ujiahli isi mata pelajaran berada pada nilai 88% (baik), 2) uji ahli desain pembelajaran berada pada nilai92% (sangat baik), 3) uji ahli media pembelajaran berada pada nilai 88% (baik), 4) uji coba peroranganberada pada nilai 95,38% (sangat baik), 5) uji kelompok kecil berada pada nilai 89,06 (sangat baik), 6) ujicoba lapangan berada pada nilai 86,82% (sangat baik). Oleh karena itu media yang dihasilkan dapatdikatakan sudah layak pakai, karena telah dilakukan validasi sesuai aturan.Kata kunci: pengembangan, multimedia interaktif, IPA.Unduhan
Diterbitkan
2013-07-08
Cara Mengutip
I Gde Wawan Sudatha, I. G. M. A. P. D. P. P. (2013). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN IPA UNTUK SISWA KELAS VIII SEMESTER 1 DI SMP NEGERI 3 SINGARAJA TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Jurnal Edutech Undiksha, 1(2). https://doi.org/10.23887/jeu.v1i2.938
Terbitan
Bagian
Articles
Lisensi
Authors who publish with the Jurnal EDUTECH Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)