Meningkatkan Hasil Belajar Materi Puasa melalui Penggunaan Media Audio Visual pada Siswa Kelas V

Authors

  • Muhamat Asrori SD Negeri 1 Merauke, Papua, Indonesia
  • Rahmayanti Ahmad SD Negeri 1 Merauke, Papua, Indonesia

Keywords:

Hasil Belajar, Media Audio Visual

Abstract

Pendidikan Agama Islam merupakan salah satu mata pelajaran wajib yang harus diajarkan pada tingkat Sekolah Dasar (SD), dengan keadaan murid yang sangat menyukai sebuah tayangan, sehingga dalam proses pembelajarannya diperlukan metode pembelajaran yang tepat dan menyenangkan agar ilmu agama Islam dapat dimengerti, dipahami dan dijadikan pedoman hidup di dunia. Adapaun tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan penguasaan konsep belajar khususnya mata pelajaran Pendidikan Agama Islam pada materi-materi tertentu bagi siswa kelas V (Lima) Merauke dan guru diharapkan dapat menambah variasi pembelajaran, sehingga guru dapat melakukan upaya secara maksimal dalam mengantar siswa mencapai hasil pembelajaran yang optimal. Data dikumpulkan menggunakan observasi dan tes. Sedangkan analisis data menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa secara klasikal pada siklus I sebesar 76% dan pada siklus II meningkat menjadi 94%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan Metode Audio Visual dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

References

Arief S. Sadiman dkk. (2006). Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatan. Jakarta: Pustekom Dikbud

Arsyad, A. (2016). Media Pembelajaran (16 ed.). Jakarta: Rajawali Pers.

Musfiqon. (2012). Pengembangan Media Belajar Dan Sumber Belajar. Jakarta : Prestasi Pustakakarya.

Sadirman, A. (2010). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press.

Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Published

2023-06-26

How to Cite

Muhamat Asrori, & Rahmayanti Ahmad. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Materi Puasa melalui Penggunaan Media Audio Visual pada Siswa Kelas V. Mimbar Pendidikan Indonesia, 4(1). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPI2/article/view/55529

Issue

Section

Articles