Pendekatan Saintifik Berbasis Living Value Terhadap Sikap Sosial dan Hasil Belajar PPKn Siswa Kelas V Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.23887/jipp.v6i2.52622Keywords:
Living Value, Pendekatan Saintifik, Sikap Sosial, Hasil Belajar, PPKnAbstract
Pelaksanaan pembelajaran masih menggunakan pembelajaran konvensional sehingga pelaksanaan pembelajaran kurang bermakna. Kurang kondusifnya suasana kelas saat pembelajaran sedang berlangsung. Penelitian ini bertujuan menganalisis pendekatan saintifik berbasis Living Value terhadap sikap sosial dan hasil belajar PPKn siswa kelas V. Jenis penelitian ini yaitu Quasi Eksperimen dengan Posttest-Only Control Group Design. Populasi ini melibatkan seluruh siswa Kelas V SD. Sampel berjumlah 47 siswa dari 109 siswa melalui teknik group random sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan tes pilihan ganda. Analisis data dilaksanakan dengan Manova pada IBM SPSS Statistic 21.00 for Windows. Hasil Penelitian menunjukkan terdapat perbedaan sikap sosial siswa dengan pendekatan saintifik berbasis Living Value dengan kelompok konvensional, Terdapat perbedaan hasil belajar PPKn dengan pendekatan saintifik berbasis Living Value dibandingkan dengan menggunakan metode konvensional. Terdapat perbedaan sikap sosial dan hasil belajar PPKn simultan dengan pendekatan saintifik berbasis Living Value dan siswa yang dibelajarkan dengan kelas konvensional. Uji LSD menunjukkan perbedaan nilai rerata sikap sosial dan hasil belajar PPKn siswa kelas V. Maka, pendekatan saintifik berbasis living value dapat memberikan pengaruh dalam sikap sosial dan hasil belajar PPKn siswa kelas V SD. Implikasi penelitian ini diharapkan mampu memenuhi apa yang dibutuhkan siswa agar dapat meningkatkan sikap sosial dan hasil belajar PPKn siswa.
References
Aditya Dharma, I. M. (2019). Pengembangan Buku Cerita Anak Bergambar Dengan Insersi Budaya Lokal Bali Terhadap Minat Baca Dan Sikap Siswa Kelas V Sd Kurikulum 2013. Journal for Lesson and Learning Studies, 2(1), 53–63. https://doi.org/10.23887/jlls.v2i1.17321.
Anatasya, E., & Dewi, D. A. (2021). Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Pendidikan Karakter Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 9(2), 291–304. https://doi.org/10.23887/jpku.v9i2.34133.
Anggraini, D., Fathari, F., Anggara, J. W., & Ardi Al Amin, M. D. (2020). Pengamalan Nilai-Nilai Pancasila Bagi Generasi Milenial. Jurnal Inovasi Ilmu Sosial Dan Politik, 2(1), 11. https://doi.org/10.33474/jisop.v2i1.4945.
Anggraini, F. I., & Huzaifah, S. (2017). Implementasi STEM dalam pembelajaran IPA di Sekolah Menengah Pertama. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA 2017. STEM Untuk Pembelajaran Sains Abad 21. 23 September 2017, 1(1), 722–731. http://conference.unsri.ac.id/index.php/semnasipa/article/view/738.
Apriani, A. N., Sari, I. P., & Suwandi, I. K. (2017). Pengaruh Living Values Education Program (lvep) Terhadap Penanaman Karakter Nasionalisme Siswa SD dalam Pembelajaran Tematik. Taman Cendekia: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 1(2), 102–112. https://doi.org/10.30738/tc.v1i2.1947.
Candra, I., Sulistya, N., & Prasetyo, T. (2018). Pengembangan Instrumen Sikap Sosial Tematik Siswa SD Kelas IV. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(4), 455–461. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i4.16167.
Fitrah, A., Yantoro, Y., & Hayati, S. (2022). Strategi Guru dalam Pembelajaran Aktif Melalui Pendekatan Saintifik dalam Mewujudkan Pembelajaran Abad 21. Jurnal Basicedu, 6(2), 2943–2952. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2511.
Hasanah, Nurjaya, & Astika. (2017). Pengintegrasian Sikap Spiritual dan Sikap Sosial dalam Pembelajaran Teks Ulasan Film/Drama dalam Pembelajaran Teks Ulasan Film/Drama di Kelas XI MIPA SMA Negeri 3 Singaraja. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Undiksha, 7(2). https://doi.org/10.23887/jjpbs.v7i2.11579.
Ilham, D. (2019). Menggagas Pendidikan Nilai Dalam Sistem Pendidikan Nasional. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 8(3), 109–122. https://jurnaldidaktika.org/contents/article/view/73.
Indah Pradnyani, G. A. M., Kristiantari, M. R., & Sri Asri, I. G. A. A. (2018). Pengaruh Pembelajaran Quantum Berbasis Kearifan Lokal Tat Twam Asi Terhadap Kompetensi Pengetahuan Pkn Siswa Kelas Iv Sd Gugus Pb. Sudirman Denpasar Barat. International Journal of Elementary Education, 1(4), 281. https://doi.org/10.23887/ijee.v1i4.12959.
Iriansyah, M. N., Sumadinata, W. S., & Djuyandi, Y. (2020). Pengaruh Sikap Nasionalisme Pemuda terhadap Keamanan di Kota Bandung (Studi pada Siswa SMUN 3 dan SMUN 5 Bandung). Jurnal Analisis Sosial Politik, 4(2), 86–95. https://doi.org/10.23960/jasp.v4i2.59.
Jaedun, & Nuryadin. (2017). Dampak Pengiring Pembelajaran Pendekatan Saintifik untuk Pengembangan Sikap Spiritual Dan Sosial Siswa. Cakrawala Pendidikan, 36(1), 44–56. https://doi.org/10.21831/cp.v36i1.12792.
Jong, A. A. d., A.C.Runhaar, H., R.Runhaar, P., & J.Kolhoff, A. (2012). Promoting system-level learning from project-level lessons: An analysis of donor-driven ‘indirect’ learning about EIA systems in Ghana and the Maldives. Environmental Impact Assessment Review, 33(1), 23–31. https://doi.org/10.1016/j.eiar.2011.10.001.
Krissandi, & Rusmawan. (2015). Kendala Guru Sekolah Dasar Dalam Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Indonesia, 34(3), 457–467. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/cp.v3i3.7409.
Lestari, W., Pratama, L. D., & Jailani, J. (2018). Implementasi Pendekatan Saintifik Setting Kooperatif Tipe STAD Terhadap Motivasi Belajar Dan Prestasi Belajar Matematika. AKSIOMA : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(1), 29. https://doi.org/10.26877/aks.v9i1.2332.
Mahendra, I. G. R., Widiana, I. W., & Wibawa, I. M. C. (2021). Penggunaan Pendekatan Saintifik dalam Meningkatkan Hasil BelaJar Bahasa Indonesia. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(2), 242–249. https://doi.org/10.23887/jppp.v5i2.36038.
Mardliyah, S., Yulianingsih, W., & Putri, L. S. R. (2020). Sekolah Keluarga: Menciptakan Lingkungan Sosial untuk Membangun Empati dan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 576. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.665.
Mota, P., Carvalho, N., Carvalho-Dias, E., João Costa, M., Correia-Pinto, J., & Lima, E. (2018). Video-Based Surgical Learning: Improving Trainee Education and Preparation for Surgery. Journal of Surgical Education, 75(3), 828–835. https://doi.org/10.1016/j.jsurg.2017.09.027.
Nanda, K. K., Tegeh, I. M., & Sudarma, I. K. (2017). Pengembangan video pembelajaran berbasis pendekatan kontekstual kelas V di SD Negeri 1 Baktiseraga. Jurnal Edutech Universitas Pendidikan Ganesha, 5(1), 88–99. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEU/article/view/20627.
Nathalia Angelina, G., & dkk. (2021). Pengembangan Media Video Animasi Berorientasi Membaca Pemahaman Dengan Strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) Pada Muatan Bahasa Indonesia. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(1), 100–108. https://doi.org/10.23887/jppp.v5i1.32453.
Nopiani, R., Suarjana, I. M., & Sumantri, M. (2021). E-Modul Interaktif pada Pembelajaran Tematik Tema 6 Subtema 2 Hebatnya Cita-citaku. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(2). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i2.36058.
Novika Auliyana, S., Akbar, S., & Yuniastuti. (2018). Penerapan Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(12), 1572–1582. https://doi.org/10.17977/jptpp.v3i12.11796.
Oswald A. J. Mascarenhas, S. J., & Oswald A. J. Mascarenhas, S. J. (2019). The Ethics of Corporate Moral Reasoning, Moral Judgment, and Moral Justification. In Corporate Ethics for Turbulent Markets. https://doi.org/10.1108/978-1-78756-191-520191008.
Purwati, M., & Ristiono. (2021). Lembar Kerja Siswa Berbasis Pendekatan Saintifik dengan Materi Struktur dan Fungsi Tumbuhan untuk Kelas VIII SMP. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(3), 334–339. https://doi.org/10.23887/jppp.v5i3.34850.
Putri, A. A., & Ardi, A. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Pendekatan Saintifik. Jurnal Edutech Undiksha, 9(1), 1–7. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.33931.
Putriningsih, N. K, & Putra, M. (2021). Media Pop-Up Book Berorientasi Pendekatan Saintifik pada Muatan Pelajaran PPKn Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 8(1), 131–139. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32686.
Putriningsih, Ni Komang, & Putra, M. (2021). Pengembangan Media Pop-Up Book Berorientasi Pendekatan Saintifik pada Muatan Pelajaran PPKN Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 9(1), 131–139. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32686.
Rahayu, R., Iskandar, S., & Abidin, Y. (2022). Inovasi Pembelajaran Abad 21 Dan Penerapannya Di Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(2), 2099–2104. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2082.
Rahmawati, M., & Harmanto. (2020). Pembentukan Nilai Karakter Toleransi dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Bagi Siswa Tunagrahita. Journal of Civics and Moral Studies, 5(1), 59–72. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jcms/article/view/11881/pdf.
Sagala, S. (2013). Konsep dan Makna Pembelajaran. Alfabeta.
Salim Nahdi, D., & Cahyaningsih, U. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Sd Kelas V Dengan Berbasis Pendekatan Saintifik Yang Berorientasi Pada Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. Jurnal Cakrawala Pendas, 5(1). https://doi.org/10.31949/jcp.v5i1.1119.
Setiawan, A. R. (2020). Peningkatan Literasi Saintifik Melalui Pembelajaran Biologi Menggunakan Pendekatan Saintifik. Journal Of Biology Education, 2(1), 1. https://doi.org/10.21043/jobe.v2i1.5278.
Setiawan, A. R., & Saputri, W. E. (2020). Pembelajaran Literasi Saintifik untuk Pendidikan Dasar. Media Penelitian Pendidikan : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Dan Pengajaran, 14(2), 144–152. https://doi.org/10.26877/mpp.v14i2.5794.
Sutarto, S. (2017). Dampak Pengiring Pembelajaran Pendekatan Saintifik Untuk Mengembangan Sikap Spiritual Dan Sosial Siswa. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 36(1), 44–56. https://doi.org/10.21831/cp.v36i1.12792.
Tangkas, W. E. A., Japa, I. G. N., & Rati, N. W. (2020). Pengaruh Pendekatan Saintifik Menggunakan Media Konkret Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V. Jurnal Adat Dan Budaya Indonesia, 1(2), 63–71. https://doi.org/10.23887/jabi.v1i2.28910.
Trisnayati, D., Suwatra, & Parmiti. (2013). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Terpadu Berbantuan Media Gambar Terhadap Kemampuan Menulis Permulaan Pada Siswa Kelas II SD. Mimbar PGSD, 1(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.815.
Utomo, C. B., & Muntholib, A. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Membentuk Sikap dan Perilaku Sosial Peserta Didik Melalui Pembelajaran Sejarah di SMA PGRI 1 Pati Tahun Pelajaran 2017/2018. Indonesian Journal of History Education, 6(1), 1–13. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ijhe/article/view/27332.
Vadia, P., Riandini, A., Sudatha, I. G. W., & Parmiti, D. P. (2020). Korelasi antara Kecerdasan Emosional dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar PPKn. Jurnal Mimbar PGSD Undiksha, 8(3), 468–478. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i3.26072.
Virani, Riastini, & Suarjana. (2016). Deskripsi Sikap Sosial Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 4 Penarukan Kecamatan Buleleng. Mimbar PGSD Undiksha, 4(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v4i2.7699.
We, A. Y., & Fauziah, P. Y. (2020). Tradisi Kearifan Lokal Minangkabau “Manjujai” untuk Stimulasi Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1339–1351. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.660.
Widiani, A. A. O. V. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran TGT Berbantuan Permainan Tradisional Terhadap Sikap Sosial dan Hasil Belajar PKn Siswa. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 4(1), 13–22. https://doi.org/10.23887/jpdi.v4i1.3076.
Wiguna, A. (2017). Upaya Mengembangkan Sikap Spiritual Dan Sosial Peserta Didik Berbasis Psikologi Positif Di Sekolah. AL-ASASIYYA: Journal Of Basic Education, 1(2), 47–61. https://doi.org/10.24269/ajbe.v1i2.684.
Winarno, W. W., Rusnaini, R., Muchtarom, M., Yuliandri, E., Rasyid, M. Al, & Suryaningsih, A. (2020). Analisis Kesulitan Guru PPKn dalam Mengembangkan Materi Pembelajaran Bhinneka Tunggal Ika. Journal of Moral and Civic Education, 4(2), 97–112. https://doi.org/10.24036/8851412422020510.
Wulandari, A. I., & Radia, E. H. (2021). Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Tanggung Jawab Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas V SD. Mimbar PGSD Undiksha, 9(1), 10–18. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.32979.
Wulandari, I., & Ndaru Mukti Oktaviani. (2021). Validitas Bahan Ajar Kurikulum Pembelajaran untuk Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 7(1). https://doi.org/10.31949/jcp.v7i1.2456.
Yazar Soyadı, B. B. (2015). Creative and Critical Thinking Skills in Problem-based Learning Environments. Journal of Gifted Education and Creativity, 2(2), 71–71. https://doi.org/10.18200/jgedc.2015214253.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 I Gede Beny Darsana, Ida Bagus Putrayasa, I Wayan Suastra
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)