Efektivitas Model Group Investigation Berbantuan Media Diorama untuk Meningkatkan Sikap Mandiri dan Berpikir Kritis Siswa
DOI:
https://doi.org/10.23887/jipp.v7i2.60081Kata Kunci:
Berfikir Kritis, Group Investigation, Pembelajaran Kooperatif, Sikap MandiriAbstrak
Sikap mandiri dan kritis sangat dibutuhkan dalam proses pembelajaran. Maka dari itu, penelitian kuantitatif ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran Group Investigation berbantuan media diorama terhadap peningkatan sikap mandiri siswa, mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran Group Investigation berbantuan media diorama terhadap berfikir kritis siswa, dan mendeskripsikan efektivitas secara simultan model pembelajaran Group Investigation berbantuan media diorama terhadap peningkatan sikap mandiri dan berfikir kritis siswa. Jenis penelitian ini yaitu quasi-experimental dengan non equivalent post-test only control group design. Sampel penelitian ini yaitu 60 siswa yang terbagi atas 30 siswa kelas eksperimen dan 30 siswa kelas kontrol dan dipilih melalui random sampling. Instrumen yang digunakan meliputi lembar observasi dan tes essay yang datanya dianalisis secara kuantitatif dengan uji Manova dan Anova. Hasil penelitian membuktikan terdapat perbedaan sikap mandiri dan berfikir kritis siswa kelas V sekolah dasar setelah dibelajarkan dengan model Group Investigation berbantuan media diorama. Dapat disimpulkan bahwa model Group Investigation berbantuan media diorama efektif meningkatkan sikap mandiri dan berfikir kritis siswa kelas V sekolah dasar.
Referensi
Aisyah, E. N., Iriyanto, T., Hardika, H., Rosyidamayani, & Maningtyas, T. (2020). The Cyber Ethics of Academic Communication Based on Early Childhood Education Student Perception in Universitas Negeri Malang. In Proceedings of the International Conference on Learning Innovation 2019 (ICLI 2019). Paris, France: Atlantis Press. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200711.001.
Ananda, P. N., Asrizal, A., & Usmeldi, U. (2021). Pengaruh Penerapan PjBL terhadap Keterampilan Berfikir Kritis dan Kreatif Fisika: Meta Analisis. Radiasi : Jurnal Berkala Pendidikan Fisika, 14(2), 127–137. https://doi.org/10.37729/radiasi.v14i2.1277.
Anjarwati, A., Maruro, R, G. K. D., Pratama, V. A., & Nanda, D. (2022). Media Diorama Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas V-B Pada Pembelajaran IPA Di SDN Banyuanyar Kidul. Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi (JPST), 1(2), 227–232. https://doi.org/10.47233/jpst.v1i2.335.
Dayanti, A. D. (2017). Pengembangan Sikap Toleran Terhadap Perbedaan Pendapat Siswa Melalui Discovery Learning Dalam Pembelajaran IPS (Penelitian Tindakan Kelas Terhadap Siswa Kelas VII-C SMP Negeri 44 Bandung). International Journal Pedagogy of Social Studies, 1(1), 60. https://doi.org/10.17509/ijposs.v1i1.2084.
Evitasari, A. D., & Aulia, M. S. (2022). Media Diorama dan Keaktifan Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 3(1), 1. https://doi.org/10.30595/jrpd.v3i1.11013.
Hakim, M. F. al, & Azis, A. (2021). Peran Guru dan Orang Tua: Tantangan dan Solusi dalam Pembelajaran Daring pada Masa Pandemic COVID-19. Riwayat: Educational Journal of History and Humanities, 4(1). https://doi.org/10.24815/jr.v4i1.19677.
Hasanah, A., & Muryanti, E. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Diorama terhadap Perkembangan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini. Aulud: Journal on Early Childhood, 2(2). https://doi.org/10.31004/aulad.v2i2.29.
Irawan, D. C., Rafiq, A., & Utami, F. B. (2021). Media Video Animasi Guna Meningkatkan Sikap Tanggung Jawab Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(2), 294–301. https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.37756.
Kurniati, D., Khairil, K., & Darwin, C. (2019). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran PBL dengan Media Audio Visual di SMP Negeri 6 Bengkulu Tengah. Seminar Nasional Sains …, (2014), 1–7.
Kusuma, W. S., & Sutapa, P. (2020). Dampak Pembelajaran Daring terhadap Perilaku Sosial Emosional Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1635–1643. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.940.
Mardhotillah, H., & Rakimahwati, R. (2021). Pengembangan Game Interaktif Berbasis Android untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 779–792. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1361.
Nadiya, N., Rosdianto, H., , & Murdani, E. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation (gi) untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Gerak Lurus Kelas X. JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika), 1(2), 49. https://doi.org/10.26737/jipf.v1i2.63.
Nainggolan, D. H., Sidabalok, N. E., & Aritonang, E. (2022). Pengaruh Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Elektriese: Jurnal Sains Dan Teknologi Elektro, 12(01), 1–6. https://doi.org/10.47709/elektriese.v12i01.1552.
Puspita, V., & Dewi, I. P. (2021). Efektifitas E-LKPD berbasis Pendekatan Investigasi terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 86–96. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.456.
Putra, P. G. N., Margunayasa, I. G., & Wibawa, I. M. C. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Berbasis Lesson Study Terhadap Penguasaan Konsep IPA. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 1(2), 84–93. https://doi.org/10.23887/jp2.v1i2.19329.
Putri, N. K. I. P., Murda, N., & Sudana, D. N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation Berbantuan Media Questions Card Terhadap Pemahaman Konsep dan Keterampilan Berpikir Kritis IPA. Thinking Skills and Creativity Journal, 1(2), 46. https://doi.org/10.23887/tscj.v1i2.20492.
Rachmawati, R. I. (2018). Pengaruh Penerapan Metode Problem Solving dan Metode Group Investigation Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dilihat dari Kemampuan Awal. IJEE (Indonesian Journal of Economic Education, 1(1). Retrieved from https://ejournal.upi.edu/index.php/IJEE/article/view/10790.
Rahmawati, M., & Suryadi, E. (2019). Guru sebagai fasilitator dan efektivitas belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 49. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14954.
Rohman, M. G., & Susilo, P. H. (2019). Peran Guru Dalam Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Tik) Studi Kasus Di Tk Muslimat Nu Maslakul Huda. Jurnal Reforma, 8(1), 173. https://doi.org/10.30736/rfma.v8i1.140.
Sapitri, N., Guslinda, & Zufriady. (2021). Pengembangan Media Diorama Untuk Pembelajaran Ips Kelas Iv Sekolah Dasar. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(6). https://doi.org/10.33578/jpfkip.v10i6.8556.
Satwika, Y. W., Laksmiwati, H., & Khoirunnisa, R. N. (2018). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 3(1), 7. https://doi.org/10.26740/jp.v3n1.p7-12.
Sudiasih, N. N., & Margunayasa, I. G. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation Melalui Lesson Study Terhadap Penguasaan Konsep Ipa. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 3(1), 125. https://doi.org/10.23887/ijerr.v3i1.24879.
Sufa, L. N., Cahyadi, F., & Untari, M. F. A. (2017). Penerapan Media Diorama Skala terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Kelas V SD Negeri 1 Ujungpandan. Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 2(2). https://doi.org/10.31602/muallimuna.v2i2.768.
Sukmawati, S., & Putra, N. A. (2020). Pengaruh Model Group Investigation (GI) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran IPS Geografi Siswa SMA Negeri 7 Makassar. UNM Geographic Journal, 3(1), 1. https://doi.org/10.26858/ugj.v3i1.14595.
Suryaningsih, A., & Koeswanti, H. D. (2021). Perbedaan Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Project Based Learning Terhadap Peningkatan Kemampuan Berfikir Kritis IPA Siswa SD. Mimbar PGSD Undikhsa, 9(1), 40–48. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.33196.
Tamara, T. (2018). Pengaruh penerapan metode think pair share dan group investigation terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Indonesian Journal of Economics Education, 1(1), 73–84. https://doi.org/10.17509/jurnal.
Tarigan, T. B., & Irwan, M.Pd, D. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (Gi) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Pada Materi Pecahan Kelas Vii. Jurnal Serunai Matematika, 12(2), 60–68. https://doi.org/10.37755/jsm.v12i2.306.
Wahyuni, K. S. P., Candiasa, I. M., & Wibawa, I. M. C. (2021). Pengembangan E-LKPD Berbasis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Mata Pelajaran Tematik Kelas IV Sekolah Dasar. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 5(2), 301–311. https://doi.org/10.23887/jurnal_pendas.v5i2.476.
Widiartini, P. D. O., Putra, M., & Manuaba, S. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation Berbasis Tri Hita Karana Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jisd.v3i3.19476.
Widiasari, N. K. R., & Sumantri, M. (2020). Kooperatif Tipe Group Investigation Melalui Setting Lesson Study terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurnal Ilimiah Sekolah Dasar, 4(2). https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25094.
Yasa, A. D. (2020). Pengembangan E-Evaluation Berbasis Aplikasi Hot Potatoes Untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 26. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.23987.
Zephisius Rudiyanto Eso Ntelok. (2021). Peran Guru Kelas Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Sekolah Dasar Di Tengah Pandemi Covid-19. JIPD (Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar), 5(2), 148–155. https://doi.org/10.36928/jipd.v5i2.861.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Ida Ayu Intania Sari Pidada
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)