Media Komik Digital dengan Aplikasi Comic Life Untuk Meningkatkan Literasi Sains Kelas VI

Penulis

  • I Nyoman Arya Kasuma Ditriguna Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Nyoman Sudiana Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Wayan Suastra Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jipp.v7i3.60470

Kata Kunci:

komik digital, literasi sains, comic life

Abstrak

Kurangnya media pembelajaran yang bervariasi untuk kegiatan literasi sains di SD. Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan media komik digital dengan aplikasi Comic Life untuk meningkatkan literasi sains siswa kelas VI SD. Jenis penelitian ini menggunakan model Borg and Gall. subjek penelitian pengembangan ini adalah 6 orang ahli, penilaian produk melibatkan 4 guru kelas SD. Subjek untuk uji coba kelompok kecil dilakukan pada 10 siswa. Subjek untuk uji efektivitas produk dilakukan pada 47 siswa sebagai kelompok kontrol dan 44 siswa sebagai kelompok eksperimen. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan melalui metode pencatatan dokumen, kuesioner, dan tes. Analisis data menggunakan deskripsi kualitatif, deskripsi kuantitatif dan statistik uji t-test. Hasil penelitian menunjukkan media komik digital dibuat dengan aplikasi Comic Life berbentuk digital ataupun print out. Konten komik digital terkait materi pubertas dan menggunakan tokoh siswa yang dibuat seperti kartun. Validitas materi, bahasa dan media komik digital menunjukkan kategori sangat tinggi. Tingkat kepraktisan komik digital mencapai 85%-100% dengan kategori sangat tinggi berdasarkan respons siswa dan respons guru. Tingkat keefektifan komik digital menunjukkan harga F sama dengan 4,779 memiliki signifikansi 0,031 kurang 0,05. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa media komik digital efektif digunakan untuk meningkatkan literasi sains siswa kelas VI SD.

Referensi

Amalia, R. N., Pasani, C. F., Yulinda, R., Ipa, P., & Keguruan, F. (2021). Pengembangan Modul Sistem Peredaran Darah Berbasis Literasi Sains dan Bermuatan Karakter Kreatif. Journal of Mathematics, Science, and Computer Education (JMSCEdu), 1(4), 44–53. https://doi.org/10.20527/jmscedu.v1i1.3371.

Arsyad, A. (2006). media pembelajaran.

Aryawan, R., Sudatha, I. G. S., & Sukmana, A. I. W. I. Y. (2018). Pengembangan e-modul interaktif mata pelajaran ips di smp negeri 1 singaraja. Jurnal EDUTECH Universitas Pedidikan Ganesha, 6(2), 180–191.

Audia, C., Yatri, I., Aslam, Mawani, S., & Zulherman. (2020). Development of Smart Card Media for Elementary Students. Journal of Physics: Conference Series, 1783(1), 1. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1783/1/012114.

Cholisoh, E. (2021). Penerapan Media Komik Sains untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa pada Konsep Gejala Pemanasan Global di SMA Negeri 10 Bandung. Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pembelajaran, 6(1), 36. https://doi.org/10.33394/jtp.v6i1.3603.

Darmayanti, N. K. D., & Surya Abadi, I. B. G. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Daring Komik Virtual dalam Muatan Materi Gagasan Pokok dan Gagasan Pendukung Bahasa Indonesia. Mimbar PGSD Undiksha, 9(1), 170–179. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.32481.

Dwiqi, G. C. S., Sudatha, I. G. W., & Sukmana, A. I. W. I. Y. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran IPA Untuk Siswa SD Kelas V. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 33. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28934.

Fahyuni, E. F., & Fauji, I. (2017). Pengembangan Komik Akidah Akhlak Untuk Meningkatkan Minat Baca dan Prestasi Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Halaqa: Islamic Education Journal, 1(1), 17–26. https://doi.org/10.21070/halaqa.v1i1.817.

Fuadi, H., Robbia, A. Z., & Jufri, A. W. (2020). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(2), 108–116. https://doi.org/10.29303/jipp.v5i2.122.

Gellerstedt, M., Babaheidari, S. M., & Svensson, L. (2018). A first step towards a model for teachers’ adoption of ICT pedagogy in schools. Heliyon, 4(9), e00786. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2018.e00786.

Handayani, N. M. D., Ganing, N. N., & Suniasih, N. W. (2017). Model Pembelajaran Picture And Picture Berbantuan Media Audio-Visual Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Journal of Education Technology, 1(3), 176–182. https://doi.org/10.23887/jet.v1i3.12502.

Handayani, P., & Koeswati, H. D. (2020). Pengembangan Media Komik Untuk Meningkatkan Minat Membaca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2). https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.365.

Handayani, Puji, & Koeswanti, H. D. (2020). Pengembangan Media Komik Untuk Meningkatkan Minat Membaca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 396–401. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.365.

Irfan, I., Muhiddin, M., & Ristiana, E. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Powerpoint di Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Primary Education, 3(2), 16–27. https://doi.org/10.17509/ijpe.v3i2.21765.

Ismawati, M., Tegeh, I. M., & Jampel, I. N. (2018). Pengembangan Modul Berorientasi Pendidikan Karakter Pada Mata Pelajaran Ips Siswa Kelas Vii Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019 di SMP Muhammadiyah 2 Singaraja. Edutech, 6(2), 278–284. https://doi.org/10.23887/jeu.v6i2.20322.

Januarisman, E., & Ghufron, A. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Untuk Siswa Kelas VII. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 3(2), 166. https://doi.org/10.21831/jitp.v3i2.8019.

Khomarudin, A. N., Efriyanti, L., & Tafsir, M. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Android Pada Mata Kuliah Kecerdasan Buatan. Journal Educative : Journal of Educational Studies, 3(1), 72–87. https://doi.org/10.30983/educative.v3i1.543.

Krissandi, A. D. S., & Rusmawan, R. (2015). Kendala Guru Sekolah Dasar Dalam Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 3(3), 457–467. https://doi.org/10.21831/cp.v3i3.7409.

Kristiana, A. A. I. D. (2020). Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Melalui Model Pembelajaran Role Playing Berbantuan Media Audio Visual. Jurnal Mimbar Ilmu, 25(3), 449–459. https://doi.org/10.23887/mi.v25i3.26388.

Kurnia, F., Zulherman, & Fathurohman, A. (2014). Analisis Bahan Ajar Fisika SMA Kelas XI di Kecamatan Indralaya Utara Berdasarkan Kategori Literasi Sains. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 1(1), 43–47. https://doi.org/10.36706/jipf.v1i1.1263.

Kurniawarsih, M., & Rusmana, I. M. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Matematika Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Berbasis Budaya. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 1(1), 39–48. https://doi.org/10.46306/lb.v1i1.

Lee, K. (2018). Everyone already has their community beyond the screen: reconceptualizing online learning and expanding boundaries. Educational Technology Research and Development, 66(5), 1255–1268. https://doi.org/10.1007/s11423-018-9613-y.

Lukman Hakim, A., Anggraini, Y., Fitriani, R., & Haqiqi, A. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Gambar Dalam Pembelajaran Sejarah. Islamic Studies, 3(2), 131–136. http://e-journal.iain-palangkaraya.ac.id/index.php/TF.

Maharuli, F. M., & Zulherman. (2021). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Dalam Muatan Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(2), 265–271. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.966.

Megantari, K. A., Margunayasa, I. G., & Agustiana, I. G. A. T. (2021). Belajar Sumber Daya Alam Melalui Media Komik Digital. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(1), 139–149. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.34251.

Mutakinati, L., Anwari, I., & Yoshisuke, K. (2018). Analysis of students’ critical thinking skill of middle school through stem education project-based learning. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 7(1), 54–65. https://doi.org/10.15294/jpii.v7i1.10495.

Nurhasanah, I. A., Sujana, A., & Sudin, A. (2016). Penerapan Metode Role Playing Untuk Meningkatkan HOECD. (2019). PISA 2018 Insights and Interpretations. Paris. https://www.oecd-ilibrary.org/education/pisa-2018-resultsvolume-i_5f07c754-en.asil Belajar Pada Materi Mahluk Hidup Dengan Lingkungannya. In Jurnal Pena Ilmiah (Vol. 1, Issue 1).

OECD. (2019). PISA 2018 Insights and Interpretations. Paris: OECD Publishing.

Riwanto, M. A., & Wulandari, M. P. (2018). Efektivitas penggunaan media komik digital (cartoon story maker) dalam pembelajaran tema selalu berhemat energi. Jurnal Pancar, 2(1), 14–18.

Rohmanurmeta, F. M., & Dewi, C. (2019). Pengembangan Komik Digital Pelestarian Lingkungan Berbasis Nilai Karakter Religi Untuk Pembelajaran Tematik Pada Siswa Sekolah Dasar. Muaddib: Studi Kependidikan Dan Keislaman, 09(02), 100–109. https://doi.org/10.24269/muaddib.v1i2.1213.

Rusman. (2017). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT. Grafindo Persada.

Saputro, H. B., & Yogyakarta, U. N. (2015). Pengembangan Media Komik Berbasis Pendidikan Karakter Pada Pembelajaran Tematik-Integratif Kelas IV SD. Jurnal Prima Edukasi, 3(1), 61–72. https://doi.org/10.21831/jpe.v3i1.4065.

Siregar, F., Yarshal, D., & Sukmawarti. (2022). Pengembangan Media Komik Berbasis Multimedia Powerpoint Pada Tema Panas dan Perpindahannya Kelas V SD. Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 8(1), 8–15. https://doi.org/10.47662/pedagogi.v8i1.238.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sukmanasa, E., Windiyani, T., & Novita, L. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Bagi Siswa Kelas V Sekolah Dasar di Kota Bogor. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3(2), 171–185. https://doi.org/10.30870/jpsd.v3i2.2138.

Sutrisna, N. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik SMA di Kota Sungai Penuh. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(12), 2683–2694. https://doi.org/10.47492/jip.v1i12.530.

Wahyudin, A. Y., Jepri, D., Simamora, M. W., Pratiwi, I. W., & Rina, A. (2020). Penggunaan komik digital toondoo dalam pembelajaran Bahasa inggris tingkat Sekolah menengah. Jurnal of Social and Tevhnologi for Community Service, 1(1), 1–6. https://doi.org/10.33365/jta.v1i1.673.

Widiyati, D., Sumantri, M. S., & Lestari, I. (2020). Profil Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik Sekolah Dasar (Studi Kasus di Sekolah Dasar Swasta Adik Irma Kecamatan Tebet). JPD: Jurnal Pendidikan Dasar, 1–7.

Winarni, E. W., & Purwandari, E. P. (2019). The Effectiveness of Turtle Mobile Learning Application for Scientific Literacy in Elementary School. Journal of Education and E-Learning Research, 6(4), 156–161. https://doi.org/10.20448/journal.509.2019.64.156.161

Yanti, F., Hardiman, & Budiarta, I. G. M. (2019). Analisis Komik Web Karya Wildan Ridho Sajali. Jurnal Pendidikan Seni Rupa Undiksha, 9(1), 24–35. https://doi.org/10.23887/jjpsp.v9i1.18947.

Yunianika, I. T., & Suratinah. (2019). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar Dharma Karya Universitas Terbuka. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 497–503. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.17331.

Diterbitkan

2023-12-29

Cara Mengutip

Ditriguna, I. N. A. K. ., Sudiana, I. N. ., & Suastra, I. W. (2023). Media Komik Digital dengan Aplikasi Comic Life Untuk Meningkatkan Literasi Sains Kelas VI. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(3), 416–424. https://doi.org/10.23887/jipp.v7i3.60470

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama