Fungsi Ekstrakurikuler Karawitan di Sekolah Dasar Negeri Sendangguwo 01 Semarang

Authors

  • Cahya Prabowo Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Halmahera, Indonesia
  • Prasena Arisyanto Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Halmahera, Indonesia
  • Aries Tika Damayani Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Halmahera, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.22313

Keywords:

fungsi ekstrakurikuler, karawitan

Abstract

Karawitan merupakan suatu keahlian, ketrampilan, kemampuan, atau seni memainkan, menggarap, atau mengolah suatu gendhing (lagu tradisional dalam seni karawitan Jawa yang dimainkan menggunakan alat musik gamelan) sehingga menjadi bagian-bagian kecil yang bersifat renik, rinci, dan halus. Kegiatan ekstrakurikuler karawitan ini bertujuan untuk mengenalkan dan memberikan gambaran awal kepada siswa mengenai seni karawitan. Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui  fungsi ekstrakurikuler karawitan bagi Sekolah dan siswa. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode wawancara, observasi, dan angket. Subjek penelitian adalah siswa dan pelatih karawitan di SD. Dari hasil penelitian, Pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler karawitan di SD dilaksanakan di luar jam kegiatan belajar mengajar. Pembelajaran ekstrakurikuler karawitan di bagi menjadi 3 kegiatan yaitu kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Fungsi ekstrakurikuler karawitan bagi sekolah yaitu menanamkan cinta budaya sejak dini dan dapat memajukan SD atas prestasi karawitan. Sedangkan fungsi ekstrakurikuler karawitan bagi siswa yaitu pengembangan personal siswa melalui peluasan minat, pengembangan kemampuan dan rasa tanggung jawab. Berdasarkan penelitian ini saran yang disampaikan kepada Sekolah hendaknya mempertahankan dan meningkatkan kegiatan ekstrakurikuler karawitan agar ekstrakurikuler karawitan menjadi wadah bagi siswa untuk pengembangan diri siswa dan mempelajari kebudayaan lokal sehingga dapat melestarikan kebudayaan lokal.

References

Aqib, Z. (2013). Model-Model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Yrama Widya.

Arisyanto, P., Sundari, R. S., & Untari, M. F. A. (2018). Pembelajaran Ekstrakurikuler Tari Untuk Penanaman Karakter Bagi Siswa SD Negeri Gayamsari 02 Semarang. Jurnal Pendidikan Dan Kajian Seni, 3(1), 1–13. https://doi.org/10.30870/jpks.v3i1.4062

Endraswara, S. (n.d.). Laras Manis Tuntunan Praktis Karawitan Jawa. Kuntul Press.

Fitri, A., Muda, I., & Badaruddin. (2018). The Influence of Good Corporate Governance, Leverage, and Profitability on Earning Management with Firm Size as Moderating Variable in the Banking Companies Listed In Indonesia Stock Exchange in the Period of 2012-2016. International Journal of Research and Review, 5(9), 49–66. https://doi.org/10.4444/ijrr.1002/747

Hambali, M., & Yulianti, E. (2018). Ekstrakurikuler Keagamaan Terhadap Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik Di Kota Majapahit. Pedagogik, 5(2), 193–208.

Mulyasa. (2016). Pengembangan Implementasi Kurikulum 2013. PT Remaja Rosdakarya.

Sidik, Yogi Pratama. 2018. Strategi Pembelajaran Karawitan Dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Di SMP Negeri 1 Bodeh Kecamatan Bodeh Kabupaten Pemalang. Jurnal Seni Musik, Vol. 8(2); (137-149).

Sugiyono. (2017a). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2017b). Statistiak untuk Penelitian. Alfabeta.

Sukmadinata, N. S. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. PT Remaja Rosdakarya.

Syakir, M., Tamsah, H., & Sani, A. (2017). Analisis Kegiatan Pendidikan Ekstrakurikuler Untuk Pembentukan Karakter Disiplin Siswa Di SMA Negeri 1 Sinjai Borong. Jurnal Mirai Management, 2(2), 108–125.

Wiyani, N. A. (2013). Membumikan Pendidikan Karakter di SD. Ar-Ruzz Media.

Downloads

How to Cite

Prabowo, C., Arisyanto, P., & Damayani, A. T. (2019). Fungsi Ekstrakurikuler Karawitan di Sekolah Dasar Negeri Sendangguwo 01 Semarang. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 541–546. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.22313