Keefektifan Model Pembelajaran Role Playing Berbantu Media Multiply Cards terhadap Hasil Belajar Siswa

Authors

  • Sutria Amina Kasanah Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas PGRI Semarang, Indonesia
  • Aries Tika Damayani Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas PGRI Semarang, Indonesia
  • Rofian Rofian Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas PGRI Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.22308

Keywords:

model role playing, multiply cards

Abstract

Masih rendahnya nilai mata pelajaran siswa kelas V SD serta kurangnya penggunaan model pembelajaran yang menarik sehingga antusias siswa dalam mengikuti pembelajaran kurang dan siswa cenderung bersikap pasif merupakan sala satu penyebab rendahnya hasil belajar siswa kelas V SD. Dari hal tersebut, tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas model pembelajaran Role Playing berbantu media MultiplyCards terhadap hasil belajar siswa kelas V SD. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan Pretest-Posttest one-Group Design. Hasil analisis data hasil belajar Pretest dan posttest dengan uji-t bahwa diperoleh dengan nilai rata-rata pretest sebesar 51,471 dan rata-rata nilai posttest sebesar 81,647. Dengan N = 17,  Diperoleh thitung = 6,881 dengan taraf signifikan 5% sebesar 2,035. Karena thitung = 6,881 > ttabel = 2,035 Maka hal ini menunjukkan bahwa uji t mempunyai efek yang signifikan. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat efek dari pembelajaran Model Role Playing berbantu media ultiply Cards. Saran yang dapat peneliti sampaikan adalah guru harus lebih kreatif dan inovatif dalam melakukan pembelajaran dikelas agar dapat meningkatkan keaktifan serta minat belajar peserta didik dalam mengikuti pembelajaran

References

Aqib, Z. (2013). Model-Model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Yrama Widya.

Depdiknas. (2007). Rencana strategis Departement Pendidikan Nasional 2005 - 2009. Pusat Informasi dan Humas Departemen Pendidikan Nasional.

Djamarah, S. B. dan Z. A. (2010). Strategi Belajar Mengajar. PT Rineka Cipta.

Ernani, A. S. (2016). Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Wathoniyah. JIP: Jurnal Ilmiah PGMI, 2, 29–42.

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Pustaka Setia.

Niken, Susanto, T. B. S. (2012). Penerapan Pembelajaran Matematika Melalui Model Pembelajaran Reciprocal Dalam Mengatasi Kesalahan Siswa Menyelesaikan Soal Matematika Kelas IX Smp N 1 Pakusari Pokok Bahasan Statistika Semester Ganjil Tahun Ajaran 2012/2013. Kadikma, 3(3), 95–108.

Nurhasanah, I. A., Sujana, A., & Sudin, A. (2016). Penerapan Metode Role Playing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Hubungan Mahluk Hidup Dengan Lingkungannya. Penerapan Metode Role Playing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Hubungan Mahluk Hidup Dengan Lingkungannya, 1(1), 611–620. https://doi.org/10.23819/pi.v1i1.2992

Rini, N. P., Shodiqin, A., & Damayani, A. T. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran ICM dan Bertukar Pasangan Berbantuan Media Kartu Angka terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(1), 1–9. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i1.17173

Roestiyah. (2012). Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta.

Sha’adhah, Z., Hobri, & Setiawan, T. B. (2013). Penerapan Metode Role Playing (Bermain Peran) untuk Mengurangi Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Aritmetika Sosial Kelas VII A SMPN 1 Sukowonoso Semester Ganjil Tahun Ajaran 2012/2013. Kadikma, 4(2), 27–38.

Sudharto, dkk. (2009). Pengantar Pendidikan. FIP IKIP PGRI Semarang.

Sugiyono. (2017). Statistiak untuk Penelitian. Alfabeta.

Sumaatmadja, N. dkk. (2007). Konsep Dasar IPS. Jakarta: Depdiknas UT.

Sundayana, R. (2013). Media Pembelajaran Matematika. Alfabeta.

Tarigan, A. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Role Playing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas Iii Sd Negeri 013 Lubuk Kembang Sari Kecamatan Ukui. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(3), 102. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v5i3.3898

Downloads

How to Cite

Kasanah, S. A., Damayani, A. T., & Rofian, R. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran Role Playing Berbantu Media Multiply Cards terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 519–526. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.22308