Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V
DOI:
https://doi.org/10.23887/jisd.v1i2.10142Keywords:
Pendekatan Keterampilan Proses, Hasil Belajar IPAAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan belajar IPA dengan penerapan pendekatan keterampilan proses untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V semsester ganjil SD No. 2 Kapal tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi/evaluasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V di SD No Kapal, sebanyak 34 orang siswa. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan menggunakan metode tes objektif. Data yang didapatkan dari metode tes selanjutnya dianalisis dengan teknik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa, pada siklus I rata-rata hasil belajar IPA siswa sebesar 69,41% pada kategori cukup dan meningkat menjadi 84% pada siklus II yang berada pada kategori tinggi. Terjadi peningkatan sebesar 14,59%.References
Agung, A.A Gede. 2005. Konsep dan Teknik Analisis Data Penelitian Tindakan Kelas. Singaraja : Jurusan Teknologi Pendidikan, FIP IKIP Negeri Singaraja. 2010. Evaluasi Pendidikan. Singaraja: Fakultas Ilmu pendidikan, Undiksha Singaraja
Anonimus. 1999. Penilaian Hasil Proses Belajar. Bandung. Sinar Baru
Depdiknas. 2004. Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) untuk SD/MI. Jakarta. Depdiknas
Depdiknas 2006. Standar Kompetensi Guru Kelas SD/MI Lulusan SI PGSD. Jakarta.
Depdiknas 2002. Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) untuk SD/MI. Jakarta. Depdiknas
Dimiyati. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta. Depdikbud
Fajar.M. Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses untuk Meningkatkan Kemampuan Kritis dan hasil belajar SD No. 2 Pedungan. Bali
Hamzah B, Nurdin Mohamad. 2011. Belajar Dengan Pendekatan Pailkem. Jakarta. Bumi Aksara
Hart, D. 1994. Authentic Assessment a Handbook For Educators. New York. Addison-Wesley Publishing Company.
Mujiyono. 1994. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta. Depdikbud
Masudah. 2014. Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada siswa kelas V SDN 1 Karangploso Kab. Malang. Malang
Santyasa, I Wayan. 1999. Model Problem Solving Dan Reasoning Sebagai Alternatif Pembelajaran Inovatif. Surabaya. Makalah disajikan dalam konvensi nasional Pendidikan Indonesia V 5-9 Oktober 2004.
Sri Sulistiyorini. 2007. Pembelajaran IPA Sekolah Dasar dan Penerapannya dalam KTSP. Jakarta. Tiara Wacana
Subroto, Suryo. 1995. Proses Belajar Mengajar Di Sekolah. Jakarta. Rineka Cipta
Sudirman, A.M. 2005. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta.
Sudjana. 2006. Penilaian Hasil Proses Belajar. Bandung. Sinar Baru
Suyadi. 1988. Sumber Daya Manusia Negara Berkembang. Jogjakarta. Buku Biru
Suwatra, dkk. 2007. Belajar dan Pembelajaran. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha
Julianto, dkk. 2011. Teori dan Implementasi Model-Model Pembelajaran Inovatif. Surabaya : Unesa University Press
Mariana, I Made Alit dan Praginda Wandy. 2009. Hakikat IPA dan Pendidikan IPA untuk Guru SD. Jakarta : Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Ilmu Pengetahuan Alam (PPPPTK IPA) untuk Program Bermutu
Aisyah, N. (2008). Pengembangan Pembelajaran Matematika SD, [Online]. Tersedia: http://getskripsi.com/search/pengertian-pendekatan-keterampilan-proses-pada-pem-belajaran-matematika/ [05 Februari 2016].
Marjain, M. (2012) Peningkatan Ketrampilan Proses Dengan Menggunakan Metode Eksperimen Pada Mata Pelajaran IPA. [online] Vol. 2 (4), 12 halaman. Tersedia: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb /article/view File/1868/pdf [10 Juni 2016]
Harefa, A. O. (2011). Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika SMP Negeri 1 Tuhemberua. Dalam jurnal IKIP Gunung Sitoli [Online]. Tersedia: http://ejurnal.ikipgunungsitoli.ac.id/index.php/dk/article/view/7 [02 Februari 2016].
Emilia, Y (2012) Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses Melalui Metode Penemuan Terbimbing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pokok Bahasan Keliling dan Luas Lingkaran di SMP Negeri 3 Panji Kelas VIII A Semester Genap Tahun Ajaran 2011/2012. [online] Tersedia: http:// repository.unej.ac.id/bitstream /handle/ 1234567 89/11838/Yeni%20Emilia_1.pdf?sequence=1 [15 November 2015]
Dimyati dan Mudjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Lie, A. 2004. Cooperative Learning. Mempraktekkan Cooperative Learning di Ruang-ruang Kelas. Jakarta: PT. Grasindo.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal Ilmiah Sekolah Dasar agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)