Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V

Authors

  • A A Sagung Putra Mas Dewi Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Wayan Rati Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jisd.v1i2.10142

Keywords:

Pendekatan Keterampilan Proses, Hasil Belajar IPA

Abstract

Penelitian  ini  bertujuan untuk  mengetahui  peningkatan belajar IPA dengan penerapan pendekatan keterampilan proses untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V semsester ganjil SD No. 2 Kapal tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi/evaluasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V  di SD No  Kapal, sebanyak 34 orang siswa. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan menggunakan metode tes objektif. Data yang didapatkan dari metode tes selanjutnya dianalisis dengan teknik  deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa, pada siklus I rata-rata hasil belajar IPA siswa sebesar 69,41% pada kategori cukup dan  meningkat menjadi 84% pada siklus II yang berada pada kategori tinggi. Terjadi peningkatan sebesar 14,59%.

References

Agung, A.A Gede. 2005. Konsep dan Teknik Analisis Data Penelitian Tindakan Kelas. Singaraja : Jurusan Teknologi Pendidikan, FIP IKIP Negeri Singaraja. 2010. Evaluasi Pendidikan. Singaraja: Fakultas Ilmu pendidikan, Undiksha Singaraja

Anonimus. 1999. Penilaian Hasil Proses Belajar. Bandung. Sinar Baru

Depdiknas. 2004. Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) untuk SD/MI. Jakarta. Depdiknas

Depdiknas 2006. Standar Kompetensi Guru Kelas SD/MI Lulusan SI PGSD. Jakarta.

Depdiknas 2002. Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) untuk SD/MI. Jakarta. Depdiknas

Dimiyati. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta. Depdikbud

Fajar.M. Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses untuk Meningkatkan Kemampuan Kritis dan hasil belajar SD No. 2 Pedungan. Bali

Hamzah B, Nurdin Mohamad. 2011. Belajar Dengan Pendekatan Pailkem. Jakarta. Bumi Aksara

Hart, D. 1994. Authentic Assessment a Handbook For Educators. New York. Addison-Wesley Publishing Company.

Mujiyono. 1994. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta. Depdikbud

Masudah. 2014. Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada siswa kelas V SDN 1 Karangploso Kab. Malang. Malang

Santyasa, I Wayan. 1999. Model Problem Solving Dan Reasoning Sebagai Alternatif Pembelajaran Inovatif. Surabaya. Makalah disajikan dalam konvensi nasional Pendidikan Indonesia V 5-9 Oktober 2004.

Sri Sulistiyorini. 2007. Pembelajaran IPA Sekolah Dasar dan Penerapannya dalam KTSP. Jakarta. Tiara Wacana

Subroto, Suryo. 1995. Proses Belajar Mengajar Di Sekolah. Jakarta. Rineka Cipta

Sudirman, A.M. 2005. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta.

Sudjana. 2006. Penilaian Hasil Proses Belajar. Bandung. Sinar Baru

Suyadi. 1988. Sumber Daya Manusia Negara Berkembang. Jogjakarta. Buku Biru

Suwatra, dkk. 2007. Belajar dan Pembelajaran. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha

Julianto, dkk. 2011. Teori dan Implementasi Model-Model Pembelajaran Inovatif. Surabaya : Unesa University Press

Mariana, I Made Alit dan Praginda Wandy. 2009. Hakikat IPA dan Pendidikan IPA untuk Guru SD. Jakarta : Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Ilmu Pengetahuan Alam (PPPPTK IPA) untuk Program Bermutu

Aisyah, N. (2008). Pengembangan Pembelajaran Matematika SD, [Online]. Tersedia: http://getskripsi.com/search/pengertian-pendekatan-keterampilan-proses-pada-pem-belajaran-matematika/ [05 Februari 2016].

Marjain, M. (2012) Peningkatan Ketrampilan Proses Dengan Menggunakan Metode Eksperimen Pada Mata Pelajaran IPA. [online] Vol. 2 (4), 12 halaman. Tersedia: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb /article/view File/1868/pdf [10 Juni 2016]

Harefa, A. O. (2011). Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika SMP Negeri 1 Tuhemberua. Dalam jurnal IKIP Gunung Sitoli [Online]. Tersedia: http://ejurnal.ikipgunungsitoli.ac.id/index.php/dk/article/view/7 [02 Februari 2016].

Emilia, Y (2012) Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses Melalui Metode Penemuan Terbimbing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pokok Bahasan Keliling dan Luas Lingkaran di SMP Negeri 3 Panji Kelas VIII A Semester Genap Tahun Ajaran 2011/2012. [online] Tersedia: http:// repository.unej.ac.id/bitstream /handle/ 1234567 89/11838/Yeni%20Emilia_1.pdf?sequence=1 [15 November 2015]

Dimyati dan Mudjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Lie, A. 2004. Cooperative Learning. Mempraktekkan Cooperative Learning di Ruang-ruang Kelas. Jakarta: PT. Grasindo.

Downloads

Published

2017-06-01

How to Cite

Dewi, A. A. S. P. M., & Rati, N. W. (2017). Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(2), 83–90. https://doi.org/10.23887/jisd.v1i2.10142

Issue

Section

Articles