Meningkatkan Kemampuan Hasil Belajar PJOK Materi Sepak Bola dengan Menerapkan Model Pembelajaraan Kooperatif TGT (Teams Games Tournament) Berbasis ICT

Authors

  • Afthonul Fikri Universitas pendidikan ganesha
  • I Putu Darmayasa Penjaskesrek, Universitas Pendidikan Ganesha, Buleleng, Bali indonesia
  • I Made Satyawan Penjaskesrek, Universitas Pendidikan Ganesha, Buleleng, Bali indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jiku.v10i3.53241

Keywords:

Model Pembelajaran, Hasil Belajar, Materi Sepak Bola

Abstract

Kemampuan siswa dalam mengikuti pelajaran PJOK khususnya pembelajaran bola pada permainan sepak bola  belum memenuhi kriteria ketuntasan maksimum KKM. Penelitian ini disusun untuk bertujuan untuk meningkatkan nilai hasil belajar dalam materi sepak bola pada peserta didik smp dengan menerapkan model pembelajaraan TGT Teams Games Tournament berbasis ICT pada peserta didik kelas VII A SMP. Metode yang di gunakan adalah penelitian tindakan kelas PTK.Teknik pengumpulan data menggunakan pengamataan langsung, Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII A di SMP yang berjumlah 32 peserta didik. Urutan kegiatan penelitian ini terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Instrumen pengumpulan data menggunakan RPP, lembar observasi, dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan deskripsi presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketuntasan belajar aspek sikap pada siklus I yaitu 87%, pada siklus II 100%. Ketuntasan aspek belajar pengetahuaan siklus I 43%, Pada siklus II 100%. Ketuntasan pada aspek ketrampilaan siklus I 68%, Saiklus II 90%. Disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT Teams Games Tournament berbasis ICT dapat meningkatkan hasil belajar materi sepak bola pada peserta didik kelas VII A SMP. Berdasarkan penelitian tindakan kelas ini diharapkan dapat digunakan sebagai bahan referensi dalam melaksanakaan proses pembelajaraan.

References

Aisyah, S., Nasru, M., & Chiar, M. (2012). Penggunaan Model Kooperatif Tipe Kepala Bernomor Meningkatkan Aktivitas Belajar Kelas Ii Sdn 15 Pontianak Utara Artikel Penelitian Meningkatkan Aktivitas Belajar Kelas Ii Sdn 15 Pontianak Utara. 17.

Akabar, A., Dehasen Bengkulu Corresponding Author, U., Meranti Raya Nomor, J., Lebar, S., & Bengkulu, K. (2020). Meningkatkan hasil belajar teknik passing kaki bagian dalam pada permainan sepakbola melalui metode bermain berpasangan pada siswa Kelas VII SMP Negeri 14 Bengkulu Tengah. Educative Sportive-EduSport, 2020(2), 52–55.

Apriansyah, B., Sulaiman, & Mukarromah, S. B. (2017). Kontribusi Motivasi, Kerjasama, Kepercayaan Diri terhadap Prestasi Atlet Sekolah Sepakbola Pati Training Center di Kabupaten Pati. Journal of Physical Education and Sports, 6(2), 101–107. https://doi.org/10.15294/jpes.v6i2.17358.

Aslinda, A. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Pakem Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Sepak Bola Siswa Kelas Ivb Sd Negeri 013 Mekarsari. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(2). https://doi.org/10.33578/jpfkip.v6i2.4537. DOI: https://doi.org/10.33578/jpfkip.v6i2.4537

Aspa, A. P. (2020). Pengaruh Daya Tahan Dan Kecepatan, Terhadap Kinerja Wasit Sepak Bola C1 Nasional PSSI Provinsi Riau. Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga, 3(2), 116–122. https://doi.org/10.31539/jpjo.v3i2.1044. DOI: https://doi.org/10.31539/jpjo.v3i2.1044

Baswendro, S., Suyitno, A., & Kharis, M. (2015). Keefektifan Model Tgt Dengan Pendekatan Scientific Berbantuan CD Pembelajaran Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Smp Kelas VIII Pada Materi Lingkaran. Unnes Journal of Mathematics Education, 4(3). https://doi.org/10.15294/ujme.v4i3.9043.

Fauzi, M. F., Buhun, M. F., & Purwadi, A. (2019). The Influence of Teams Games Tournament (TGT) toward Students’ Interest in Arabic Language Learning. Journal Of Arabic Languange Teaching, Linguistic and Literate, 2(2). https://doi.org/10.22219/jiz.v2i2.9986. DOI: https://doi.org/10.22219/jiz.v2i2.9986

Ginting, I. B. (2016). Pengelolaan Model Pembelajaran Tgt Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Ips Kelas VII-5 SMP Negeri 3 Percut Sei Tuan. Jurnal Handayani: Jurnal Kajian Pendidikan Pra Sekolah Dan Pendidikan Dasar, 6(1). https://doi.org/10.24114/jh.v6i1.4882. DOI: https://doi.org/10.24114/js.v1i2.7347

Gunarta, I. G. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran TGT Berbantuan Media Question Card Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran., 1(2). https://doi.org/10.23887/jp2.v1i2.19338. DOI: https://doi.org/10.23887/jp2.v1i2.19338

Handayani, R., & Abadi, I. B. G. S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Langsung Berbantuan Media Gambar Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika Siswa Kelas IV SD. Mimbar Ilmu Undiksha, 25(1), 120–131. https://doi.org/10.23887/mi.v25i1.24767. DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v25i1.24767

Herlina, H., & Suherman, M. (2020). Potensi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan (Pjok) Di Tengah Pandemi Corona Virus Disease (Covid)-19 Di Sekolah Dasar. Tadulako Journal Sport Sciences And Physical Education, 8(1), 1–7. DOI: https://doi.org/10.20884/1.paju.2020.2.1.2604

Hu, Y., & Zhang, H. (2020). ICT in Education in China. In Lecture Notes in Educational Technology (bll 15–35). https://doi.org/10.1007/978-981-15-6157-3_2. DOI: https://doi.org/10.1007/978-981-15-6157-3_2

Ismah, Zahrina, & Tias. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (Tgt) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VIII SMP Ditinjau Dari Kerjasama Siswa. Pijar MIPA, 13(1), 82–85. https://doi.org/10.29303/jpm.v13i1.576. DOI: https://doi.org/10.29303/jpm.v13i1.576

Jayul, A., & Irwanto, E. (2020). Model Pembelajaran Daring Sebagai Alternatif Proses Kegiatan Belajar Pendidikan Jasmani di Tengah Pandemi Covid-19 Achmad. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 6(2), 190–199.

Khuddus, L. A. (2017). Gangguan Perilaku Makan dan Tingkat Kecukupan Energi Protein Terhadap Kebugaran Jasmani Pemain Sepak Bola IKOR FIK UNESA. Jurnal Sportif, 3(1). https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v3i1.616. DOI: https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v3i1.616

Kusumaningrum, Parmiti, & Wibawa. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas V Gugus XV Kecamatan Buleleng Tahun Ajaran 2013/2014. Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.4532.

Mariana. (2016). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Model Teaching Game Team (Tgt) Dengan Course Review Horay (Crh) Terhadap Penguasaan Konsep Sirkulasi Darah Di Kelas VIII SMPN 19 Pekanbaru. Lectura: Jurnal Pendidikan, 7(2). https://doi.org/10.31849/lectura.v7i2.249. DOI: https://doi.org/10.31849/lectura.v7i2.249

Mulyana, N. (2017). Hubungan Gaya Kepemimpinan Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Penjas pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga, 2(1). https://doi.org/10.17509/jpjo.v2i1.6399. DOI: https://doi.org/10.17509/jpjo.v2i1.6399

Novianti, Putra, & Abadi. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Question Card Terhadap Penguasaan Kompetensi Pengetahuan IPS Siswa Kelas IV Gugus Letkol Wisnu Denpasar Tahun Ajaran 2016/2017. Mimbar PGSD Undiksha, 5(2). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10807.

Nugraha, B., Dimyati, A., & Gustiawati, R. (2021). Minat Belajar Siswa Dalam Mempraktekkan Pembelajaran Penjas di Rumah Pada Masa Covid-19. Journal Coaching Education Sports, 2(1). https://doi.org/10.31599/jces.v2i1.446. DOI: https://doi.org/10.31599/jces.v2i1.446

Nurmahmidah. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (Tgt) Pada Pokok Bahasan Peluang Sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Dan Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas X Mia 2 Sma Negeri 1 Sedayu. Jurnal Mercumatika, 1(2), 65–72. https://doi.org/10.26486/mercumatika.v1i2.252. DOI: https://doi.org/10.26486/mercumatika.v1i2.252

Nurwahidah, Maryati, S., Nurlaela, W., & Cahyana. (2021). Permainan Tradisional Sebagai Sarana Mengembangkan Kemampuan Fisik Motorik Anak Usia Dini. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(02), 49–61. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v4i02.6422. DOI: https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v4i02.6422

Pratiwi, K. Y., Rasana, I. D. P. R., & Pudjawan, K. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament ( Tgt ) Terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Siswa Kelas Iv Sd Gugus Iv Kecamatan Tabanan. JJPGSD, 1(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.790.

Purwantini, J. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Tipe TGT Berbantuan Media Question Box Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD. Mimbar PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.960.

Ramdani, E. (2018). Model Pembelajaran Kontekstual Berbasis Kearifan Lokal sebagai Penguatan Pendidikan Karakter. JUPIIS: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 10(1), 1. https://doi.org/10.24114/jupiis.v10i1.8264. DOI: https://doi.org/10.24114/jupiis.v10i1.8264

Ruslan, R., Hamdiana, H., Simon, S., & Ismawan, H. (2020). Pengaruh Latihan Plyometric Terhadap Kemampuan Shooting Sepak Bola Pada Club Pdl Samarinda. Kinestetik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 4(1). https://doi.org/10.33369/jk.v4i1.10370. DOI: https://doi.org/10.33369/jk.v4i1.10370

Santos, M. H. Dos, Harliawan, & Ismail. (2021). Pengaruh Game Online Terhadap Minat Belajar Penjas Siswa SMP Frater Makassar. Tadulako Journal Sport Sciences And Physical Education, 9(1). https://doi.org/10.22487/tjsspe.v9i1.969.

Saputra, A., Simanjuntak, V., Purnomo, E., Studi, P., Jasmani, P., Rekreasi, D., & Untan, F. (2015). Kemampuan Guru dalam Menerapkan Keterampilan Dasar mengajar Pelajaran Penjasorkes di SMK. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 4(8), 1–10.

Solihah, A. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) terhadap Hasil Belajar Matematika. SAP (Susunan Artikel Pendidikan). https://doi.org/10.30998/sap.v1i1.1010. DOI: https://doi.org/10.30998/sap.v1i1.1010

Suaeb, S., Degeng, I. N. S., & Amirudin, A. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V melalui Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Teams Games Tournament ( TGT ) Berbantuan Media Tebak Gambar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(1), 146–154. https://doi.org/10.17977/jptpp.v3i1.10435.

Sulistyono, J. (2019). Hubungan antara Motivasi dan Persepsi Siswa Terhadap Guru dengan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani. Jurnal Ilmiah Penjas (Penelitian, Pendidikan, dan Pengajaran), 5(2), 2442–3874. https://doi.org/10.36728/jis.v19i1.958. DOI: https://doi.org/10.36728/jis.v19i1.958

Susilawati, I., & Primayanti, I. (2018). Meningkatkan Kekuatan Otot Quadriceps pada Pemain Sepak Bola Melalui Latihan Delorme. Jurnal Kependidikan, 4(2). https://doi.org/10.33394/jk.v4i2.1124. DOI: https://doi.org/10.33394/jk.v4i2.1124

Tarbiyah, F. (2016). H.Syafruddin Nurdin. 1, 1–12.

Turnip, A., & Panggabean, J, H. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Macromedia Flash Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Momentum dan Impuls Kelas X Semester II Di SMA Negeri 15 Medan T.A. Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika, 1(1), 7–16. https://doi.org/10.24114/inpafi.v8i1.17598.

Wardani, M. A. P., & Harwanto, R. (2020). Penerapan Strategi Pembelajaran Berbasis ICT terhadap Pencapaian Hasil Belajar Sistem Komputer Siswa. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(2), 99–106.

Wirayasa, I. D. G. P., Darmayasa, I. P., & Satyawan, I. M. (2021). Pengembangan Instrumen Penilaian Hasil Belajar Ranah Kognitif Model 4d Pada Materi Sepak Bola Berdasarkan Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Undiksha, 8(3). https://doi.org/10.23887/jjp.v8i3.33760. DOI: https://doi.org/10.23887/jjp.v8i3.33760

Zafar, T. (2019). Role of Information Communication Technology (ICT)in Education and its Relative Impact. International Journal of Engineering Research & Technology (IJERT), 7(04), 1–10. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.26357.22243.

Downloads

Published

2023-03-04

How to Cite

Fikri, A., I Putu Darmayasa, & I Made Satyawan. (2023). Meningkatkan Kemampuan Hasil Belajar PJOK Materi Sepak Bola dengan Menerapkan Model Pembelajaraan Kooperatif TGT (Teams Games Tournament) Berbasis ICT. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 10(3), 207–214. https://doi.org/10.23887/jiku.v10i3.53241

Issue

Section

Articles