Persepsi Peserta Didik Terhadap Pembelajaran PJOK Secara Daring pada Masa Pandemi Covid-19

Penulis

  • Yuhendar Evendi Universitas Pendidikan Ganesha
  • Wahjoedi Wahjoedi2 Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Ketut Semarayasa Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jiku.v9i3.32883

Kata Kunci:

Persepsi, Pembelajaran PJOK, Pembelajaran Daring, Pandemi Covid-19

Abstrak

Pandemic covid-19 telah membawa perubahan yang disignifikan terhadap proses pembelajaran. Dari yang belajar secara tatap muka menjadi belajar secara daring. Hal ini berpengaruh terhadap keinginan dan hasil belajar peserta didik.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi peserta didik terhadap pembelajaran PJOK secara daring pada masa pandemi covid-19. Penelitian ini tergolong dalam jenis penelitian deskriptif kualitatif. Rancangan dalam penelitian ini menggunakan teknik pengelola data skala likert dengan 5 kategori penilain. Metode yang digunakan dalam penelitian mengunakan metode survey. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan statistik deskriptif. Data penelitian didapatkan dari kuisioner yang disebarkan secara online melalui google form dengan jumlah responden 144. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa persepsi peserta didik terhadap pembelajaran PJOK secara daring pada masa pandemi covid-19, berada pada kategori cukup/sedang. Disarankan agar peserta didik lebih baik lagi dalam mengikuti pembelajaran daring yang diberikan oleh guru sehingga dapat meningkatkan hasil belajar yang ingin dicapai.

Referensi

Adila, K., & Harisah, Y. (2020). Persepsi Siswa Kelas X MIPA SMA Negeri 1 Bojong Terhadap Pembelajaran Online pada Pelajaran Mate matika. Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 1(1), 401–406. Retrieved from https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/sandika/article/download/433/359/.

Aini, H. N., & Taufiq, H. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Terhadap Hasil Belajar Servis Bawah Bolavoli. Jurnal Pendidikan Olahraga Kesehatan, 6(2), 519–525.

Arikunto. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. jakarta: PT Rineka Cipta.

Aulia, V. (2018). Implementasi Keterampilan Mengadakan Variasi pada Praktik Pengalaman Lapangan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris STKIP PGRI Banjarmasin. Jurnal Mitra Manajemen, 2(5), 5-5–521. https://doi.org/https://doi.org/10.52160/ejmm.v2i5.155.

Buchari, A. (2018). Peran Guru Dalam Pengelolaan Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Iqra’, 12(2), 106. https://doi.org/10.30984/jii.v12i2.897.

Capella-Peris, C., Gil-Gómez, J., & Chiva-Bartoll, Ò. (2020). Innovative analysis of service-learning effects in physical education: A mixed-methods approach. Journal of Teaching in Physical Education, 39(1). https://doi.org/10.1123/jtpe.2019-0030.

Emilia, J., Ismanto, B., & Luhsasi, D. I. (2021). Evaluasi Implementasi Pembelajaran Daring pada Pembelajaran Akuntansi Perusahaan Dagang di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan, 7(3), 663–671. https://doi.org/10.33394/jk.v7i3.3849.

Fauzi, H. N., & Rosliyah, Y. (2020). Persepsi Pembelajar terhadap Media Kamus Tematik Berbasis Web bagi Pembelajar Kosakata bahasa Jepang Tingkat Dasar. CHI’E: Jurnal Pendidikan Bahasa Jepang, 8(1), 25–32. https://doi.org/10.15294/chie.v8i1.35752.

Fikri, M., Ananda, M. Z., & Faizah, N. (2021). Kendala Dalam Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid-19 : Sebuah Kajian Kritis. Jurnal Education and Development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, 9(1), 145–148. https://doi.org/10.37081/ed.v9i1.2290.

Fitriyani, & Sari. (2020). Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Selama Pandemik Covid-19. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran, Dan Pembelajaran, 6(2), 165–175. https://doi.org/https://doi.org/10.33394/jk.v6i2.2654.

Friskawati, G. F., & Sobarna, A. (2019). Faktor Internal Pencapaian Hasil Belajar Pendidikan Jasmani pada Siswa SMK. Jurnal Penelitian Pendidikan, 18(3). https://doi.org/10.17509/jpp.v18i3.15004.

Gregorius, R. M. (2017). Performance of Underprepared Students in Traditional Versus Animation -Based Flipped -Classroom Settings. Chemistry Education Research and Practice, 18(4), 841–848. https://doi.org/10.1039/c7rp00130d.

Hadi, L. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Daring Di Masa Pandemik Covid-19 Student Perceptions of Online Learning During Covid-19 Pandemic. Jurnal Zarah, 8(2), 56–61. https://doi.org/10.31629/zarah.v8i2.2464.

Hanief, Y. N., & Sugito, S. (2015). Membentuk Gerak Dasar Pada Siswa Sekolah Dasar Melalui Permainan Tradisional. Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran. https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v1i1.575.

Haris, I. N. (2018). Model pembelajaran peer teaching dalam pembelajaran pendidikan jasmani. Journal of Chemical Information and Modeling, 4(9), 2.

Hendri, G., & Azis, I. (2020). Motivasi siswa dalam proses pembelajaran pendidikan jasmani olahraga kesehatan. Jurnal Patriot, 2(1), 171–181.

Irawati, R., & Santaria, R. (2020). Persepsi Siswa SMAN 1 Palopo Terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Kimia. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(2), 264–270. https://doi.org/10.30605/jsgp.3.2.2020.286.

Jaya, H. N. (2017). Keterampilan Dasar Guru untuk Menciptakan Suasana Belajar yang Menyenangkan. Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 17(1), 23–35. https://doi.org/10.30651/didaktis.v17i1.1555.

Kurniati, T., & Liani, U. (2019). Peningkatan Keterampilan Mengadakan Variasi pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia. Jurnal Ilmiah Ar-Razi, 7(1), 33–38. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29406/ar-r.v7i1.1379.

Magrifah. (2015). Pengaruh Konsep Diri dan Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Bontomantene. Mapan: Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 3(1). https://doi.org/https://doi.org/10.24252/mapan.2015v3n1a9.

Nainggolan, A. P., & Manalu, R. B. B. (2021). Pengaruh Penggunaan Google Classroom Terhadap Efektifitas Pembelajaran. Journal Coaching Education Sports, 2(1), 17–30. https://doi.org/10.31599/jces.v2i1.515.

Nataliya, P. (2016). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Permainan Tradisional Congklak Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Pada Siswa Sekolah Dasar. Ilmiah Psikologi Terapan, 03(02), 343–358. https://doi.org/https://doi.org/10.22219/jipt.v3i2.3536.

Oktafia Ika. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid 19. https://doi.org/. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 3(8), 496–503. https://doi.org/10.1093/fampra/cmy005.

Pakpahan, R., & Fitriani, Y. (2020). Analisa Pemafaatan Teknologi Informasi Dalam Pemeblajaran Jarak Jauh Di Tengah Pandemi Virus Corona Covid-19. JISAMAR (Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Researh), 4(2), 30–36.

Pambudi, M. I., Winarno, M., & Dwiyogo, W. D. (2019). Perencanaan dan Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan. Jurnal Pendidikan Olahraga, Universitas Negeri Malang, 4(1), 110–116.

Prabawa, D. G. A. P., & Restami, M. P. (2020). Pengembangan Multimedia Tematik Berpendekatan Saintifik untuk Siswa Sekolah Dasar. Mimbar PGSD Undikhsa, 8(3), 479–491.

Pramusinta, Y., Setyosari, P., Widiati, U., & Kuswandi, D. (2019). Exploring metacognitive and critical thinking skills of pre-service elementary school teachers through discovery learning method by integrating various cognitive styles. Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 7(4). https://doi.org/10.17478/jegys.614028.

Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Santoso, P. B., Wijayanti, L. M., Choi, C. H., & Putri, R. S. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 1–12.

Putri, R. S., & Purwanto, D. (2020). (2020). Impact of the COVID-19 pandemic on online home learning: An explorative study of primary schools in Indonesia. International ,. Journal of Advanced Science and Technology, 29(5), 4809–4818.

Raibowo, S., & Nopiyanto, Y. E. (2020a). Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga & Kesehatan pada SMP Negeri Se-Kabupaten Mukomuko melalui Pendekatan Model Context , Input , Process & Product ( CIPP ). Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 6(2), 146–165. https://doi.org/10.5281/zenodo.3881891.

Raibowo, S., & Nopiyanto, Y. E. (2020b). Proses Belajar Mengajar Pjok Di Masa Pandemi Covid-19. STAND : Journal Sports Teaching and Development, 1(2), 112–119. https://doi.org/10.36456/j-stand.v1i2.2774.

Rochman, B., Indahwati, N., & Priambodo, A. (2020). Identifikasi Keterlaksanaan Pembelajaran PJOK Tingkat SMP Di Masa Pandemi Covid 19 Se-Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(1), 257–265. https://doi.org/10.36312/jime.v6i1.1343.

Rusmiyati, F. (2017). Pengaruh Kemandirian Dan Kebiasaan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Metematika Siswa Kelas X Sma Negeri 1 Rongkop. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(1), 77. https://doi.org/10.30738/.v5i1.931.

Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Biodik, 6(2), 109–119. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759.

Saifulloh, A. M., & Darwis, M. (2020). Manajemen Pembelajaran dalam Meningkatkan Efektivitas Proses Belajar Mengajar di Masa Pandemi Covid-19. Bidayatuna: Jurnal Pendidikan Guru Mandrasah Ibtidaiyah, 3(2), 285. https://doi.org/10.36835/bidayatuna.v3i2.638.

Sari, M., & Nazirun, N. (2016). Persepsi Siswa Kelas Viii Terhadap Proses Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Di Smp Negeri 5 Pekanbaru. Journal of Chemical Information and Modeling, 1(269–277), 269–277.

Slameto. (2015). Metodelogi Penelitian & Inovasi Pendidikan. Salatiga: Cipta.

Sobron, A.N., D. (2019). Persepsi Siswa dalam Studi Pengaruh Daring Learning Terhadap Minat Belajar IPA. Retrieved from https://ejournal.insuriponorogo.ac.id/index.php/scaffolding/article/view/117.

Sudiro. (2015). Pengaruh Sarana, Proses Pembelajaran, Dan Persepsi Kinerja Dosen Terhadap Kepuasan Mahasiswa Pada Politeknik Indonusa surakarta. Jurnal Sainstech Politeknik Indonusa Surakarta, 1(4), 10 – 14.

Sudirtha, I. G. (2016). Pengaruh ModelPembelajaran dan Bentuk Asesmen Formatif Terhadap Hasil Belajar Micro Teaching dengan Mengontrol Persepsi Tentang Profesi Keguruan. Studi Eksperimen Pada Mahasiswa FTK Undiksha Program Pascasarjana Uni.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sukawati, S. (2021). Pemanfaatan zoom meeting dan google classroom dalam mata kuliah inovasi. Jurnal Semantik, 10(1), 45–54. https://doi.org/10.22460/semantik.v10i1.p45-54.

Susilo, A., Rumende, C. M., Pitoyo, C. W., Santoso, W. D., Yulianti, M., Herikurniawan, H., … Yunihastuti, E. (2020). Coronavirus Disease 2019: Tinjauan Literatur Terkini. Jurnal Penyakit Dalam Indonesia, 7(1), 45. https://doi.org/10.7454/jpdi.v7i1.415.

Wang, R. (2017). Research on the reform of physical education and training mode in universities based on information technology. Journal of Mathematics Science and Technology Education, 55(14), 266–273.

Wijaya, M. A., & Kanca, N. (2019). Media Pembelajaran Aktivitas Pengembangan PJOK untuk Pendidikan Dasar dan Menengah. JOSSAE : Journal of Sport Science and Education, 4(1), 1. https://doi.org/10.26740/jossae.v4n1.p1-6.

Wijayanti, R. M., & Fauziah, P. Y. (2020). Perspektif dan Peran Orangtua dalam Program PJJ Masa Pandemi Covid-19 di PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1304–1312. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.768.

Diterbitkan

2021-11-17

Cara Mengutip

Evendi, Y., Wahjoedi2, W., & Semarayasa, I. K. (2021). Persepsi Peserta Didik Terhadap Pembelajaran PJOK Secara Daring pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 9(3), 136–142. https://doi.org/10.23887/jiku.v9i3.32883

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama