PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK BERBANTUAN MEDIA GAMBAR BERSERI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA LISAN

Penulis

  • Ni Made Pande Megawati
  • Ni Ketut Suarni
  • Made Sulastri

DOI:

https://doi.org/10.23887/paud.v1i1.1040

Abstrak

Penelitian ini dilaksanakan di Taman Kanak-Kanak Widhya Brata Kecamatan Mengwi Kabupaten Badung, dengan meneliti anak pada Kelompok A pada semester II Tahun Pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 20 orang anak. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Penelitian ini dilakukan  untuk mengetahui peningkatan kemampuan berbahasa lisan anak dengan menerapkan model pembelajaran talking stick berbantuan media gambar berseri. Data kemampuan berbahasa lisan anak dianalisis menggunakan metode observasi. Data kemudian  dianalisis dengan metode analisis statistik deskriptif dan metode analisis deskriptif kuantitatif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan berbahasa lisan dengan penerapan metode talking stick berbantuan media gambar berseri. Pada siklus I kemampuan berbahasa lisan anak sebesar 55 % yang berada pada kategori rendah ternyata mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 82,5 % tergolong pada kategori tinggi. Jadi terjadi peningkatan Kemampuan berbahasa lisan anak sebesar 27,5 %.

Diterbitkan

2013-07-10

Cara Mengutip

Megawati, N. M. P., Suarni, N. K., & Sulastri, M. (2013). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK BERBANTUAN MEDIA GAMBAR BERSERI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA LISAN. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/paud.v1i1.1040

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama