PENERAPAN METODE TANYA JAWAB BERBANTUAN MEDIA KOTAK MERJAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK PADA ANAK KELOMPOK B SEMESTER II

Penulis

  • Nyoman Sayang
  • Ketut Pudjawan
  • Didith Pramunditya Ambara

DOI:

https://doi.org/10.23887/paud.v1i1.1046

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan kognitif anak khususnya kemampuan penambahan dan pengurangan pada anak TK pada kelompok B di TK Saiwa Dharma Tejakula dengan menerapkan metode tanya jawab berbantuan media kotak merjan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah 20 orang anak kelompok B TK Saiwa Dharma Tejakula semester II tahun pelajaran 2012/2013. Data penelitian tentang kemampuan kognitif khususnya penambahan dan pengurangan dikumpulkan dengan metode observasi dengan instrument berupa lembar format observasi. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan metode analisis statistik deskriptif dan metode analisis statistik kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan terjadi peningkatan kemampuan kognitif setelah penerapan metode tanya jawab berbantuan media kotak merjan. Data pada siklus I khususnya penambahan dan pengurangan adalah sebesar 55,25 % yang berada pada kategori rendah. Setelah pelaksanaan siklus II khususnya penambahan dan pengurangan peneliti mendapatkan data 87 % yang berada pada kategori tinggi. Hasil yang didapatkan pada siklus I jika dibandingkan dengan siklus II menunjukkan adanya peningkatan kemampuan kognitif khususnya penambahan dan pengurangan pada anak sebesar 31,75 %.

Diterbitkan

2013-07-10

Cara Mengutip

Sayang, N., Pudjawan, K., & Ambara, D. P. (2013). PENERAPAN METODE TANYA JAWAB BERBANTUAN MEDIA KOTAK MERJAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK PADA ANAK KELOMPOK B SEMESTER II. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/paud.v1i1.1046

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>