Model Pembelajaran Generatif Berbantuan Media Konkret Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jlls.v3i2.26810Keywords:
generatif, konkret, kompetensi pengetahuan IPA.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh model pembelajaran generatif terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa. Penelitian yang tergolong jenis kuantitatif ini memakai rancangan penelitian berupa nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V dengan jumlah siswa sebanyak 230 orang dari 7 kelas. Menggunakan teknik acak atau cluster random sampling dalam penarikan sampel. Sampel yang digunakan yaitu dengan jumlah siswa sebanyak 32 orang sebagai kelompok eksperimen dan dengan jumlah siswa sebanyak 33 orang sebagai kelompok kontrol. Dalam mengumpulkan data dilakukan dengan metode tes dalam bentuk tes objektif pilihan ganda biasa dengan jumlah soal yang valid yaitu 34 butir. Uji-t digunakan dalam analisis data penelitian ini. Analisis berdasarkan hasil diperoleh data gain skor ternormalisasi thitung = 4,333 taraf signifikansi 5% dan dk = 63 hasilnya memperoleh ttabel = 2,000 sehingga thitung = 4,333 > ttabel = 2,000. Sesuai dengan kriteria pengujian, Ha diterima sedangkan H0 ditolak. Rata-rata nilai kompetensi pengetahuan IPA pada kelompok yang dibelajarkan dengan model pembelajaran generatif berbantuan media konkret mendapatkan hasil yaitu 47,18 sedangkan rata-rata kelompok yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional hasil kompetensi pengetahuan IPAnya yaitu 31,45. Dapat disimpulkan berdasarkan hasil bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran generatif berbantuan media konkret terhadap kompetensi pengetahuan IPA. Model pembelajaran generatif berbantuan media konkret ini merupakan contoh inovasi dalam bidang model dalam pembelajaran inovatif agar mampu mengkontruksi pola pikir siswa melalui pengalaman yang siswa miliki, merangsang rasa ingin tahu siswa serta memberikan peluang kepada siswa untuk meningkatkan keterampilan dalam berproses. Berdasarkan temuan penelitian, penelitian ini disarankan agar dijadikan dalam refrensi untuk melaksanakan penelitian kepada peneliti lain.
References
Agung, A.A Gede. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Aditya Media Publishing
Anjani, S. (2017). MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS BERBASIS TRI HITA KARANA BERPENGARUH TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA. Ejournal : Universitas Pendidikan Ganesha, 5.
Arsyad, Azhar. 2017. Media Pembelajaran. Depok : PT. Rajagrafindo Persada.
Canessia D.Putri, N. M., Ardana, I. K., & Agustika, G. N. S. (2019). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Lingkungan Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas V. Mimbar PGSD, 7(2), 57–64.
Carlucy, N. P. R., Suadnyana, I. N., & Oka Negara, I. G. A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Media Konkret Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ipa. Mimbar Ilmu, 23(2), 162–169. https://doi.org/10.23887/mi.v23i2.16416
Diah Ratna Sari, K. A., Ngurah Wiyasa, K., & Ganing, N. N. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Media Konkret Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ipa. Mimbar Ilmu, 23(2), 104–112. https://doi.org/10.23887/mi.v23i2.16416
Eka Sari, N. L. P., Smara Putra, D. K. N., & Surya Abadi, I. B. . (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Berbasis Lingkungan Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(2), 201–208. https://doi.org/10.23887/jppp.v2i2.15399
Febbriana, I. R. A., Ardana, I. K., & Agustika, G. N. S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Word Square Berbasis Outdoor Study Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa. MIMBAR PGSD Undiksha, 7(2), 149–156.
Huda. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar
Indriyani, D., Mawardi, M., & Wardani, K. W. (2019). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Melalui Model Inkuiri Berbantuan Media Konkret Pada Siswa Kelas 5 Sd Negeri Mangunsari 05 Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Basicedu, 3(1), 27–32. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i1.67
Maryani, S., Sahidu, H., & Sutrio, S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Dengan Metode PQ4R Melalui Scaffolding Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 6(1), 82. https://doi.org/10.29303/jpft.v6i1.1562
Nazifah. (2013). PENGGUNAAN MEDIA KONKRET MENINGKATKAN AKTIVITAS SISWA MATEMATIKA KELAS I SDN 07 SUNGAI SOGA BENGKAYANG. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 2.
Ngalimun. 2017. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Parama
Priansa. 2017. Pengembangan Strategi Dan Model Pembelajaran. Bandung : Pustaka Setia
Rahmadi, I. W. H., Parmiti, D. P., & Widiana, I. W. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual berbantuan Media Kongkret Terhadap Hasil Belajar IPA. Mimbar Ilmu, 23(1). https://doi.org/10.23887/mi.v23i1.16407
Rani, N. M. A. M., Ardana, I. K., & Oka Negara, I. G. A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Berbantuan Lagu Tradisional Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ipa. 24(3), 345–353.
Riyanti, H. (n.d.). Model Pembelajaran Generatif Dan Potensinya Dalam Memberdayakan Kompetensi Abad Ke 21. 95–100.
Rosuli, N., Koto, I., & Rohadi, N. (2019). Pembelajaran Remedial Terpadu Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Generatif Untuk Mengubah Miskonsepsi Siswa Terhadap Konsep Usaha Dan Energi. Jurnal Kumparan Fisika, 2(3), 185–192. https://doi.org/10.33369/jkf.2.3.185-192
Samatowa, Usman. 2018. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Yogyakarta : Indeks
Sasmita, D., Utami, C., & Prihatiningtyas, N. C. (2019). Pemahaman Konsep Matematis Siswa dengan Model Pembelajaran Generatif Berbantuan Alat Peraga Puzzle Pythagoras. 2(2), 62–68.
Selfia, R., Jazuli, L. O. A., & Samparadja, H. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VII SMP Negeri 34 Konawe Selatan. Jurnal Penelitian Matematika, 8(1).
Setyosari. 2015. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Prenadamedia Group
Shoimin. 2017. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media
Sinegar, T., & Nensi, M. (2020). Model Pembelajaran Generatif Terhadap Hasil Belajar Kimia Pada Materi Ikatan Kimia. Jurnal Ilmu Pendidikan Indonesia, 8(1), 1–10. https://doi.org/10.11428/jhej1987.42.189
Sitanggang, W. H., & Simamora, P. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Generative Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Momentum, Impuls Dan Tumbukan. Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika, 8(2), 31–36. https://doi.org/10.24114/inpafi.v7i2.13969
Suastra, I Wayan. 2017. Pembelajaran Sains Terkini. Singaraja-Bali : Universitas Pendidikan Ganesha
Sudijono, Anas. 2013. Evaluasi Pendidikan. Jakarta : CV. Rajawali
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Suryantari, N. M. A., Pudjawan, K., & Wibawa, I. M. C. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Media Benda Konkret terhadap Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar IPA. Jurnal Pendidikan, 3(3), 316–326.
Sutihat, S., Nindiasari, H., & Syamsuri, S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Generatif terhadap Peningkatan Self-Confidence Siswa Ditinjau dari Gaya Kognitif. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 49. https://doi.org/10.30656/gauss.v2i2.1761
Tias, I. W. U. (2017). Penerapan Model Penemuan Terbimbing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Sekolah Dasar. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 1(1), 50–60. https://doi.org/10.20961/jdc.v1i1.13060
Warnida. (2018). 026 Banjar. 4(1), 46–54.
Wira Surya Adnyana, I Kadek. Suadnyana, I Nengah. Semara Putra, D. K. N. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Penguasaan Kompetensi Pengetahuan Ipa Siswa Kelas V Sd Gugus Kapten Kompyang Sujana Kecamatan Denpasar Barat Tahun Ajaran 2016/2017. MIMBAR PGSD Undiksha, 5(3), 1–11. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i3.12432
Wulandari, I. G. A. A., Dantes, N., & Tika, N. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Terhadap Minat Dan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas V SD. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 4(3), 1–10.
Yatmi, H. A., Wahyudi, W., & Ayub, S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Fisika Ditinjau Dari Pengetahuan Awal Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 5(2), 287. https://doi.org/10.29303/jpft.v5i2.1327
Yolanda, F., Akmam, & Yulia Sari, S. (2020). Penggunaan Handout Bermuatan Kecerdasan Komprehensif Pada Model Generative Learning Dalam Pembelajaran Hukum Newton Siswa Kelas X di SMAN 5 Padang Staf Pengajar Jurusan Fisika , FMIPA Universitas Negeri Padang. 13(1), 25–32.
Yupriyanti, N. L., Suadnyana, I. N., & Suniasih, N. W. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Berbantuan Media Konkret Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Sd Gugus 1 Manggis Kecamatan Manggis Kabupaten Karangasem Tahun Ajaran 2014/2015. Mimbar Pgsd, 3(1). http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/4825
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal for Lesson and Learning Studies agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)