Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Pendekatan Saitifik Pada Topik Gaya Listrik Dinamis dan Statis Kelas IV Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.23887/jlls.v3i3.28455Keywords:
Pendekatan Saintifik, Perangkat PembelajaranAbstract
Banyak guru mengalami kesulitan dalam menyusu perangkat pembelajaran yang sesuai dengan yang diharapkan oleh pemerintah sehingga mempengruhi proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan mengembangkan perangkat pembelajaran dengan pendekatan saintifik pada Topik Gaya Listrik Dinamis dan Statis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4-D yang terdiri dari tahap define (pendefinisian), tahap design (perancangan), tahap develop (pengembangan) dan tahap disseminate (penyebaran). Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu observasi, wawancara, dan kuesioner. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah kuesioner. Subyek penelitian ini adalah guru-guru kelas IV SD. Teknik analisis data yang digunakan meliputi analisis validitas isi dan analisis reliabilitas instrumen. Hasil penelitian ini yaitu validitas isi instrumen sebesar 1 yakni pada kategori validitas sangat tinggi, dan uji reliabilitas instrumen sebesar 0.80 pada kategori kuat. Berdasarkan hasil analisis diperoleh simpulan yakni Pengembangan Perangkat Pembelajaran Dengan Pendekatan Saintifik Pada Topik Gaya Listrik Dinamis dan Statik diperoleh validitas isi instrumen dinyatakan valid dan reliabel. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Dengan Pendekatan Saintifik Pada Topik Gaya Listrik Dinamis dan Statik dapat diterapkan oleh guru dalam proses pembelajaran.
References
Abhyasari, N. P., Kusmariyatni, N. N., & Agustiana, I. G. A. T. (2020). Pengaruh Pembelajaran Berpendekatan Saintifik Berbasis Masalah Terhadap Disiplin dan Hasil Belajar IPA. Mimbar PGSD Undiksha, 8(1), 111–122. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i1.24547
Anjarsari, K. Y., Suniasih, N. W., & Sujana, I. W. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Chips Berbasis Tri Hita Karana Terhadap Kompetensi Pengetahuan. Mimbar PGSD Undiksha, 5. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10659
Asta, I. K. R., Agung, A. A. G., & Widiana, I. W. (2015). Pengaruh Pendekatan Saintifik dan Kemampuan Berpikir Kritis terhadap Hasil Belajar IPA. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 3(1), 1–10.
Ayuni, I. A. S., Kusmariyatni, N., & Japa, I. G. N. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Berbantuan Media Question Box Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V. Journal of Education Technology, 3(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jet.v1i3.12503
Handini, O., & Soekirno, S. (2019). Intensitas Pembelajaran Tematik Integratif Melalui Pendekatan Saintifik Di Sd Kestalan Surakarta. Widya Wacana, 14(1). https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Hidayah, A., & Yuberti. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain) Terhadap Keterampilan Proses Belajar Fisika Siswa Pokok Bahasan Suhu Dan Kalor. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 1(1), 21–27. https://doi.org/https://doi.org/10.24042/ijsme.v1i1.2470
Hidayatulloh, M., Humairoh, F., Wachidah, U., Iswati, D. A., & Suliyanah, S. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Untuk Mereduksi miskonsepsi Siswa Pada Materi Rangkaian Listrik Dengan Saintific Approach. Jurnal Penelitian IPA Dan Aplikasinya, 5(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26740/jpfa.v5n1.p28-32
Jaedun, & Nuryadin. (2017). Dampak Pengiring Pembelajaran Pendekatan Saintifik untuk Pengembangan Sikap Spiritual dan Sosial Siswa. Cakrawala Pendidikan, 5(1), 44–56. Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/article/view/12792/pdf
Katimo, Suparmi, & Sukarmin. (2016). Pengaruh Pembelajaran dengan Pendekatan Saintifik Menggunakan Metode Eksperimen dan Demonstrasi terhadap Prestasi dan Kreativitas Ditinjau dari Sikap Ilmiah. Inkuiri: Jurnal Pendidikan IPA, 5(2). https://doi.org/https://doi.org/10.20961/inkuiri.v5i2.9482
Khoeriyah, N., & Mawardi, M. (2018). Penerapan Desain Pembelajaran Tematik Integratif Alternatif Berbasis Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Hasil dan Kebermaknaan Belajar. Mimbar Sekolah Dasar, 5(2), 63. https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v5i2.11444
Lestari, D. N., & Suliyanah. (2020). Validitas Perangkat Pembelajaran Fisika Model Predict-Observe-Explain (POE) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, 09(02), 157–165. Retrieved from https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/inovasi-pendidikan-fisika/article/view/34077/30382
Marwiyati, S., & Istiningsih, I. (2021). Pembelajaran Saintifik pada Anak Usia Dini dalam Pengembangan Kreativitas di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1). https://doi.org/https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.508
Narut, Y. F., & Supradi, K. (2019). Literasi Sains Peserta Didik dalam Pembelajaran IPA di Indonesia. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 3(1), 61–69.
Nugraha, W. S. (2018). Penguasaan Konsep Ipa Siswa SD Dengan Menggunakan Model Problem Based Learning. Eduhumaniora : Jurnal Pendidikan Dasar, 10(2), 115–127. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/eh.v10i2.11907
Nur Utami, K., & Mustadi, A. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Tematik Dalam Peningkatan Karakter, Motivasi, Dan Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 7(1), 14–25. https://doi.org/10.21831/jpk.v7i1.15492
Padmadewi, N. N. (2017). Pengantar Micro Teaching. Depok: Rajawali Pers.
Paut, M. S. (2016). Penerapan Pendekatan Saintifik pada Siswa Kelas IV di SD Pujokusuman 1 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(6), 511–517. Retrieved from http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pgsd/article/view/1238
Qondias, D., Winarta, & Siswanto. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Pendekatan Saintifik pada Mata Kuliah Metodologi Penelitian. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 3(2), 145–148. https://doi.org/doi.org/10.23887/jppp.v3i2.17393
Rusnilawati, R. (2016). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika bercirikan active knowledge sharing dengan pendekatan saintifik kelas VIII. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(2). https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jrpm.v3i2.10633
Salim, A. (2016). Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Pai) Di Madrasah. Cendekia: Jurnal Kependidikan Dan Kemasyarakatan, 12(1). https://doi.org/https://doi.org/10.21154/cendekia.v12i1.362
Salim Nahdi, D., & Cahyaningsih, U. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Sd Kelas V Dengan Berbasis Pendekatan Saintifik Yang Berorientasi Pada Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. Jurnal Cakrawala Pendas, 5(1), 1–7. https://doi.org/10.31949/jcp.v5i1.1119
Santi, I. K. L., & Santosa, H. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Menggunakan Pendekatan Saintifik pada Materi Pokok Geometri Ruang SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1). https://doi.org/https://doi.org/10.21831/pg.v11i1.9673
Septina, N., Farida, & Komarudin. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Dengan Pendekatan Saintifik Berbasis Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal Tatsqif, 16(2), 160–171. https://doi.org/10.20414/jtq.v16i2.200
Sophuan, S. (2018). Peningkatkan Keterampilan Mengajar Guru Smp Mata Pelajaran Ipa Dalam Menerapkan Pendekatan Saintifik. Tadrib: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(2). https://doi.org/https://doi.org/10.19109/tadrib.v4i2.2860
Sudria, I. B. N., Wiratma, I. G. L., & Sembiring, L. K. B. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Saintifik dengan Model Problem Based Learning Melalui Penalaran Induktif pada Topik Laju Reaksi. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 3(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jpk.v3i1.20946
Sugiyono, & Sutopo. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Bandung: Alfabeta.
Suryani, N. K., Renda, N. T., & Wibawa, I. M. C. (2019). Pengaruh Pendekatan Saintifik Berorientasi Tri Kaya Parisudha Terhadap Penguasaan Konsep Ipa Dan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas V Sd Di Gugus Vii Kecamatan Sukasada Kabupaten Buleleng Tahun Pelajaran 2018/2019. Journal of Education Technology, 3(1). https://doi.org/10.23887/jet.v3i1.17962
Sutarto, S. (2017). Dampak Pengiring Pembelajaran Pendekatan Saintifik Untuk Mengembangan Sikap Spiritual Dan Sosial Siswa. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 36(1), 44–56. https://doi.org/10.21831/cp.v36i1.12792
Syofyan, H., & Yuliati. (2017). Pengaruh gaya belajar dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar ipa mahasiswa pgsd universitas esa unggul. Prosiding Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu &Call for Papers Unisbank Ke-3.
Widani, N. K. T., Sudana, D. N., & Agustiana, I. G. A. T. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar IPA Dan Sikap Ilmiah Pada Siswa Kelas V SD Gugus I Kecamatan Nusa Penida. Journal of Education Technology, 3(1), 15–21. https://doi.org/10.23887/jet.v3i1.17959
Widnyani, Dantes, & Tegeh. (2015). Pengaruh Pendekatan Saintifik Terhadap SikapSpiritual Siswa dengan Kovariabel Intensitas Hubungan Dalam Pola Asuh Keluarga. Mimbar PGSD Undiksha, 3(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v3i1.5635
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal for Lesson and Learning Studies agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)