Model Pembelajaran Problem Based Learning Meningkatkan Hasil Belajar Tematik (Muatan Pelajaran IPA) pada Siswa Kelas IV SD

Authors

  • Widya Puspita Dewi Universitas Pendidikan Ganesha
  • Gede Wira Bayu Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Nyoman Arca Aspini Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jlls.v4i2.36859

Keywords:

Problem Based Learning, Hasil Belajar, Muatan Pelajaran IPA

Abstract

Rendahnya hasil belajar tematik (muatan pelajaran IPA) siswa disebabkan oleh kurangnya motivasi siswa terhadap pembelajaran tematik (muatan pelajaran IPA), model pembelajaram yang kurang inovatif dan kurangnya keterkaitan antara materi pembelajaran dengan kehidupan nyata. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar tematik (muatan pelajaran IPA) pada siswa kelas IV. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang  dilaksanakan dalam dua siklus, yang masing-masing siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu: perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengumpulan data, refleksi. Subjek penelitian yaitu siswa kelas IV yang berjumlah 19 orang. Objek penelitian adalah hasil belajar tematik (muatan pelajaran IPA). Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar tematik (muatan pelajaran IPA) siswa kelas IV. Hal ini dibuktikan dari hasil belajar siswa pada prasiklus dengan nilai rata-rata sebesar 56,8 yang berada pada kategori sangat rendah, siklus I dengan nilai rata-rata sebesar 57,9 yang berada pada kategori rendah dan pada siklus II peningkatan rata-rata 71,1 dan ketuntasan belajar 73,9% dengan kategori tinggi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar tematik (muatan pelajaran IPA) siswa kelas IV.

Author Biographies

Widya Puspita Dewi, Universitas Pendidikan Ganesha

Pendidikan Profesi Guru

Gede Wira Bayu, Universitas Pendidikan Ganesha

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Ni Nyoman Arca Aspini, Universitas Pendidikan Ganesha

Pendidikan Profesi Guru

References

Agung, A.A. Gede. 2010. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Singaraja: Fakultas Ilmu Pendidikan Undiksha Singaraja.

Afandi, M. (2014). Pentingnya Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar UNISSULA, 1(1), 1–19. https://doi.org/10.30659/pendas.1.1.1-19.

Anggraeni, S. S., Muchlis, E. E., & Rusdi, R. (2017). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Circ Pada Materi Segitiga Dan Segiempat Kelas Vii Smp Negeri 6 Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 1(1), 94–100. https://doi.org/10.33369/jp2ms.1.1.94-100. DOI: https://doi.org/10.33369/jp2ms.1.1.94-100

Anwar, K., & Jurotun, J. (2019). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa SMA Pada Dimensi Tiga Melalui Model Pembelajaran PBL Berbantuan Alat Peraga. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(1), 94–104. https://doi.org/10.15294/kreano.v10i1.19366. DOI: https://doi.org/10.15294/kreano.v10i1.19366

Aprilyanto, B. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning The Application Of Problem Based Learning Model Based On Student ’ S Learning Activities mandiri Pendahuluan Matematika memegang peranan penting dalam berbagai disiplin ilmu dan memajukan daya pikir manu. 1(2), 139–147. https://doi.org/10.32585/jkp.v1i2.25 . DOI: https://doi.org/10.32585/jkp.v1i2.25

Assegaff, A., & Sontani, U. T. (2016). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berfikir Analitis Melalui Model Problem Based Learning (Pbl). Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 38. https://doi.org/10.17509/jpm.v1i1.3263. DOI: https://doi.org/10.17509/jpm.v1i1.3263

Dapiha, D. D. (2019). “Penerapan Metode Demonstrasi dalam Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Hasil Belajar di Kelas IV SD Negeri 11 Ujan Mas.” Jurnal PGSD, 12(1), 22–27. https://doi.org/10.33369/pgsd.12.1.22-27. DOI: https://doi.org/10.33369/pgsd.12.1.22-27

Diani, R., Saregar, A., & Ifana, A. (2017). Perbandingan Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 7(2), 147–155. https://doi.org/10.26877/jp2f.v7i2.1310. DOI: https://doi.org/10.26877/jp2f.v7i2.1310

Dini Siswani, M., & Suwarno. (2016). PTK (Penelitian Tindakan Kelas) Dengan Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Dan Penulisan Artikel Ilmiah Di SD Negeri Kalisube, Banyumas. Khazanah Pendidikan Jurnal Ilmiah Kependidikan, IX(2), 11. http://jurnalnasional.ump.ac.id/index.php/khazanah/article/view/1062.

Dirgatama, C. H. A., Th, D. S., & Ninghardjanti, P. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Mengimplementasi Program Microsoft Excel Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Administrasi Kepegawaian Di Smk Negeri 1 Surakarta. Jurnal Informasi dan Komunikasi Administrasi Perkantoran, 1(1), 36–53. https://jurnal.uns.ac.id/JIKAP/article/view/19138/15396.

Fauzan, M., Gani, A., & Syukri, M. (2017). Penerapan Model Problem Based Learning Pada Pembelajaran Materi Sistem Tata Surya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 5(1), 27–35. http://jurnal.unsyiah.ac.id/JPSI/article/view/8404/6797.

Fauziah, D. N. (2016). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Ips Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 102–109. https://doi.org/10.17509/jpgsd.v1i1.6550.

Gunantara, G. (2019). Penerapan Strategi Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahahan Masalah Matematis Siswa Kelas IV. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(2), 146–152. https://doi.org/10.15294/kreano.v10i2.19671. DOI: https://doi.org/10.15294/kreano.v10i2.19671

Hajar, N. A. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sosiologi SMA Negeri Kebakkramat. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/sosant/article/view/8449.

Irawati, S. (2020). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Sosiologi. Cakrawala Pedagogik, 4(1), 35–43. https://doi.org/10.51499/cp.v4i1.131. DOI: https://doi.org/10.51499/cp.v4i1.131

Juriah, J., & Zulfiani, Z. (2019). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantu Media Video Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Konsep Perubahan Lingkungan Dan Upaya Pelestarian. Edusains, 11(1), 1–11. https://doi.org/10.15408/es.v11i1.6394. DOI: https://doi.org/10.15408/es.v11i1.6394

Khotimah, K. (2017). Penerapan Model Problem Based Learning Dengan Pendekatan Kontekstual Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Siswa Kelas VIII. Eduscope, 03(02), 23–29. https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/eduscope/article/view/194/170.

Lestari, D. D., Ansori, I., & Karyadi, B. (2017). Penerapan Model Pbm Untuk Meningkatkan Kinerja Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sma. Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi, 1(1), 45–53. https://doi.org/10.33369/diklabio.1.1.45-53. DOI: https://doi.org/10.33369/diklabio.1.1.45-53

Mairani, E. (2017). Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika ( INPAFI ). Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika, 1(1), 7–16. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/inpafi.

Markawira, S., Syah, I., & M, S. (2014). Penerapan Model Problem Based Learning (Pbl) Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah, 2(2). http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/PES/article/view/4679.

Marwati, I. (2020). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Kelas V SDN 7 Konda Indri. Ojs.Uho.Ac.Id, 1(April), 122–129.

Maryati, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Materi Pola Bilangan Di Kelas Vii Sekolah Menengah Pertama. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 63–74. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i1.342. DOI: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i1.342

Mujakir, M. (2017). Kreativitas Guru Dalam Pembelajaran Ipa Di Sekolah Dasar. Lantanida Journal, 3(1), 82. https://doi.org/10.22373/lj.v3i1.1443. DOI: https://doi.org/10.22373/lj.v3i1.1443

Nur, S., Pujiastuti, I. P., & Rahman, S. R. (2016). Efektivitas Model Problem Based Learning (Pbl) terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi Universitas Sulawesi Barat. Saintifik, 2(2), 133–141. https://doi.org/10.31605/saintifik.v2i2.105. DOI: https://doi.org/10.31605/saintifik.v2i2.105

Nurbaeti, N. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Di Sekolah Menengah Pertama. Pedagogos ( Jurnal Pendidikan ), 1(2), 1–10. https://doi.org/10.33627/gg.v1i2.179. DOI: https://doi.org/10.33627/gg.v1i2.179

Rahayu, S. (2017). DIADIK : Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 7(2), 2017 ISSN 2089-483X. 7(2), 98–110.

Rosnah. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil belajar PKn Siswa Sekolah Dasar. 3(4), 705–714.

Sarini, N. K., Sudana, D. N., & Riastini, P. N. (2018). Hasil Belajar Ipa Kelas IV SD di Gugus II Santalia Melalui Tutor Sebaya. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(2), 94. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i2.15486. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v2i2.15486

Suari, N. putu. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Motivasi Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(3), 241. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i3.16138. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v2i3.16138

Surahman. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPA Pokok Bahasan Makhluk Hidup Dan Proses Kehidupan Melalui Media Gambar Kontekstual Pada Siswa Kelas II SD Alkhairaat Towera. 283.

Swari , Putu Kartika Widya, I. M. A. W. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Berbantuan Jobsheet Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pemrograman Web di Kelas X TKJ 4 Smk Negeri 3 Singaraja. Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI), 4(3).

Tembang, Y., Harmawati, D., & Rahajaan, J. P. (2019). Peningkatan Hasil Belajar IPA Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(2), 230. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i2.17643. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v3i2.17643

Trisnawaty, F. (2017). Peningkatkan Hasil Belajar Ipa Melalui Penggunaan Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas Iv Sd. Satya Widya, 33(1), 37. https://doi.org/10.24246/j.sw.2017.v33.i1.p37-44. DOI: https://doi.org/10.24246/j.sw.2017.v33.i1.p37-44

Woa, K. M., Utaya, S., & Susilo, S. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Geografi pada Siswa SMA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian …, 406–411.

Yenni. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Iv Sdn 016 Langgini Kabupaten Kampar Yenni Fitra Surya . 1(1), 38–53. DOI: https://doi.org/10.33578/pjr.v1i1.4375

Downloads

Published

2021-07-12

How to Cite

Dewi, W. P., Bayu, G. W., & Aspini, N. N. A. (2021). Model Pembelajaran Problem Based Learning Meningkatkan Hasil Belajar Tematik (Muatan Pelajaran IPA) pada Siswa Kelas IV SD. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(2), 158–164. https://doi.org/10.23887/jlls.v4i2.36859

Issue

Section

Articles