Modul Elektronik (E-Modul) IPA Bernuansa Emotional Spiritual Quotient (ESQ) mengenai Materi Sistem Reproduksi pada Manusia

Authors

  • Fauziah Hervi Universitas Negeri Padang
  • Ristiono Ristiono Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.23887/jlls.v4i3.35425

Keywords:

e-modul, ESQ, learning IPA, human reproductive system

Abstract

Pendidikan di Indonesia selama ini masih mengutamakan penguasaan aspek intelektual saja. Bahan ajar yang digunakan oleh sekolah adalah buku teks dan Lembar Kerja Siswa (LKPD) yang masih mengutamakan aspek intelektual. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul elektronik (e-module) IPA bernuansa ESQ tentang sistem reproduksi pada manusia yang valid dan praktis. E-modul tersebut divalidasi oleh 2 orang dosen jurusan biologi FMIPA UNP dan 1 orang guru IPA di SMP Pengembangan Laboratorium UNP. Uji kepraktisan dilakukan oleh 1 orang guru IPA dan 25 peserta didik di SMP Pembangunan Laboratorium UNP. Hasilnya, e-modul IPA bernuansa ESQ yang dikembangkan menggunakan 3 tahapan model 4D, yaitu tahap define dengan mendefinisikan istilah pembelajaran menggunakan kurikulum, tahap design dengan merancang komponen e-modul, dan tahap develop yang bertujuan untuk menghasilkan e-modul yang valid dan e-modul praktis. Nilai validitas sebesar 83,89% dengan kriteria valid, kepraktisan oleh guru sebesar 95,83% dengan kriteria sangat praktis dan peserta didik sebesar 90,16% dengan kriteria sangat praktis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul IPA bernuansa ESQ valid dan sangat praktis untuk pembelajaran.

Author Biographies

Fauziah Hervi, Universitas Negeri Padang

Biologi

Ristiono Ristiono, Universitas Negeri Padang

Biologi

References

Afriyanti, M., Suyatna, A., & Viyanti. (2021). Design of e-modules to stimulate HOTS on static fluid materials with the STEM approach. Journal of Physics: Conference Series, 1788(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1788/1/012032. DOI: https://doi.org/10.1088/1742-6596/1788/1/012032

Aprilia, I., & Suryadarma, I. G. P. (2020). E-Module of Mangrove Ecosystem (EMME): Development, Validation, and Effectiveness in Improving Students’ Self-Regulated. Biosfer : Jurnal Pendidikan, 13(1), 114–129. https://doi.org/10.21009/biosferjpb.v13n1.114-129. DOI: https://doi.org/10.21009/biosferjpb.v13n1.114-129

Asriani, P., Sa’dijah, C., & Akbar, S. (2017). Bahan Ajar Berbasis Pendidikan Karakter Untuk Siswa KElas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(11), 1456–1468. https://doi.org/10.17977/jptpp.v2i11.10160.

Astra, I. M., Raihanati, R., & Mujayanah, N. (2020). Development of Electronic Module Using Creative Problem-Solving Model Equipped with Hots Problems on The Kinetic Theory of Gases Material. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 6(2), 181–194. https://doi.org/10.21009/1.06205. DOI: https://doi.org/10.21009/1.06205

Bressington, D. T., Wong, W. kit, Lam, K. K. C., & Chien, W. T. (2018). Concept mapping to promote meaningful learning, help relate theory to practice and improve learning self-efficacy in Asian mental health nursing students: A mixed-methods pilot study. Nurse Education Today, 60(February 2017), 47–55. https://doi.org/10.1016/j.nedt.2017.09.019. DOI: https://doi.org/10.1016/j.nedt.2017.09.019

Buchori, A., & Rahmawati, N. D. (2017). Pengembangan E-Modul Geometri Dengan Pendekatan Matematika Realistik Di Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 26(1), 23–29. https://doi.org/10.17977/um009v26i12017p023. DOI: https://doi.org/10.17977/um009v26i12017p023

Dari, R. W., & Nasih, N. R. (2020). Analisis Keterampilan Proses Sains Mahasiswa Pada Praktikum Menggunakan E-Modul. Edu Sains Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 8(2), 12–21. https://doi.org/10.23971/eds.v8i2.1626. DOI: https://doi.org/10.23971/eds.v8i2.1626

Desyandri, D., Muhammadi, M., Mansurdin, M., & Fahmi, R. (2019). Development of integrated thematic teaching material used discovery learning model in grade V elementary school. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 7(1), 16. https://doi.org/10.29210/129400. DOI: https://doi.org/10.29210/129400

Dwi Lestari, H., & Putu Parmiti, D. P. P. (2020). Pengembangan E-Modul IPA Bermuatan Tes Online Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Journal of Education Technology, 4(1), 73. https://doi.org/10.23887/jet.v4i1.24095. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v4i1.24095

Faidah, N., Masykur, R., Andriani, S., & Lina Herlina. (2019). Realistic Mathematics Education ( Rme ) Sebagai Sebuah Pendekatan Pada Pengembangan Modul Matematika Berbasis Teori Multiple Intelligences Realistic Mathematics Education ( Rme ) As an Approach To Development of Mathematical Module Based on Multiple Intel. Indonesia Journal of Science and Mathematics Education, 02(3), 328–332. https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i3.4396. DOI: https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i3.4396

Hidayah, D. N., & Priscylio, G. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Mandiri Pokok Bahasan Suhu Dan Kalor Menggunakan Software Camtasia. Journal of Teaching and Learning Physics, 4(1), 50–64. https://doi.org/10.15575/jotalp.v4i1.4093. DOI: https://doi.org/10.15575/jotalp.v4i1.4093

Husnulwati, S., Sardana, L., & Suryati, S. (2019). Pengembangan E-Modul Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis Aplikasi Android. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 2(3), 252. https://doi.org/10.23887/ijerr.v2i3.21013. DOI: https://doi.org/10.23887/ijerr.v2i3.21013

Imansari, N., & Sunaryantiningsih, I. (2017). Pengaruh Penggunaan E-Modul Interaktif Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pada Materi Kesehatan dan Keselamatan Kerja. VOLT : Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 2(1), 11–16. https://doi.org/10.30870/volt.v2i1.1478. DOI: https://doi.org/10.30870/volt.v2i1.1478

Istuningsih, W., Baedhowi, B., & Sangka, K. B. (2018). The effectiveness of scientific approach using e-module based on learning cycle 7e to improve students’ learning outcome. International Journal of Educational Research Review, 3(3). https://doi.org/10.24331/ijere.449313. DOI: https://doi.org/10.24331/ijere.449313

Junaida, S., Kusdiyanti, H., & Churiyah, M. (2016). Meningkatkan Percaya Diri dan Hasil Belajar Siswa melalui Pengembangan Modul Mata Pelajaran Memberikan Pelayanan kepada Pelanggan Berbasis Guided Inquiry Siti. Jurnal Pendidikan Bisnis Dan Manajemen, 2(1), 75–93. http://journal2.um.ac.id/index.php/jpbm/article/view/1692.

Khoirudin, M. (2016). Pengembangan Modul Pembelajaran Ipa Biologi Berbasis Inkuiri Pada Materi Interaksi Antar Makhluk Hidup Dengan Lingkungannya. BIOEDUKASI (Jurnal Pendidikan Biologi), 7(2). https://doi.org/10.24127/bioedukasi.v7i2.611. DOI: https://doi.org/10.24127/bioedukasi.v7i2.611

Komikesari, H., Mutoharoh, M., Dewi, P. S., Utami, G. N., Anggraini, W., & Himmah, E. F. (2020). Development of e-module using flip pdf professional on temperature and heat material. Journal of Physics: Conference Series, 1572(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1572/1/012017. DOI: https://doi.org/10.1088/1742-6596/1572/1/012017

Kostiainen, E., Ukskoski, T., Ruohotie-Lyhty, M., Kauppinen, M., Kainulainen, J., & Mäkinen, T. (2018). Meaningful learning in teacher education. Teaching and Teacher Education, 71, 66–77. https://doi.org/10.1016/j.tate.2017.12.009. DOI: https://doi.org/10.1016/j.tate.2017.12.009

Kurniawan, G. E. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Model Problem Solving Untuk Meningkatkan High Order Thinking Skill Pada Pelajaran Ipa Pokok Bahasan Fluida Statis Siswa Kelas Viii Smp N 7 Cirebon Tahun Ajaran 2018/2019. Mangifera Edu, 4(1), 63–72. https://doi.org/10.31943/mangiferaedu.v4i1.531. DOI: https://doi.org/10.31943/mangiferaedu.v4i1.531

Laili, I. (2019). Efektivitas Pengembangan E-Modul Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Instalasi. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 3, 306–315. https://doi.org/10.23887/jipp.v3i3.21840. 306-309.

Logan, R. M., Johnson, C. E., & Worsham, J. W. (2021). Development of an E-learning Module to Facilitate Student Learning and Outcomes. Teaching and Learning in Nursing, 16(2), 139–142. https://doi.org/10.1016/j.teln.2020.10.007. DOI: https://doi.org/10.1016/j.teln.2020.10.007

Mardiana, & Sueb, M. H. I. A. M. (2016). Pengaruh Modul Program KRPL Berbantuan Pembelajaran Berbasis Msalah (PBM) Terhadap Hasil Belajar Kognitif Dan Sikap Peduli Lingkungan Siswa Kelas VII SMPN 18 Malang. Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(1), 25–34. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/6604.

Martha, nia ulfa, & Andini, novita pri. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Cerita Rakyat Kabupaten Banjarnegara. Jurnal Inovasi Pembelajaran, 5(2). https://doi.org/10.22219/jinop.v5i2.9992. DOI: https://doi.org/10.22219/jinop.v5i2.9992

Muzijah, R., Wati, M., & Mahtari, S. (2020). Pengembangan E-modul Menggunakan Aplikasi Exe-Learning untuk Melatih Literasi Sains. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 4(2), 89. https://doi.org/10.20527/jipf.v4i2.2056. DOI: https://doi.org/10.20527/jipf.v4i2.2056

Ningsih, S. Y., & Mahyuddin, N. (2021). Desain E-Module Tematik Berbasis Kesantunan Berbahasa Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 137–149. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1217. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1217

OECD. (2019). PISA 2018 Results (Volume I ) What Students Know and Can Do. OECD Publishing.

Owon, R. A. S. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Berbagai Jenis Teks Bertema Kearifan Lokal Sikka Bagi Siswa SMP. Jurnal Inovasi Pembelajaran, 3(1), 528–541. https://doi.org/10.22219/jinop.v3i1.4318. DOI: https://doi.org/10.22219/jinop.v3i1.4318

Pratiwi, P. H., Nur, H., & Martiana, A. (2017). Pengembangan Modul Mata Kuliah Penilaian Pembelajaran Sosiologi Berorientasi Hots. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 36(2), 201–209. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/cp.v36i2.13123. DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v36i2.13123

Pratono, A., Sumarti, S. S., & Wijayati, N. (2018). Contribution of Assisted Inquiry Model of E-Module to Students Science Process Skill. Journal of Innovative Science Education, 7(1), 62–68. https://doi.org/10.15294/jise.v7i1.20633.

Priyanthi, K. A., Agustini, K., & Santyadiputra, G. S. (2017). Pengembangan E-Modul Berbantuan Simulasi Berorientasi Pemecahan Masalah Pada Mata Pelajaran Komunikasi Data (Studi Kasus : Siswa Kelas XI TKJ SMK Negeri 3 Singaraja). Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI), 6(1), 40. https://doi.org/10.23887/karmapati.v6i1.9267. DOI: https://doi.org/10.23887/karmapati.v6i1.9267

Ratunguri, Y. (2016). Implementasi Metode Pembelajaran Eksperimen untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Mahasiswa PGSD. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 5(2), 137. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v5i2.243. DOI: https://doi.org/10.21070/pedagogia.v5i2.243

Rhosyida, N., & Jailani, J. (2014). Pengembangan Modul Matematika Smk Bidang Seni, Kerajinan, Dan Pariwisata Berbasis Open-Ended Problem Sebagai Implementasi Ktsp. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(1), 35. https://doi.org/10.21831/jrpm.v1i1.2662. DOI: https://doi.org/10.21831/jrpm.v1i1.2662

Rosmawanti, R., Mutaqin, A., & Ihsanudin. (2020). Pengembangan E-Modul dengan Model Pembelajaran Knisley Menggunakan Platform Android sebagai Alternatif Pembelajaran Trigonometri SMA. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 67–76. https://doi.org/10.36709/jpm.v12i2.19057.

Seruni, R., Munawaroh, S., Kurniadewi, F., & Nurjayadi, M. (2020). Implementation of E-module flip PDF professional to improve students’ critical thinking skills through problem based learning. Journal of Physics: Conference Series, 1521(4), 1–6. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1521/4/042085. DOI: https://doi.org/10.1088/1742-6596/1521/4/042085

Suarman, S., Hendripides, H., & Hikmah, N. (2018). Development of Innovative Teaching Materials through Scientific Approach. Journal of Educational Sciences, 2(2), 14–22. https://doi.org/10.31258/JES.2.2.P.14-22. DOI: https://doi.org/10.31258/jes.2.2.p.14-22

Susilo, Agus, Siswandari, & Bandi. (2016). Pengembangan Modul Berbasis Pembelajaran Saintifik untuk Peningkatan Kemampuan Mencipta Siswa dalam Proses Pembelajaran Akuntansi siswa kelas XII SMAN 1 Slogohimo 2014. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 26(1), 50–56. https://journals.ums.ac.id/index.php/jpis/article/view/2127.

Susilo, Aris, Sunarno, W., & Sukarmin, S. (2018). Pembelajaran Fisika Menggunakan Metode Inkuiri Terbimbing Dan Inkuiri Bebas Termodifikasi Berdasarkan Kompendium Al-Qur’an Ditinjau Dari Kedisiplinan Belajar Dan Sikap Ilmiah. INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA, 7(2), 160. https://doi.org/10.20961/inkuiri.v7i2.22966. DOI: https://doi.org/10.20961/inkuiri.v7i2.22966

Syahroni, M. W., Dewi, N. R., & Kasmui. (2016). The Effect of Using Digimon (Science Digital Module) with Scientific Approach at the Visualization of Students’ Independence and Learning Results. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 5(1), 116–122. https://doi.org/10.15294/jpii.v5i1.5800.

Uygarer, R., & Uzunboylu, H. (2017). An investigation of the digital teaching book compared to traditional books in distance education of teacher education programs. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 13(8), 5365–5377. https://doi.org/10.12973/eurasia.2017.00830a. DOI: https://doi.org/10.12973/eurasia.2017.00830a

Weng, F., Ho, H. J., Yang, R. J., & Weng, C. H. (2019). The influence of learning style on learning attitude with multimedia teaching materials. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 15(1), 1–9. https://doi.org/10.29333/ejmste/100389. DOI: https://doi.org/10.29333/ejmste/100389

Weriyanti, W., Firman, F., Taufina, T., Taufina, T., & Zikri, A. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Terpadu dengan Strategi Question Student Have di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 476–483. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.374. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.374

Wijayanti, N. P. A., Damayanthi, L. P. E., Sunarya, I. M. G., & Putrama, I. M. (2016). Pengembangan E-Modul Berbasis Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Simulasi Digital Untuk Siswa Kelas X Studi Kasus di SMK Negeri 2 Singaraja. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 13(2), 184–197. https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v13i2.8526. DOI: https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v13i2.8526

Yilmaz, E., & Korur, F. (2021). The Effects of an Online Teaching Material Integrated Methods on Students’ Science Achievement, Attitude and Retention. International Journal of Technology in Education, 4(1). https://doi.org/10.46328/ijte.79. DOI: https://doi.org/10.46328/ijte.79

Yulian, V. N. (2018). Developing Teaching Materials Using Comic Media to Enhance Students’ Mathematical Communication. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 335(1). https://doi.org/10.1088/1757-899X/335/1/012110. DOI: https://doi.org/10.1088/1757-899X/335/1/012110

Downloads

Published

2021-12-04

How to Cite

Hervi, F., & Ristiono, R. (2021). Modul Elektronik (E-Modul) IPA Bernuansa Emotional Spiritual Quotient (ESQ) mengenai Materi Sistem Reproduksi pada Manusia. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(3), 370–377. https://doi.org/10.23887/jlls.v4i3.35425

Issue

Section

Articles