PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN DESAIN PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MOBIL AVANZA PADA PT. AGUNG AUTOMALL CABANG NEGARA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh dari kualitas produk dan desain produk terhadap keputusan pembelian secara simultan maupun parsial. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif kausal. Sampel dalam penelitian menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel 100 responden. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner, wawancara dan pencatatan dokumen. Teknik analisis data dalam penelitian (1) Uji Instrumen seperti uji reliabilitas dan uji validitas. (2) Uji asumsi klasik seperti uji normalitas, uji multikolinieritas dan uji heterokedastisitas. (3) Uji regresi linier berganda seperti uji F dan uji t. Hasil dari penelitian adalah (1) Ada pengaruh positif dan signifikan secara simultan dari kualitas produk dan desain produk terhadap keputusan pembelian mobil Avanza pada PT. Agung Automall Cabang Negara dengan hasil sumbangan pengaruh sebesar 52,9% serta pengaruh variabel lain sebesar 47,1%. (2) Ada pengaruh positif dan signifikan secara parsial dari kualitas produk terhadap keputusan pembelian mobil Avanza pada PT. Agung Automall Cabang Negara dengan hasil sumbangan pengaruh sebesar 17,3%. (3) Ada pengaruh positif dan signifikan secara parsial dari desain produk terhadap keputusan pembelian mobil Avanza pada PT. Agung Automall Cabang Negara dengan hasil sumbangan pengaruh sebesar 21,8%.Kata Kunci : kualitas produk, desain produk dan keputusan pembelian
This research has a purpose to test the effectiveness of product quality and product design toward the consumers’ in simultaneously or partial. The research design used is causal quantitative research. Moreover, sample in this research was using purposive sampling using 100 respondents as samples. For the data collection methods, this research used questionnaires, interviews and document recording. Furthermore, data analysis techniques in this research were (1) Instrument test such as reliability test and validity test. (2) Classic assumption test such as normality test, multicollinearity test and heterokedasticity test. (3) Multiple linear regression test such as F test and t test. The results of the research were (1) There was a simultaneous and significant influence simultaneously from product quality and product design to purchase decision of Avanza car at PT. Agung Automall specifically branch in Negara city with the contribution of influence of 52.9% and the influence of other variables by 47.1%. (2) There was a positive and partially significant influence of product quality on the decision of purchasing Avanza car at PT. Agung Automall specifically branch in Negara city with the result of contribution of influence of 17.3%. (3) There was partially positive and significant influence of product design to purchase decision of Avanza car at PT. Agung Automall specifically branch in Negara city with a contribution of 21.8%.
keyword : product quality, product design and purchase decision
Published
2018-02-26
How to Cite
., K. B. M. W., ., N. L. W. S. T. S. M., & ., N. N. Y. S. M. . (2018). PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN DESAIN PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MOBIL AVANZA PADA PT. AGUNG AUTOMALL CABANG NEGARA . Jurnal Manajemen Indonesia, 5(2). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JMI/article/view/13572
Issue
Section
Articles