FAKTOR-FAKTOR YANG DIPERTIMBANGKAN KONSUMEN DALAM KEPUTUSAN PEMBELIAN PASTA GIGI CIPTADENT

Authors

  • Made Alit Dwi Adnyana Putra .
  • Ni Nyoman Yulianthini, S.E., M.M. .
  • Drs. Wayan Cipta, M.M. .

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) faktor-faktor yang dipertimbangkan konsumen dalam keputusan pembelian pasta gigi ciptadent, dan (2) faktor yang paling dominan menjadi pertimbangan konsumen dalam keputusan pembelian pasta gigi ciptadent. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Data dikumpulkan dengan kuesioner, kemudian dianalisis dengan analisis faktor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) faktor-faktor yang dipertimbangkan konsumen dalam keputusan pembelian pasta gigi ciptadent adalah faktor kepribadian, faktor psikologis, faktor distribusi, dan faktor kebiasaan, dan (2) faktor yang paling dominan dipertimbangkan konsumen adalah faktor kepribadian dengan nilai eigenvalue tertinggi sebesar 3,223.
Kata Kunci : analisis faktor, kepribadian, psikologis, distribusi, kebiasaan

This study aims to determine (1) the factors considered by consumers in purchasing decisions of ciptadent toothpaste, and (2) the most dominant factor into consumer consideration in the purchase decision of ciptadent toothpaste. This research uses quantitative research type with correlational approach. Data were collected by questionnaire, then analyzed by factor analysis. The results showed that (1) the factors considered by consumers in purchasing ciptadent tooth paste were personal, psychological, distribution, and habit factors, and (2) the most dominant factor considered by consumers was the personal factor with the highest eigenvalue amounted to 3,223.
keyword : factor analysis, personal, psychological, distribution, custom

Published

2018-07-26

How to Cite

., M. A. D. A. P., ., N. N. Y. S. M. ., & ., D. W. C. M. (2018). FAKTOR-FAKTOR YANG DIPERTIMBANGKAN KONSUMEN DALAM KEPUTUSAN PEMBELIAN PASTA GIGI CIPTADENT. Jurnal Manajemen Indonesia, 5(2). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JMI/article/view/15136

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>