Faktor-faktor yang Dipertimbangkan Konsumen dalam Keputusan Pembelian Minyak Rambut Merek Gatsby pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha

Authors

  • I NYOMAN TRI MAHARTA .
  • Ni Luh Wayan Sayang Telagawathi, S.E., M .
  • Ni Nyoman Yulianthini, S.E., M.M. .

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor apa yang menjadi pertimbangan konsumen dalam keputusan pembelian dan faktor mana yang paling dominan yang dipertimbangkan konsumen dalam mengambil keputusan pembelian minyak rambut merek Gatsby di Fakultas Ekonomi, Universitas Pendidikan Ganesha. Subjek dalam penelitian ini adalah konsumen yang pernah menggunakan minyak rambut merek Gatsby. Metode penetuan sampel menggunakan metode purposive sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 110 responden. Penelitian ini merupakan penelitian jenis kuantitatif. Alat analisis data yang digunakan pada penelitian in adalah analisis faktor. Hasil peneltian menunjukkan bahwa fakor yang dipertimbangkan konsumen dalam mengambil keputusan pembelian minyak rambut merek Gatsby yaitu faktor kelompok acuan, faktor gaya hidup, faktor pembelajaran dan faktor umur responden, sedangkan faktor yang paling dominan dipertimbangkan konsumen dalam keputusan pembelian minyak rambut merek Gatsby adalah faktor kelompok acuan.
Kata Kunci : analisis faktor, kelompok acuan, keputusan pembelian

This study aims to analyze what factors that are to be considered for the consumer in making buying decisions of hair oil brand, Gatsby and which factors to be the most dominant for consumer consideration in making buying decisions of hair oil brand, Gatsby in the Economics Faculty, Ganesha University of Education. The subjects of this study were consumers who had used hair oil brand, Gatsby. The method in this study uses purposive sampling method. The sample used in this study were 110 respondents. This research is a quantitative research. The data analysis use in this study is factor analysis. The result of this study shows that the factors that considered by the consumer in making buying decision of hair oil brand, Gatsby are reference group factor, lifestyle factor, learning factor and age factor of respondents, while the most dominant factor considered by consumer in making buying decision of hair oil brand, Gatsby is reference group factor.
keyword : buying decision, factor analysis, reference group

Published

2018-07-27

How to Cite

., I. N. T. M., ., N. L. W. S. T. S. M., & ., N. N. Y. S. M. . (2018). Faktor-faktor yang Dipertimbangkan Konsumen dalam Keputusan Pembelian Minyak Rambut Merek Gatsby pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal Manajemen Indonesia, 5(2). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JMI/article/view/15221

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>