FAKTOR-FAKTOR YANG MENENTUKAN KEPUTUSAN PEMBELIAN PIAGGIO VESPA PADA PT TIARA INDAH ABADI

Authors

  • I Komang Martadinata .
  • Ni Nyoman Yulianthini, S.E., M.M. .
  • Drs. Wayan Cipta, M.M. .

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) Faktor-faktor yang menentukan keputusan pembelian sepeda motor Piaggio Vespa, dan (2) Faktor yang paling dominan menentukan keputusan pembelian sepeda motor Piaggio Vespa. Penelitian ini menggunakan desain kuantitatif berupa jenis atau bentuk penelitian yang menggunakan perhitungan-perhitungan statistik yang dilaksanakan melalui pengumpulan data lapangan pada konsumen yang menggunakan sepeda motor Piaggio Vespa. Data dikumpulkan dengan kuesioner dan dianalisis dengan analisis factor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor yang menentukan keputusan pembelian sepeda motor Piaggio Vespa adalah faktor pribadi yang mencakup gaya hidup, keyakinan diri, ramah lingkungan, situasi ekonomi, mesin, dan motivasi; dan faktor lokasi yang mencakup lokasi, handal, keluarga, varian produk, dan kelompok referensi. Faktor yang paling dominan menentukan keputusan pembelian adalah faktor pribadi dengan nilai eigenvalue sebesar 6,475.
Kata Kunci : keputusan pembelian, lokasi, pribadi

This research aims to analyze: (1) Factors that determine the purchasing decision of Piaggio Vespa motorbikes, and (2) The most dominant factor determines the decision to purchase Piaggio Vespa motorbikes. This study used quantitative design in which the research form and type used statistical calculations carried out through field data collection on consumers using Piaggio Vespa motorbikes. The data were collected by questionnaire, and it’s analyzed by of factors. The results showed that the factors that determine the decision to purchase Piaggio Vespa motorbikes were personal factors such as lifestyle, self-confidence, environment sustainability, economic background, machinery, and motivation; and location factors that included location, capability, family, product variants, and reference groups. Themost dominant factor in determining purchasing decisions was personal factor with an eigenvalue of 6.475.
keyword : location, personal, purchasing decision

Published

2019-07-08

How to Cite

., I. K. M., ., N. N. Y. S. M. ., & ., D. W. C. M. (2019). FAKTOR-FAKTOR YANG MENENTUKAN KEPUTUSAN PEMBELIAN PIAGGIO VESPA PADA PT TIARA INDAH ABADI. Jurnal Manajemen Indonesia, 5(2). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JMI/article/view/18202

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>