FAKTOR-FAKTOR YANG MENENTUKAN KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA TOKO FASHION DI JEJARING MEDIA SOSIAL INSTAGRAM

Authors

  • KOMANG DEVI PERMATA SUCI .
  • Ni Nyoman Yulianthini, S.E., M.M. .
  • Drs. Wayan Cipta, M.M. .

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) Faktor-faktor yang menentukan keputusan pembelian pada toko fashion di jejaring media sosial Instagram, dan (2) Faktor yang paling dominan menentukan keputusan pembelian pada toko fashion di jejaring media sosial Instagram. Penelitian ini menggunakan desain kuantitatif. Data dikumpulkan dengan kuesioner, dan dianalisis dengan analisis faktor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat tiga factor yang dapat menentukan keputusan pembelian pada toko fashion online di jejaring sosial yaitu: (a) faktor psikologis, (b) faktor pribadi, dan (c) faktor sosial. Ketiga faktor mampu menjelaskan pengaruhnya menentukan keputusan pembelian pada toko fashion di jejaring media sosial Instagram, dan ada faktor-faktor diluar model penelitian yang mempengaruhi keputusan pembelian pada toko fashion di jejaring media sosial Instagram. Faktor yang paling dominan dalam menentukan keputusan pembelian adalah faktor psikologis dengan kesesuain produk sebagai variabel yang paling mempengaruhi faktor psikologis.
Kata Kunci : keputusan pembelian, pribadi, psikologis, sosial

This study aims to analyze (1) the factors that determine purchasing decisions in fashion stores on Instagram social media networks, and (2) the most dominant factors determine purchasing decisions at fashion stores on Instagram social media networks. This study uses quantitative design. Data were collected by questionnaire, and analyzed by factor analysis. The results showed that there were three factors that could determine purchasing decisions at online fashion stores on social networks, namely: (a) psychological factors, (b) personal factors, and (c) social factors. The three factors were able to explain their influence in determining purchasing decisions at fashion stores on Instagram social media networks, and there were factors beyond the research model that influenced purchasing decisions at fashion stores on Instagram social media networks. The most dominant factor in determining purchasing decisions is psychological factors with product conformity as the variables that most influence psychological factors.
keyword : personal, psychological, purchase decision, social

Published

2019-07-29

How to Cite

., K. D. P. S., ., N. N. Y. S. M. ., & ., D. W. C. M. (2019). FAKTOR-FAKTOR YANG MENENTUKAN KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA TOKO FASHION DI JEJARING MEDIA SOSIAL INSTAGRAM . Jurnal Manajemen Indonesia, 5(2). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JMI/article/view/19076

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>