FAKTOR-FAKTOR YANG MENENTUKAN KEPUTUSAN PEMBELIAN DI APOTEK KIMIA FARMA 125 SINGARAJA

Authors

  • I Nyoman Wigrha Manggala .
  • Ni Nyoman Yulianthini, S.E., M.M. .
  • Nyoman Dini Andiani, S.St.Par., M.Par. .

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) Faktor-faktor yang menentukan keputusan pembelian di Apotek Kimia Farma 125 Singaraja, dan (2) Faktor yang paling dominan menentukan keputusan pembelian Apotek Kimia Farma 125 Singaraja. Penelitian ini menggunakan desain kuantitatif berupa jenis atau bentuk penelitian yang menggunakan perhitungan-perhitungan statistik yang dilaksanakan melalui pengumpulan data lapangan pada konsumen yang pernah melakukan pembelian di Apotek Kimia Farma 125 Singaraja. Data dikumpulkan dengan kuesioner, dan dianalisis dengan analisis faktor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Faktor-faktor yang menentukan keputusan pembelian di Apotek Kimia Farma 125 Singaraja, yaitu faktor kualitas pelayanan terdiri dari empati, persepsi, kualitas produk, dan keandalan. Faktor promosi terdiri dari variabel kepercayaan iklan dan referensi teman. Faktor harga yang terdiri dari kesesuaian harga dengan kualitas dan berwujud. 2) Faktor yang paling dominan menentukan keputusan pembelian adalah faktor kualitas pelayanan.
Kata Kunci : harga, keputusan pembelian, kualitas pelayanan, promosi

The research aims to analyse: (1) The factors that determine the purchase decision at the pharmacy Kimia Farma 125 Singaraja, and (2) the most dominant factor in determining the purchase decision of Chemical pharmacy Farma 125 Singaraja. This research uses quantitative design of type or form of research using statistical calculations conducted through the collection of field data on consumers who have made a purchase at pharmacy Kimia Farma 125 Singaraja. Data is collected with questionnaires, and analyzed with factor analysis. The results showed that (1) the factors that determine the purchase decision in pharmacy Kimia Farma 125 Singaraja, namely the quality of service factor consists of empathy, perception, product quality, and reliability. The promotion factor consists of ad trust variables and a friend reference. The price factor consists of the conformity of price with quality and tangible. 2) The most dominant factor in determining purchasing decisions is the quality of service factor.
keyword : price, promotion, purchase decision, service quality

Published

2019-07-29

How to Cite

., I. N. W. M., ., N. N. Y. S. M. ., & ., N. D. A. S. M. (2019). FAKTOR-FAKTOR YANG MENENTUKAN KEPUTUSAN PEMBELIAN DI APOTEK KIMIA FARMA 125 SINGARAJA. Jurnal Manajemen Indonesia, 5(2). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JMI/article/view/19127

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>