Faktor-Faktor yang Menentukan Keputusan Pembelian Secara Online di Shopee
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) faktor-faktor yang menentukan keputusan pembelian secara online di Shopee pada mahasiswa jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Undiksha, dan (2) faktor yang paling dominan menentukan keputusan pembelian secara online di Shopee pada mahasiswa jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Undiksha. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data dikumpulkan menggunakan kuesioner dan dianalisis dengan analisis faktor. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Undiksha dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) faktor-faktor yang menentukan keputusan pembelian secara online di Shopee adalah faktor keunggulan, faktor sosial, faktor pribadi, faktor pengetahuan, dan (2) faktor yang dominan menentukan keputusan pembelian secara online di Shopee faktor keunggulan dengan nilai varimax rotation sebesar 44,766%.Kata Kunci : analisis faktor, keunggulan, pengetahuan, pembelian online, sosial
This study aims to determine (1) the factors that determine online purchasing decisions at Shopee toward students of Management Department Faculty of Economics Undiksha, and (2) the most dominant factors determining online purchasing decisions at Shopee toward students of Management Department Faculty of Economics Undiksha. This research uses quantitative research with factor analysis method. The sample in this study is students of Management Department Faculty of Economics Undiksha, with the technique of purposive sampling. Data were collected using a questionnaire and then analyzed with factor analysis. The results of this study indicate that (1) the factors that determine online shopping purchase decisions in Shopee in Undiksha Faculty of Economics majoring students are excellence factors, social factors, personal factors, knowledge factors, and (2) factors the dominant determining online shopping purchasing decisions at Shopee among Undiksha Management Department students is the excellence factor with varimax rotation of 44,766%.
keyword : excellence, factor analysis, knowledge, personal, social
Published
2020-02-27
How to Cite
., K. A. W., ., N. L. W. S. T. S. M., & ., N. N. Y. S. M. (2020). Faktor-Faktor yang Menentukan Keputusan Pembelian Secara Online di Shopee . Jurnal Manajemen Indonesia, 5(2). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JMI/article/view/23817
Issue
Section
Articles