Pengaruh Model Think Talk Write Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Keterampilan Menulis Siswa
DOI:
https://doi.org/10.23887/jp2.v2i1.17621Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran think talk write berbantuan media audio visual terhadap keterampilan menulis siswa kelas III SDN Gugus VIII I Gusti Ketut Pudja tahun ajaran 2017/2018. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan desain penelitian non equivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas III di SDN Gugus VIII I Gusti Ketut Pudja tahun ajaran 2017/2018. Sampel ditentukan dengan teknik random sampling. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas III SDN 5 Panjer sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas III SDN 3 Renon sebagai kelompok kontrol. Data keterampilan menulis siswa dikumpulkan dengan instrumen tes berbentuk uraian. Teknik analisis yang digunakan untuk menganalisis data dalam penelitian adalah teknik analisis statistik inferensial. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh bahwa thitung = 5,025 dan pada taraf signifikansi 5% dengan dk = (44-46) - 2 = 88 diperoleh ttabel = 2,000. Berdasarkan kriteria pengujian thitung = 5,025 > ttabel = 2,000, dan rata-rata ( ) hitung, diketahui bahwa eksperimen (73,32) > kontrol (59,50). Karena thitung > ttabel, maka H0 ditolak yang menyatakan tidak terdapat pengaruh model pembelajaran think talk write berbantuan media audio visual terhadap keterampilan menulis siswa kelas III SDN Gugus VIII I Gusti Ketut Pudja tahun ajaran 2017/2018. Sedangkan Ha dierima yang menyatakan terdapat pengaruh model pembelajaran think talk write berbantuan media audio visual terhadap keterampilan menulis siswa kelas III SDN Gugus VIII I Gusti Ketut Pudja tahun ajaran 2017/2018. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran think talk write berbantuan media audio visual berpengaruh terhadap keterampilan menulis siswa kelas III SDN Gugus VIII I Gusti Ketut Pudja tahun ajaran 2017/2018.
Kata Kunci: think talk write, audio visual, keterampilan menulis.
References
Agung, A. A. Gede. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan. Singaraja: FIP Undiksha.
Arikunto, Suharsimi. 2015. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Asyhar, H. Rayandra. 2012. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi Jakarta.
Asmarine (2016). Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Melalui Model Pembelajaran Menulis Think-Talk-Write (Ttw) Dengan Media Visual Pada Siswa Kelas Iv Sdn Inpres 3 Talise . Jurnal Bahasantodea, Volume 4 Nomor 2, April 2016
Darmawan, Km. Agus. 2017. “Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write Terhadap Keterampilan Menulis Deskripsi Siswa Kelas V”. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, Volume 5, No. 2 (diakses tanggal 18 Januari 2018).
Fatkasari, Dyah. 2017. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write Terhadap Keterampilan Menulis Deskripsi Siswa Kelas IV Sdn Petung Asri 3 Kecamatan Pandaan Kabupaten Pasuruan” Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar FIP Universitas Negeri Surabaya, Volume 5, Nomor 3.
Hasabullah. 2008. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT RajaGafindoPersada.
Huda, Miftahul. 2013. Model-Model Pengajaran Dan Pembelajaran. Yogyakarta: PUSTAKA PELAJAR.
Permata ,Intan (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Talk-Write Terhadap Keterampilan Menulis Argumentasi Siswa Pada Materi Ekosistem . Jurnal Pendidikan Bilogi, Tahun 2017
Ratna ,Setya (2017). Keefektifan Model Pembelajaran Think Talk Write (Ttw) Terhadap Kemampuan Menulis Cerita Ditinjau Dari Minat Menulis Pada Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar . PGSD FKIP Universitas Sebelas Maret ISSN : 2337 – 8786
Setyosari, Punaji. 2015. Metode Penelitian Pendidikan&Pengembangan. Jakarta: Prenadamedia Group.
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yoyakarta: AR-RUZZ MEDIA.
Sudijono, Anas. 2013. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sugiarti, Ni Luh Pt. Yeni. 2014. “Pengaruh Model Pembelajaran TTW (Think Talk Write) Berbantuan Media Gambar Berseri Terhadap Keterampilan Menulis Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD Gugus 1 Kecamatan Kediri Tahun Ajaran 2013/2014”. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, Volume 2, Edisi Januari (diakses tanggal 18 Januari 2018).
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Administrasi. Jakarta: Alfabeta: Bandung.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfa Beta.
Sukardi. 2016. Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: PT Bumi Aksara. .
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.
Tarigan, Henry Guntur. 2013. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Yanuarta ,Lidya (2014). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think, Talk, Write (Ttw) Dengan Teknik Talking Stick Dalam Meningkatkan Karakter Dan Hasil Belajar Ipa-Biologi (Siswa Kelas Vii-E Smp Negeri 2 Kalisat Semester Genap Tahun Ajaran 2012/2013) . Jurnal Pancaran, Vol. 3, No. 3, hal 69-78, Agustus 2014
Downloads
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)