Pengaruh Model Think Talk Write Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Keterampilan Menulis Siswa

Authors

  • Made Desimyari Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FIP Universitas Pendidikan Ganesha
  • I. B. Surya Manuaba Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FIP Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jp2.v2i1.17621

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran think talk write berbantuan media audio visual terhadap keterampilan menulis siswa kelas III SDN Gugus VIII I Gusti Ketut Pudja tahun ajaran 2017/2018. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan desain penelitian non equivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas III di SDN Gugus VIII I Gusti Ketut Pudja tahun ajaran 2017/2018. Sampel ditentukan dengan teknik random sampling. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas III SDN 5 Panjer sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas III SDN 3 Renon sebagai kelompok kontrol. Data keterampilan menulis siswa dikumpulkan dengan instrumen tes berbentuk uraian. Teknik analisis yang digunakan untuk menganalisis data dalam penelitian adalah teknik analisis statistik inferensial. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh bahwa thitung = 5,025 dan pada taraf signifikansi 5% dengan dk = (44-46) - 2 = 88 diperoleh ttabel = 2,000. Berdasarkan kriteria pengujian thitung = 5,025 > ttabel = 2,000, dan rata-rata ( ) hitung, diketahui bahwa eksperimen (73,32) > kontrol (59,50). Karena thitung > ttabel, maka H0 ditolak yang menyatakan tidak terdapat pengaruh model pembelajaran think talk write berbantuan media audio visual terhadap keterampilan menulis siswa kelas III SDN Gugus VIII I Gusti Ketut Pudja tahun ajaran 2017/2018. Sedangkan Ha dierima yang menyatakan terdapat pengaruh model pembelajaran think talk write berbantuan media audio visual terhadap keterampilan menulis siswa kelas III SDN Gugus VIII I Gusti Ketut Pudja tahun ajaran 2017/2018. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran think talk write berbantuan media audio visual berpengaruh terhadap keterampilan menulis siswa kelas III SDN Gugus VIII I Gusti Ketut Pudja tahun ajaran 2017/2018.

 

Kata Kunci: think talk write, audio visual, keterampilan menulis.

 

References

Agung, A. A. Gede. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan. Singaraja: FIP Undiksha.

Arikunto, Suharsimi. 2015. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Asyhar, H. Rayandra. 2012. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi Jakarta.

Asmarine (2016). Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Melalui Model Pembelajaran Menulis Think-Talk-Write (Ttw) Dengan Media Visual Pada Siswa Kelas Iv Sdn Inpres 3 Talise . Jurnal Bahasantodea, Volume 4 Nomor 2, April 2016

Darmawan, Km. Agus. 2017. “Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write Terhadap Keterampilan Menulis Deskripsi Siswa Kelas V”. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, Volume 5, No. 2 (diakses tanggal 18 Januari 2018).

Fatkasari, Dyah. 2017. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write Terhadap Keterampilan Menulis Deskripsi Siswa Kelas IV Sdn Petung Asri 3 Kecamatan Pandaan Kabupaten Pasuruan” Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar FIP Universitas Negeri Surabaya, Volume 5, Nomor 3.

Hasabullah. 2008. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT RajaGafindoPersada.

Huda, Miftahul. 2013. Model-Model Pengajaran Dan Pembelajaran. Yogyakarta: PUSTAKA PELAJAR.

Permata ,Intan (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Talk-Write Terhadap Keterampilan Menulis Argumentasi Siswa Pada Materi Ekosistem . Jurnal Pendidikan Bilogi, Tahun 2017

Ratna ,Setya (2017). Keefektifan Model Pembelajaran Think Talk Write (Ttw) Terhadap Kemampuan Menulis Cerita Ditinjau Dari Minat Menulis Pada Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar . PGSD FKIP Universitas Sebelas Maret ISSN : 2337 – 8786

Setyosari, Punaji. 2015. Metode Penelitian Pendidikan&Pengembangan. Jakarta: Prenadamedia Group.

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yoyakarta: AR-RUZZ MEDIA.

Sudijono, Anas. 2013. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sugiarti, Ni Luh Pt. Yeni. 2014. “Pengaruh Model Pembelajaran TTW (Think Talk Write) Berbantuan Media Gambar Berseri Terhadap Keterampilan Menulis Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD Gugus 1 Kecamatan Kediri Tahun Ajaran 2013/2014”. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, Volume 2, Edisi Januari (diakses tanggal 18 Januari 2018).

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Administrasi. Jakarta: Alfabeta: Bandung.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfa Beta.

Sukardi. 2016. Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: PT Bumi Aksara. .

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Tarigan, Henry Guntur. 2013. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Yanuarta ,Lidya (2014). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think, Talk, Write (Ttw) Dengan Teknik Talking Stick Dalam Meningkatkan Karakter Dan Hasil Belajar Ipa-Biologi (Siswa Kelas Vii-E Smp Negeri 2 Kalisat Semester Genap Tahun Ajaran 2012/2013) . Jurnal Pancaran, Vol. 3, No. 3, hal 69-78, Agustus 2014

Downloads

How to Cite

Desimyari, M., & Manuaba, I. B. S. (2019). Pengaruh Model Think Talk Write Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Keterampilan Menulis Siswa. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 2(1), 141–150. https://doi.org/10.23887/jp2.v2i1.17621

Issue

Section

Articles