Kontribusi Komunikasi Interpersonal dan Self-confidence Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas V SD

Authors

  • N P. Trisya Hani Sagita Universitas Pendidikan Ganesha
  • I. B. Surya Manuaba Universitas Pendidikan Ganesha
  • I B. Gede Surya Abadi Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jp2.v3i3.26539

Abstract

Rendahnya kompetensi pengetahuan IPA siswa disekolah telah menjadi masalah yang harus diperhatikan. Ada banyak faktor yang mempengaruhi, diantaranya adalah komunikasi interpersonal dan self-confidence. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis besaran kontribusi komunikasi interpersonal dan self-confidence terhadap kompetensi pengetahuan IPA kelas V SD. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V yang berjumlah 490 orang siswa. Sampel ditetapkan dari populasi menggunakan teknik proportional random sampling. Jumlah sampel dari populasi ini adalah 210 orang siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode non tes. Data komunikasi interpersonal dan self-confidence diperoleh dengan penyebaran kuesioner dan data kompetensi pengetahuan IPA diperoleh melalui pencatatan dokumen. Uji hipotesis dilakukan dengan teknik analisis regresi linier sederhana dan teknik analisis regresi linier ganda setelah semua uji prasyarat terpenuhi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat kontribusi yang signifikan komunikasi interpersonal terhadap kompetensi pengetahuan IPA dengan kontribusi sebesar 54,1%, terdapat kontribusi yang signifikan self-confidence terhadap kompetensi pengetahuan IPA dengan kontribusi sebesar 47,3%, serta terdapat kontribusi yang signifikan komunikasi interpersonal dan self-confidence terhadap kompetensi pengetahuan IPA dengan kontribusi sebesar 58,5%. Dapat disimpulkan bahwa komunikasi interpersonal dan self-confidence berkonstribusi terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas V.

Author Biographies

N P. Trisya Hani Sagita, Universitas Pendidikan Ganesha

Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

I. B. Surya Manuaba, Universitas Pendidikan Ganesha

Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

I B. Gede Surya Abadi, Universitas Pendidikan Ganesha

Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

References

Afni, R. A., Madihah, H., & Susanto, D. (2017). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Interpersonal Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Assertive Training. An-Nur: Jurnal Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling, 3(3). https://doi.org/10.31602/jmbkan.v3i3.1232

Amri, S. (2018). Pengaruh Kepercayaan Diri (Self-confidence) Berbasis Ekstrakurikuler Pramuka Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Sma Negeri 6 Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 03(02). https://doi.org/10.33449/jpmr.v3i2.7520

Andayani, M., & Amir, Z. (2019). Membangun Self-Confidence Siswa melalui Pembelajaran Matematika. Desimal: Jurnal Matematika, 2(2), 147–153. https://doi.org/10.24042/djm.v2i2.4279

Ardianto, D., & Rubini, B. (2016). Literasi sains dan aktivitas siswa pada pembelajaran IPA terpadu tipe shared. USEJ - Unnes Science Education Journal, 5(1), 1167–1174. https://doi.org/10.15294/usej.v5i1.9650

Dewi, K. K. S., Sedanayasa, G., & Antari, N. N. M. (2014). Kontribusi Kualitas Komunikasi Interpersonal Terhadap Penyesuaian Diri Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Sawan Tahun Pelajaran 2013/2014. JJBK Undiksha, 2(1). http://dx.doi.org/10.23887/jibk.v2i1.3715

Dewi, V. P. (2018). Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Interpersonal Pada Siswa Yang Memiliki Kecenderungan Adiksi Situs Jejaring Sosial. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar, 10(2), 105–114. https://doi.org/10.17509/eh.v10i2.10873

Hasanah, H. (2015). Pengaruh Komunikasi Interpersonal Dalam Menurunkan Problem Tekanan Emosi Berbasis Gender. Sawwa: Jurnal Studi Gender, 11(1). https://doi.org/10.21580/sa.v11i1.1446

Khairiah, K., Wati, M., & Hartini, S. (2015). Hubungan Kepercayaan Diri Dengan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII MTsN Mulawarman Banjarmasin Pada Mata Pelajaran IPA. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 3(3). https://doi.org/10.20527/bipf.v3i3.812

Komara, I. B. (2016). Hubungan antara Kepercayaan Diri dengan Prestasi Belajar dan Perencanaan Karir Siswa SMP. PSIKOPEDAGOGIA Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 5(1). https://doi.org/10.12928/psikopedagogia.v5i1.4474

Mataputun, Y., & Saud, H. (2020). Analisis komunikasi interpersonal dan penyesuaian diri remaja. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 8(1), 32–37. https://doi.org/10.29210/140800

Murtiningsih, M. (2017). Pengaruh Motivasi Belajar, Sarana Belajar, Dan Percaya Diri Terhadap Hasil Belajar Ips Siswa Penerima Bsm (Bantuan Siswa Miskin) Smp Negeri Di Surabaya. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 5(2), 178–191. http://dx.doi.org/10.26740/jepk.v5n2.p178-191

Prasetyo W., A., & Winoto, Y. (2016). Komunikasi Interpersonal Di Kalangan Karyawan Badan Perpustakaan Dan Kearsipan Daerah (Bapusipda) Jawa Barat Dan Hubungannya Dengan Kinerja Tenaga Perpustakaan. Humanus, 12(2), 32. https://doi.org/10.24036/jh.v15i1.6410

Pratiwi, I. D., & Laksmiwati, H. (2016). Kepercayaan Diri dan Kemandirian Belajar Pada Siswa SMA Negeri “X.” Jurnal Psikologi Teori & Terapan, 7(1), 43–49. https://doi.org/10.26740/jptt.v7n1.p43-49

Purnomo, D. P., & Harmiyanto, H. (2016). Hubungan Keterampilan Komunikasi Interpersonal Dan Kepercayaan Diri Siswa Kelas X SMAN 1 Garum Kabupaten Blitar. Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling, 1(2), 55–59. https://doi.org/10.17977/um001v1i22016p055

Putra, H. D., & Putri, W. A. S. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self-Confidence Siswa SMP. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 2(1), 60–70. http://doi.org/10.5281/zenodo.1405918

Ritonga, S. A., & Hasibuan, E. J. (2016). Komunikasi Interpersonal Guru Dan Siswa Dalam Mengembangkan Bakat Dan Kreativitas Anak Autis Di Slb Taman Pendidikan Islam (Tpi). JURNAL SIMBOLIKA: Research and Learning in Communication Study, 2(2). https://doi.org/10.31289/simbollika.v2i2.1030

Sahputra, D., Syahniar, S., & Marjohan, M. (2016). Kontribusi Kepercayaan Diri dan Kecerdasan Emosi terhadap Komunikasi Interpersonal Siswa serta Implikasinya dalam Pelayanan Bimbingan dan Konseling. Konselor, 5(3). https://doi.org/10.24036/02016536554-0-00

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Sujadi, E., Yusuf, A. M., & Marjohan, M. (2016). Hubungan antara Locus Of Control dan Efektivitas Komunikasi antar Pribadi dengan Problem Focused Coping. Konselor, 5(1). https://doi.org/10.24036/02016516490-0-00

Sukardi. 2015. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Supriono, S. (2016). Upaya meningkatkan hasil belajar ilmu pengetahuan alam (IPA) tentang makhluk hidup pada peserta didik kelas III SDN 1 Padaan melalui metode mind mapping. Jurnal Penelitian Pendidikan (JPP), 33(1). https://doi.org/10.15294/jpp.v33i1.7674

Widyastuti, D. A. (2018). Potret interpersonal communication skill mahasiswa calon konselor. Counsellia: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 8(1), 53. https://doi.org/10.25273/counsellia.v8i1.2027

Downloads

Published

2020-10-21

How to Cite

Sagita, N. P. T. H., Manuaba, I. B. S., & Abadi, I. B. G. S. (2020). Kontribusi Komunikasi Interpersonal dan Self-confidence Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas V SD. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 3(3), 315–323. https://doi.org/10.23887/jp2.v3i3.26539

Issue

Section

Articles