Keefektifan Model Realistic Mathematic Education Berbantu Media Manipulatif Terhadap Hasil Belajar Matematika pada Materi Operasi Pecahan

Authors

  • Fadila Nurfi Ardina Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan,Universitas PGRI Semarang
  • Khusnul Fajriyah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan,Universitas PGRI Semarang
  • M. Arief Budiman Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan,Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.23887/jp2.v2i2.17902

Abstract

penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model Realistic Mathematic Education (RME) berbanntu media manipulatif terhadap  hasil belajar pada materi Operasi Pecahan mata pelajaran Matematika siswa kelas V SD Negeri Sendangmulyo 02Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian ini meruapakan penelitian pre-Experimental design dengan jenis One group pretest dan posttest design. Subyek penelitian adalah siswa kelas V A sd negeri Sendangmuly 02  Semarang dengan jumlah 41 siswa.Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa pembelajaran menggunkan model Realistic Mathematic Education (RME)  berbantu media Manipulatif efektif terhadap hasil belajar  pada materi Operasi Pecahan kelas  V SD Negeri Sendangmulyo 02 Semarang. Dilihat dari rata-rata pretest yang awalnya adalah 46 dan setelah melakukan postest rata-rata nilainya adalah 88. Pada saat pretest dari 41 siswa, 22 siswa belum tuntas, setelah melakukan posttest ada 36 siswa tuntas dan 5 siswa belum tuntas. Hal tersebut diperkuat dengan hasil analisis akhir yang telah dilakukan dengan menggunakan uji t bahwa hasil  >  yaitu 7,231 > 1,684 diperoleh 7,231 dengan db=41-1=40 pada taraf signifikan  = 5% diperoleh indeks  = 1,684. Karena  >  maka  ditolak dan  diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar setelah menggunakan model RME  lebih baik sebelum menggunakan model pembelajaran RME.

References

Arikunto, S. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Atun ,Isrok (2016). Pendekatan Realistic Mathematics Education Untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis Dan Disposisi Matematis Siswa . Jurnal Pena Ilmiah: Vol. 1, No. 1 (2016)

Astuti (2018). Penerapan Realistic Mathematic Education (Rme) Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Vi SD . Journal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika Volume 1, No. 1, Mei 2018.

Andriani , Ria (2016). Pendekatan Realistic Mathematics Education Untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis Dan Disposisi Matematis Siswa . Jurnal Pena Ilmiah: Vol. 1, No. 1 (2016)

Dini ,Ayupratiwi (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) Berbantu Lembar Kerja Siswa Berbasis Kontekstual Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Tahun Ajaran 2016/2017 . Jurnal FKIP-Pendidikan Matematika Universitas Nusantara PGRI Kediri.

Dwi ,Yeni (2017). Penerapan Realistic Mathematic Education Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Materi Volume Bangun Ruang Di Sekolah Dasar . Jurnal Cakrawala Pendas Vol. 3 No.2 Edisi Juli 2017.

Hidayah, Isti. 2018. Pembelajaran Matematika Berbantuan Alat Peraga Manipulatif Pada Jenjang Pendidikan Dasar dan Gerakan Literasi Sekolah. PRISMA 1 https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma.

Irawan, E.B., M. Muksar. 2014. Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis SegitigaMenggunakan Pendekatan Matematika Realistik (PMR) pada Siswa Kelas VII-F SMP Negeri 19 Malang/Idalaila. Jurnal (online). Um.ic.id. diakses17 November 2016.

Mulyanti ,Asriana (2017). Pengaruh Pendekatan RME terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa pada Materi Operasi Hitung Campuran di Kelas IV SD IT Adzkia I Padang . Jurnal Didaktik Matematika Vol. 4, No. 1, April 2017

Muncarno (2018). Pengaruh Pendekatan RME terhadap Hasil Belajar Matematika . Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Univ. Muhammadiyah Metro.

Muhsetyo, dkk. 2012. Pembelajaran Matematika SD. Jakarta : Universitas Terbuka.

Muhsetyo, Gatot.dkk. 2007. Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Universita Terbuka.

Nalole, Martianty. 2008. Pembelajaran Pengurangan Pecahan Melalui Pendekatan Realistik Matematik di Kelas V Sekolah Dasar. (online). (ejurnal.ung.ac.id/index.php/JIN/article/download/84 7/789). Diakses 28 Juli 2016

Prima ,Anita (2013). Development Of Long And Square Learning Devices With A Realistic Mathematical Approach Based On Bruner Theory For Student Classy Vii Smp Negeri 1 Palopo . Jurnal Daya Matematis, Volume 1 No. 1 Juli 2013.

Rahayu, Yuliani, Edy Bambang Irawan, Subanji. 2017. PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) BERBANTUAN MEDIA RAINBOW BLOCK PADA PEMBELAJARAN PECAHAN DI SEKOLAH DASAR . Jurnal Pendidikan Dasar, Pascasarjana Universitas Negeri Malang Volume 3 No 2

Sari, E.A.P; Juniati, Dwi dan Patahudin, S.M. 2012. Early Fractions Learning of 3rd Grade Students in SD Laboratorium Unesa. Indo MS. J.M.E Vol.3 No.1 January 2012, pp. 17-28. (files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1078505.pdf). Diakses 14 Juli 2016.

Sugiyono. 2005. Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif,Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sulastri (2016). Upaya Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Matematika Melalui Model Rme (Realistic Mathematics Education) Siswa Kelas Ix A Smp Negeri 04 Bumiayu Semerter 1 Tahun Pelajaran 2013/2014 . Jurnal Pendidikan Matematika Vol 4 No 3, November 2016

Wijaya, Ariyadi. 2012. Pendidikan Matematika Realistic Suatu Alternatif Pendekatan Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu

Yudhistira, C.F. 2015. Penerapan Pendekatan Mathematic Education (RME) berbantuan media manipulative untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Cilumber. Tesis. Universitas Negeri Malang. Tidak Diterbitkan.

Downloads

Published

2019-06-26

How to Cite

Ardina, F. N., Fajriyah, K., & Budiman, M. A. (2019). Keefektifan Model Realistic Mathematic Education Berbantu Media Manipulatif Terhadap Hasil Belajar Matematika pada Materi Operasi Pecahan. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 2(2), 151–158. https://doi.org/10.23887/jp2.v2i2.17902

Issue

Section

Articles