Keefektifan Model Realistic Mathematic Education Berbantu Media Manipulatif Terhadap Hasil Belajar Matematika pada Materi Operasi Pecahan
DOI:
https://doi.org/10.23887/jp2.v2i2.17902Abstrak
penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model Realistic Mathematic Education (RME) berbanntu media manipulatif terhadap hasil belajar pada materi Operasi Pecahan mata pelajaran Matematika siswa kelas V SD Negeri Sendangmulyo 02Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian ini meruapakan penelitian pre-Experimental design dengan jenis One group pretest dan posttest design. Subyek penelitian adalah siswa kelas V A sd negeri Sendangmuly 02 Semarang dengan jumlah 41 siswa.Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa pembelajaran menggunkan model Realistic Mathematic Education (RME) berbantu media Manipulatif efektif terhadap hasil belajar pada materi Operasi Pecahan kelas V SD Negeri Sendangmulyo 02 Semarang. Dilihat dari rata-rata pretest yang awalnya adalah 46 dan setelah melakukan postest rata-rata nilainya adalah 88. Pada saat pretest dari 41 siswa, 22 siswa belum tuntas, setelah melakukan posttest ada 36 siswa tuntas dan 5 siswa belum tuntas. Hal tersebut diperkuat dengan hasil analisis akhir yang telah dilakukan dengan menggunakan uji t bahwa hasil > yaitu 7,231 > 1,684 diperoleh 7,231 dengan db=41-1=40 pada taraf signifikan = 5% diperoleh indeks = 1,684. Karena > maka ditolak dan diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar setelah menggunakan model RME lebih baik sebelum menggunakan model pembelajaran RME.Referensi
Arikunto, S. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Atun ,Isrok (2016). Pendekatan Realistic Mathematics Education Untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis Dan Disposisi Matematis Siswa . Jurnal Pena Ilmiah: Vol. 1, No. 1 (2016)
Astuti (2018). Penerapan Realistic Mathematic Education (Rme) Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Vi SD . Journal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika Volume 1, No. 1, Mei 2018.
Andriani , Ria (2016). Pendekatan Realistic Mathematics Education Untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis Dan Disposisi Matematis Siswa . Jurnal Pena Ilmiah: Vol. 1, No. 1 (2016)
Dini ,Ayupratiwi (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) Berbantu Lembar Kerja Siswa Berbasis Kontekstual Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Tahun Ajaran 2016/2017 . Jurnal FKIP-Pendidikan Matematika Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Dwi ,Yeni (2017). Penerapan Realistic Mathematic Education Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Materi Volume Bangun Ruang Di Sekolah Dasar . Jurnal Cakrawala Pendas Vol. 3 No.2 Edisi Juli 2017.
Hidayah, Isti. 2018. Pembelajaran Matematika Berbantuan Alat Peraga Manipulatif Pada Jenjang Pendidikan Dasar dan Gerakan Literasi Sekolah. PRISMA 1 https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma.
Irawan, E.B., M. Muksar. 2014. Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis SegitigaMenggunakan Pendekatan Matematika Realistik (PMR) pada Siswa Kelas VII-F SMP Negeri 19 Malang/Idalaila. Jurnal (online). Um.ic.id. diakses17 November 2016.
Mulyanti ,Asriana (2017). Pengaruh Pendekatan RME terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa pada Materi Operasi Hitung Campuran di Kelas IV SD IT Adzkia I Padang . Jurnal Didaktik Matematika Vol. 4, No. 1, April 2017
Muncarno (2018). Pengaruh Pendekatan RME terhadap Hasil Belajar Matematika . Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Univ. Muhammadiyah Metro.
Muhsetyo, dkk. 2012. Pembelajaran Matematika SD. Jakarta : Universitas Terbuka.
Muhsetyo, Gatot.dkk. 2007. Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Universita Terbuka.
Nalole, Martianty. 2008. Pembelajaran Pengurangan Pecahan Melalui Pendekatan Realistik Matematik di Kelas V Sekolah Dasar. (online). (ejurnal.ung.ac.id/index.php/JIN/article/download/84 7/789). Diakses 28 Juli 2016
Prima ,Anita (2013). Development Of Long And Square Learning Devices With A Realistic Mathematical Approach Based On Bruner Theory For Student Classy Vii Smp Negeri 1 Palopo . Jurnal Daya Matematis, Volume 1 No. 1 Juli 2013.
Rahayu, Yuliani, Edy Bambang Irawan, Subanji. 2017. PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) BERBANTUAN MEDIA RAINBOW BLOCK PADA PEMBELAJARAN PECAHAN DI SEKOLAH DASAR . Jurnal Pendidikan Dasar, Pascasarjana Universitas Negeri Malang Volume 3 No 2
Sari, E.A.P; Juniati, Dwi dan Patahudin, S.M. 2012. Early Fractions Learning of 3rd Grade Students in SD Laboratorium Unesa. Indo MS. J.M.E Vol.3 No.1 January 2012, pp. 17-28. (files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1078505.pdf). Diakses 14 Juli 2016.
Sugiyono. 2005. Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif,Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Sulastri (2016). Upaya Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Matematika Melalui Model Rme (Realistic Mathematics Education) Siswa Kelas Ix A Smp Negeri 04 Bumiayu Semerter 1 Tahun Pelajaran 2013/2014 . Jurnal Pendidikan Matematika Vol 4 No 3, November 2016
Wijaya, Ariyadi. 2012. Pendidikan Matematika Realistic Suatu Alternatif Pendekatan Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu
Yudhistira, C.F. 2015. Penerapan Pendekatan Mathematic Education (RME) berbantuan media manipulative untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Cilumber. Tesis. Universitas Negeri Malang. Tidak Diterbitkan.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)