Implementasi Ekstrakurikuler Seni Tari ditinjau dari Peserta Didik dan Orangtua

Authors

  • Ani Vandayanti Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang
  • Rasiman Rasiman Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang
  • Mei Fita Asri Untari Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.23887/jp2.v2i2.17906

Abstract

Latar belakang yang mendasari penelitian ini adalah peneliti ingin mengetahui bagaimana implementasi ekstrakurikuler seni tari terhadap tercapainya visi dan misi sekolah yang berhubungan dengan ekstrakurikuler.Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana implementasi ekstrakurikuler seni tari SDN Ngesrep 02 di tinjau dari peserta didik dan orangtua untuk mencapai visi dan misi sekolah yang berhubungan dengan ekstrakurikuler.Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran seni tari dalam kegiatan ekstrakurikuler SDN Ngesrep 02 di tinjau dari peserta didik dan orangtua dalam mencapai visi dan misi sekolah.Penelitian  ini  menggunakan  pendekatan  deskriptif  kualitatif  yang dilakukan  dengan  menguraikan  fakta-fakta  atau  data-data  yang  diperoleh  dari sumber  data.Data dalam penelitian ini diperoleh melalui triangulasi data yaitu observasi, dokumentasi dan wawancara. Hasil wawancara 20 peserta didik dan 15 orangtua menunjukkan bahwa visi dan misi sekolah yang berhubungan dengan ekstrakurikuler seni tari sudah tercapai, melalui ekstrakurikuler seni tari guru dan orangtua sudah melihat bakat yang di miliki peserta didik dan ekstrakurikuler merupakan usaha untuk mengoptimalkan potensi peserta didik di bidang non akademik.

 

References

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Arisyanto, Prasena, Riris Setyo Sundari, Mei Fita Asri Untari. 2018. Pembelajaran Ekstrakurikuler Tari untuk Penanaman Karakter bagi Siswa SD Negeri Gayamsari 02 Semarang. Jurnal Pendidikan dan Kajian Seni Vol. 3 No. 1 Hal. 1-13. http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JPKS/article/view/4062. Diakses 10 November 2018.

Azzet, Akhmad Muhaimin. 2014. Mengembangkan Kecerdasan Sosial bagi Anak. Jogjakarta: Katahati.

Danim, Sudarwan. 2013. Perkembangan Peserta Didik. Bandung: ALFABETA, cv.

Inriyani, Yayan Wahjoedi, Sudarmiatin. 2017. Pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler terhadap Prestasi Belajar IPS melalui Motivasi Belajar. Jurnal Pendidikan, Vol. 2, No. 7 Hal. 955-962. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/. Diakses 10 November 2018.

Jazuli, M. 2016. Peta Dunia Seni Tari. Sukoharjo: CV. Farishma Indonesia.

Marini, Arita.2014. Manajemen Sekolah Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nugraheni, Edlin Yanuar. 2015. Mengenal Gerak Tari Dasar Anak. Yogyakarta: Diendra Kreatif.

Rachmi, Tetty.2018. Keterampilan Musik dan Tari. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Safrina, Andin. 2013. Deteksi Minat Bakat Anak. Yogyakarta: Media Pressindo.

Sinambela, Pardomuan Nauli. 2017. Kurikulum 2013 dan Implementasinya dalam Pembelajaran. Jurnal Generasi Kampus. https://jurnal.unimed.ac.id/ 2012/index.php/gk/article/view/7085. Diakses 10 November 2018.

Soegeng.A.Y. 2009.Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang: FIP IKIP PGRI SEMARANG.

Soegeng.A.Y. 2015.Etika Pancasila. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama.

Soegeng.A.Y. 2018.Filsafat Pendidikan. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama.

Suhaya. 2016. Pendidikan Seni sebagai Penunjang Kreatifitas. Jurnal Pendidikan dan Kajian Seni Vol.1, No.1, Hal. 1-15. http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JPKS/article/viewFile/837/655. Diakses 10 November 2018.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryosubroto, B. 2009.Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sustiawati, Ni Luh, Ni Ketut Suryatini, dan Anak Agung Ayu Mayun Artati. 2017. Pengembangan Desain Pembelajaran Seni Tari di Sekolah Dasar Berbasis Localgenius Knowledge Berpendekatan Integrated Learning. MUDRA Jurnal Seni Budaya Volume 32, Nomor 1 Hal. 197-208. https://media.neliti.com/media/publications/195192-ID. Diakses 10 November 2018.

Suwarno, Wiji. 2009. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jogjakarta: AR-RUZZ MEDIA.

Yediya Langoday Hieronimus Aldo. 2014. Peran Pagelaran Seni Tari Kuda Lumping sebagai Media Komunikasi Budaya dalam Melestarikan Nilai Budaya Tradisional (Studi Pada Pagelaran Seni Tari Karyo Mudho Di Kota Samarinda). eJournal Ilmu Komunikasi Vol. 1 No. 2 Hal. 378-387. https://ejournal.ilkom.fisip-unmul.ac.id/site/wp-content/uploads/2014/03/. Diakses 10 November 2018.

Downloads

Published

2019-06-26

How to Cite

Vandayanti, A., Rasiman, R., & Untari, M. F. A. (2019). Implementasi Ekstrakurikuler Seni Tari ditinjau dari Peserta Didik dan Orangtua. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 2(2), 176–185. https://doi.org/10.23887/jp2.v2i2.17906

Issue

Section

Articles