Implementasi Ekstrakurikuler Seni Tari ditinjau dari Peserta Didik dan Orangtua
DOI:
https://doi.org/10.23887/jp2.v2i2.17906Abstrak
Latar belakang yang mendasari penelitian ini adalah peneliti ingin mengetahui bagaimana implementasi ekstrakurikuler seni tari terhadap tercapainya visi dan misi sekolah yang berhubungan dengan ekstrakurikuler.Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana implementasi ekstrakurikuler seni tari SDN Ngesrep 02 di tinjau dari peserta didik dan orangtua untuk mencapai visi dan misi sekolah yang berhubungan dengan ekstrakurikuler.Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran seni tari dalam kegiatan ekstrakurikuler SDN Ngesrep 02 di tinjau dari peserta didik dan orangtua dalam mencapai visi dan misi sekolah.Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yang dilakukan dengan menguraikan fakta-fakta atau data-data yang diperoleh dari sumber data.Data dalam penelitian ini diperoleh melalui triangulasi data yaitu observasi, dokumentasi dan wawancara. Hasil wawancara 20 peserta didik dan 15 orangtua menunjukkan bahwa visi dan misi sekolah yang berhubungan dengan ekstrakurikuler seni tari sudah tercapai, melalui ekstrakurikuler seni tari guru dan orangtua sudah melihat bakat yang di miliki peserta didik dan ekstrakurikuler merupakan usaha untuk mengoptimalkan potensi peserta didik di bidang non akademik.
Referensi
Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Arisyanto, Prasena, Riris Setyo Sundari, Mei Fita Asri Untari. 2018. Pembelajaran Ekstrakurikuler Tari untuk Penanaman Karakter bagi Siswa SD Negeri Gayamsari 02 Semarang. Jurnal Pendidikan dan Kajian Seni Vol. 3 No. 1 Hal. 1-13. http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JPKS/article/view/4062. Diakses 10 November 2018.
Azzet, Akhmad Muhaimin. 2014. Mengembangkan Kecerdasan Sosial bagi Anak. Jogjakarta: Katahati.
Danim, Sudarwan. 2013. Perkembangan Peserta Didik. Bandung: ALFABETA, cv.
Inriyani, Yayan Wahjoedi, Sudarmiatin. 2017. Pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler terhadap Prestasi Belajar IPS melalui Motivasi Belajar. Jurnal Pendidikan, Vol. 2, No. 7 Hal. 955-962. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/. Diakses 10 November 2018.
Jazuli, M. 2016. Peta Dunia Seni Tari. Sukoharjo: CV. Farishma Indonesia.
Marini, Arita.2014. Manajemen Sekolah Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nugraheni, Edlin Yanuar. 2015. Mengenal Gerak Tari Dasar Anak. Yogyakarta: Diendra Kreatif.
Rachmi, Tetty.2018. Keterampilan Musik dan Tari. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
Safrina, Andin. 2013. Deteksi Minat Bakat Anak. Yogyakarta: Media Pressindo.
Sinambela, Pardomuan Nauli. 2017. Kurikulum 2013 dan Implementasinya dalam Pembelajaran. Jurnal Generasi Kampus. https://jurnal.unimed.ac.id/ 2012/index.php/gk/article/view/7085. Diakses 10 November 2018.
Soegeng.A.Y. 2009.Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang: FIP IKIP PGRI SEMARANG.
Soegeng.A.Y. 2015.Etika Pancasila. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama.
Soegeng.A.Y. 2018.Filsafat Pendidikan. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama.
Suhaya. 2016. Pendidikan Seni sebagai Penunjang Kreatifitas. Jurnal Pendidikan dan Kajian Seni Vol.1, No.1, Hal. 1-15. http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JPKS/article/viewFile/837/655. Diakses 10 November 2018.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suryosubroto, B. 2009.Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Sustiawati, Ni Luh, Ni Ketut Suryatini, dan Anak Agung Ayu Mayun Artati. 2017. Pengembangan Desain Pembelajaran Seni Tari di Sekolah Dasar Berbasis Localgenius Knowledge Berpendekatan Integrated Learning. MUDRA Jurnal Seni Budaya Volume 32, Nomor 1 Hal. 197-208. https://media.neliti.com/media/publications/195192-ID. Diakses 10 November 2018.
Suwarno, Wiji. 2009. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jogjakarta: AR-RUZZ MEDIA.
Yediya Langoday Hieronimus Aldo. 2014. Peran Pagelaran Seni Tari Kuda Lumping sebagai Media Komunikasi Budaya dalam Melestarikan Nilai Budaya Tradisional (Studi Pada Pagelaran Seni Tari Karyo Mudho Di Kota Samarinda). eJournal Ilmu Komunikasi Vol. 1 No. 2 Hal. 378-387. https://ejournal.ilkom.fisip-unmul.ac.id/site/wp-content/uploads/2014/03/. Diakses 10 November 2018.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)