Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa

Authors

  • I Gede Sumertha SD Negeri 3 Banjar Tengah

DOI:

https://doi.org/10.23887/jp2.v2i2.17908

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) dalam meningkatkan hasil belajar IPA Siswa Kelas VI Semester I SD Negeri 3 Banjar Tengah Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dengan rancangan siklustis. Subyek penelitian terdiri dari 27 orang siswa kelas VI.  Objek penelitian yang disasar adalah hasil belajar siswa. Setelah data terkumpul, kemudian dianalisis dengan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil Analisis data dalam penelitian ini menyatakan rerata hasil belajar pada prasiklus sebesar 69,07, siklus I sebesar 74,63, dan siklus II 81,85. Secara berurut dari pasiklus ke siklus I, prasiklus ke siklus II, dan siklus I ke siklus II terjadi peningkatan   sebesar 5,56 poin, 12,78 poin dan 7,22 poin. Demikian pula terdapat peningkatan prosentase siswa yang nilai hasil belajarnya memenuhi KKM dari prasiklus, siklus I, dan siklus II, yaitu 51,85%; 85,19%, dan 88,89%.  Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) dapat meningkatkan hasil belajar IPA Siswa Kelas VI Semester I SD Negeri 3 Banjar Tengah pada tahun pelajaran 2017/2018.

References

Artini (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Ipa Pada Siswa Kelas Vi Sd Inpres 1 Tondo . E-Jurnal Mitra Sains, Volume 4 Nomor 1, Januari 2016

Hartoto, Tri (2016). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (Gi) Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Sejarah . Jurnal Historia Volume 4, Nomor 2, Tahun 2016, Issn 2337-4713 (E-Issn 2442-8728)

Kosasih, H. Djahiri. 1992. Dasar-Dasar Metodologi Pengajaran. Bandung: Lab Pengajaran PMP IKIP Bandung.

Mendiknas. 2006. Permendiknas RI Nomor 22. Jakarta: Mendiknas.

Mendiknas. 2006. Permendiknas RI Nomor 23. Jakarta: Mendiknas.

Mendiknas. 2007. Permendiknas RI Nomor 41. Jakarta: Mendiknas.

Nurkholis (2013). Pendidikan Dalam Upaya Memajukan Teknologi . Jurnal Kependidikan, Vol. 1 No. 1 Nopember 2013

Redhana, I W. 2003. Meningkatkan keterampilan pemahaman konsep dan pemahaman mahasiswa Jurusan Pendidikan Kimia Fakultas Pendidikan MIPA IKIP Negeri Singaraja melalui metode pembelajaran kooperatif dan open-ended laboratory praktikum biokimia I pada tahun akademik 2002/2003. Laporan Penelitian (tidak diterbitkan). IKIP Negeri Singaraja.

Sulastri (2014). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Mata Pelajaran IPS di Kelas V SDN 2 Limbo Makmur Kecamatan Bumi Raya . Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol. 3 No. 1 ISSN 2354-614X

Tirka, I W. 1994. Determinasi Factor Kejelasan Guru Efektifitas Interaksi, dan Lingkungan Belajar Terhadap Self Esteem dan Prestasi Akademis Siswa SMP Negeri Di Bali. Hasil Penelitian (Tidak Dipublikasikan). Singaraja: STKIP Singaraja.

Wahab, Abdul Aziz dan Sapriya. 2011. Teori & Landasan Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Alfabeta.

Wahidin (2018). Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar IPA melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation pada Siswa Kelas V MIN Semanu Gunungkidul . Jurnal Pendidikan Madrasah, Volume 3, Nomor 1, Mei 2018 P-ISSN: 2527-4287 - E-ISSN: 2527-6794

Downloads

Published

2019-06-26

How to Cite

Sumertha, I. G. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 2(2), 195–202. https://doi.org/10.23887/jp2.v2i2.17908

Issue

Section

Articles