Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa
DOI:
https://doi.org/10.23887/jp2.v2i2.17908Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) dalam meningkatkan hasil belajar IPA Siswa Kelas VI Semester I SD Negeri 3 Banjar Tengah Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dengan rancangan siklustis. Subyek penelitian terdiri dari 27 orang siswa kelas VI. Objek penelitian yang disasar adalah hasil belajar siswa. Setelah data terkumpul, kemudian dianalisis dengan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil Analisis data dalam penelitian ini menyatakan rerata hasil belajar pada prasiklus sebesar 69,07, siklus I sebesar 74,63, dan siklus II 81,85. Secara berurut dari pasiklus ke siklus I, prasiklus ke siklus II, dan siklus I ke siklus II terjadi peningkatan sebesar 5,56 poin, 12,78 poin dan 7,22 poin. Demikian pula terdapat peningkatan prosentase siswa yang nilai hasil belajarnya memenuhi KKM dari prasiklus, siklus I, dan siklus II, yaitu 51,85%; 85,19%, dan 88,89%. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) dapat meningkatkan hasil belajar IPA Siswa Kelas VI Semester I SD Negeri 3 Banjar Tengah pada tahun pelajaran 2017/2018.
Referensi
Artini (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Ipa Pada Siswa Kelas Vi Sd Inpres 1 Tondo . E-Jurnal Mitra Sains, Volume 4 Nomor 1, Januari 2016
Hartoto, Tri (2016). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (Gi) Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Sejarah . Jurnal Historia Volume 4, Nomor 2, Tahun 2016, Issn 2337-4713 (E-Issn 2442-8728)
Kosasih, H. Djahiri. 1992. Dasar-Dasar Metodologi Pengajaran. Bandung: Lab Pengajaran PMP IKIP Bandung.
Mendiknas. 2006. Permendiknas RI Nomor 22. Jakarta: Mendiknas.
Mendiknas. 2006. Permendiknas RI Nomor 23. Jakarta: Mendiknas.
Mendiknas. 2007. Permendiknas RI Nomor 41. Jakarta: Mendiknas.
Nurkholis (2013). Pendidikan Dalam Upaya Memajukan Teknologi . Jurnal Kependidikan, Vol. 1 No. 1 Nopember 2013
Redhana, I W. 2003. Meningkatkan keterampilan pemahaman konsep dan pemahaman mahasiswa Jurusan Pendidikan Kimia Fakultas Pendidikan MIPA IKIP Negeri Singaraja melalui metode pembelajaran kooperatif dan open-ended laboratory praktikum biokimia I pada tahun akademik 2002/2003. Laporan Penelitian (tidak diterbitkan). IKIP Negeri Singaraja.
Sulastri (2014). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Mata Pelajaran IPS di Kelas V SDN 2 Limbo Makmur Kecamatan Bumi Raya . Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol. 3 No. 1 ISSN 2354-614X
Tirka, I W. 1994. Determinasi Factor Kejelasan Guru Efektifitas Interaksi, dan Lingkungan Belajar Terhadap Self Esteem dan Prestasi Akademis Siswa SMP Negeri Di Bali. Hasil Penelitian (Tidak Dipublikasikan). Singaraja: STKIP Singaraja.
Wahab, Abdul Aziz dan Sapriya. 2011. Teori & Landasan Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Alfabeta.
Wahidin (2018). Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar IPA melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation pada Siswa Kelas V MIN Semanu Gunungkidul . Jurnal Pendidikan Madrasah, Volume 3, Nomor 1, Mei 2018 P-ISSN: 2527-4287 - E-ISSN: 2527-6794
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)