Pengaruh Persepsi Siswa Setelah Mendapat Pembelajaran Menggunakan Model Course Review Horay Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Tema Lingkungan Sahabat Kita

Authors

  • Elsa Mega Putri Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang
  • Eka Sari Setianingsih Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.23887/jp2.v2i3.19294

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa setelah mendapat pembelajaran menggunakan model course review horay siswa kelas V tema lingkungan sahabat kita. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain Pre Experimental Designs dengan bentuk One Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas V SD N Karangtempel Semarang tahun pelajaran 2018/2019 yang terdiri dari 17 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil angket persepsi siswa menunjukkan sebesar 75.42% dan hasil belajar siswa berdasarkan uji-t diperoleh t_(hitung )> t_(tabel )  yaitu sebesar 4.999 > 2.11. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh persepsi siswa setelah mendapatkan pembelajaran menggunakan model course review horay  terhadap hasil belajar siswa kelas V.

 Kata Kunci: Persepsi, Model course review horay, Hasil Belajar

References

Afidah, Nur, dkk. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Course Reviiew Horay Berbantu Media Accordion Book Untuk mengembangkan Nilai-Nilai Karakter Siswa. Vol.24 No.1 2019.https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/MI/article/view/17407/10471

Arikunto, Suharsimi. 2015. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Dimyati, dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Huda, Miftahul. 2013. Model – Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Kurniasih, Imas, dan Berlin Sani. 2015. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Katapena

Latipah, Eka. 2017. Psikologi Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Robbins, P.Stephen dan Timothy A. Judge. 2012. Perilaku Organisasi. Jakarta: Salemba Empat

Slameto.2013. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta

Soegeng, A.Y. 2015.Dasar-dasar Penelitian. Semarang: IKIP PGRI Semarang Press

Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Suprijono, Agus. 2013. Cooperative Learning. Yogyakarta : Pustaka Belajar

Suryani, Asih. 2016. Pengaruh Pendekatan Course Review Horay (Crh) Terhadap Pemahaman Matematis Dan Motivasi Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar Pada Materi Penjumlahan Dan Pengurangan Bilangan Bulat. Vol. 1, No. 1. Universitas Pendidikan Indonesia. Diakses pada tanggal 25 Oktober 2018.

Undang-undang Republik Indonesia No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Kemendiknas.

Downloads

How to Cite

Putri, E. M., & Setianingsih, E. S. (2019). Pengaruh Persepsi Siswa Setelah Mendapat Pembelajaran Menggunakan Model Course Review Horay Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Tema Lingkungan Sahabat Kita. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 2(3), 386–393. https://doi.org/10.23887/jp2.v2i3.19294

Issue

Section

Articles