Pengaruh Persepsi Siswa Setelah Mendapat Pembelajaran Menggunakan Model Course Review Horay Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Tema Lingkungan Sahabat Kita
DOI:
https://doi.org/10.23887/jp2.v2i3.19294Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa setelah mendapat pembelajaran menggunakan model course review horay siswa kelas V tema lingkungan sahabat kita. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain Pre Experimental Designs dengan bentuk One Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas V SD N Karangtempel Semarang tahun pelajaran 2018/2019 yang terdiri dari 17 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil angket persepsi siswa menunjukkan sebesar 75.42% dan hasil belajar siswa berdasarkan uji-t diperoleh t_(hitung )> t_(tabel ) yaitu sebesar 4.999 > 2.11. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh persepsi siswa setelah mendapatkan pembelajaran menggunakan model course review horay terhadap hasil belajar siswa kelas V.
Kata Kunci: Persepsi, Model course review horay, Hasil Belajar
References
Afidah, Nur, dkk. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Course Reviiew Horay Berbantu Media Accordion Book Untuk mengembangkan Nilai-Nilai Karakter Siswa. Vol.24 No.1 2019.https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/MI/article/view/17407/10471
Arikunto, Suharsimi. 2015. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Dimyati, dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Huda, Miftahul. 2013. Model – Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Kurniasih, Imas, dan Berlin Sani. 2015. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Katapena
Latipah, Eka. 2017. Psikologi Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Robbins, P.Stephen dan Timothy A. Judge. 2012. Perilaku Organisasi. Jakarta: Salemba Empat
Slameto.2013. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta
Soegeng, A.Y. 2015.Dasar-dasar Penelitian. Semarang: IKIP PGRI Semarang Press
Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Suprijono, Agus. 2013. Cooperative Learning. Yogyakarta : Pustaka Belajar
Suryani, Asih. 2016. Pengaruh Pendekatan Course Review Horay (Crh) Terhadap Pemahaman Matematis Dan Motivasi Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar Pada Materi Penjumlahan Dan Pengurangan Bilangan Bulat. Vol. 1, No. 1. Universitas Pendidikan Indonesia. Diakses pada tanggal 25 Oktober 2018.
Undang-undang Republik Indonesia No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Kemendiknas.
Downloads
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)