Studi Evaluasi Implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) dalam Rangka Mewujudkan Budaya Mutu

Authors

  • I Made Pater
  • I Made Yudana
  • Nyoman Natajaya

DOI:

https://doi.org/10.23887/jp2.v3i1.24364

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) efektivitas implementasi SPMI ditinjau dari komponen contex (X1) di SMKN 3 Singaraja; (2) efektivitas pelaksanaan implementasi SPMI ditinjau dari komponen input di SMKN 3 Singaraja; (3) efektivitas implementasi SPMI ditinjau dari komponen process di SMKN 3 Singaraja: (4) efektivitas implementasi SPMI di ditinjau dari komponen product SMKN 3 Singaraja; (5) efektivitas implementasi SPMI ditinjau dari komponen contex (X1), input, process, dan product di SMKN 3 Singaraja; (6) kendala yang menjadi penghambat pelaksanaan implementasi SPMI di SMKN 3 Singaraja; (7) solusi yang dilakukan sehingga implementasi SPMI di SMKN 3 Singaraja dapat lebih efektif. Penelitian dilaksanakan di SMKN 3 Singaraja menggunakan metode evaluasi CIPP. Pengambilan data dengan kuesioner yang diisi oleh 129 responden. Hasil penelitan menunjukkan: (1) efektivitas implementasi SPMI Singaraja ditinjau dari komponen contex (X1) di SMKN 3 Singaraja, masuk skor T positif; (2) efektivitas pelaksanaan implementasi SPMI ditinjau dari komponen input di SMKN 3 Singaraja, masuk skor T negatif; (3) efektivitas implementasi SPMI ditinjau dari komponen process di SMKN 3 Singaraja, masuk skor T positif: (4) efektivitas implementasi SPMI di ditinjau dari komponen product SMKN 3 Singaraja, masuk skor T positif; (5) efektivitas implementasi SPMI ditinjau dari komponen contex (X1), input, process, dan product di SMKN 3 Singaraja berdasarkan skor T pada kuadran Glickman masuk kategori efektif; (6) Kendala yang menjadi penghambat pelaksanaan implementasi SPMI di SMKN 3 Singaraja adalah: (a) belum adanya alokasi dana pasti untuk pelaksanaan PPEPP SPMI yang dikelola mandiri oleh TPMPS dan belum adanya ruang, alat, serta bahan pendukung pelaksanaan PPEPP; (7) Solusi yang dilakukan sehingga implementasi SPMI di SMKN 3 Singaraja dapat lebih efektif adalah: (1) mengalokasikan anggaran khusus untuk pelaksanaan PPEPP SPMI di SMKN 3 Singaraja yang dapat dikelola secara mandiri oleh TPMPS dan Menyediakan ruang, alat, dan bahan yang mendukung pelaksanaan PPEPP oleh TPMPS

References

Agung, A.A. Gede dan W. Koyan. 2016. Evaluasi Program Pendidikan (Fungsi Manajemen Kontrol). Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Agung, A.A. Gede. 2016. Statistika Dasar untuk Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish

Agung, A.A. Gede. 2017. Evaluasi Pendidikan (Edisi-4). Singaraja: Undiksha.

Agung, A.A. Gede. 2017a. Statistika Inferensial untuk Pendidikan (Disertai Aplikasi SPSS). Singaraja: Undiksha.

Agung, A.A. Gede. 2018. Metodologi Penelitian Kuantitatif (Perspektif Manajemen Pendidikan). Singaraja: Undiksha.

Sodiq, R. 2017. Evaluasi penjaminan mutu pendidikan Di SMK Negeri 1 Magelang. Skripsi.Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif UNY.

Simarmata, J. 2015. Analisis Implementasi Penjaminan Mutu Di Sma Negeri 3 Kota Jambi. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, Vol.15, No.4: 54-62.

Kemendikbud. 2018. Perangkat Instrumen Pemetaan Mutu Pendidikan Dasar dan Menengah Tingkat Sekolah Kejuruan. Jakarta: Dirjen PDM.

Kemendikbud. 2016. Pedoman Umum Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Dasar dan mengengah. Jakarta: Dirjen PDM.

Permendikbud. 2018. Standar Nasional Pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan dan Madrasah Aliyah Kejuruan. E-book diunduh dari jdih.kemdikbud.go.id.

Puspita, A.C. 2017. Implementasi Penjaminan Mutu Di Sekolah Dasar Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta. Skripsi (tidak diterbitkan): Prodi PGSD Universitas Muhamadyah Surakarta.

Wahyujaya, Koesmaryono yonny, dan Yulianda Fredinan. 2015. Kajian sistem pembelajaran sebagai upaya peningkatan sistem penjaminan mutu (jurnal kependidikan, Volume 45, Nomor 1, Mei, Halaman 90-104). Bogor: Institut Pertanian.

Yuniarini, P. Dina. 2019. Evaluasi Efektivitas Penggunaan Dana Bantuan Operasional Penyelenggaraan (BOP) Paket C Pada Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) WIdya Santana Kabupaten Badung Tahun 2018. Tesis. Singaraja: Prodi AP Pascasarjana Undiksha.

Downloads

Published

2020-04-11

How to Cite

Pater, I. M., Yudana, I. M., & Natajaya, N. (2020). Studi Evaluasi Implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) dalam Rangka Mewujudkan Budaya Mutu. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 3(1), 95–103. https://doi.org/10.23887/jp2.v3i1.24364

Issue

Section

Articles