Pengaruh Bimbingan Berkelanjutan Terhadap Kemampuan Melaksanakan Asesmen Autentik pada Guru

Authors

  • Ni Nyoman Srinadi
  • .A. Gede Agung
  • I Made Yudana

DOI:

https://doi.org/10.23887/jp2.v3i1.24365

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh bimbingan berkelanjutan terhadap kemampuan melaksanakan penilaian autentik pada guru TK di Kecamatan Banjar. Metode penelitian menggunakan Nonequivalen Post Test Only control group design. Populasi penelitian sebanyak 77 guru PAUD yang tersebar dalam 23 PAUD yang ada di Kecamatan Banjar. Pengambilan sampel dilakukan secara acak 38 nama pertama sebagai kelompok eksperimen dan 38 sisanya sebagai kelompok kontrol. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah diklat  bimbingan berkelanjutan sedangkan variabel terikatnya adalah kemampuan melaksanakan asesemen autentik yang mengukur langsung prilaku peserta didik. Data penelitian dikomputasi analisis statistik deskriptif dan uji t menggunakan software  IBM SPSS 26 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan bimbingan berkelanjutan terhadap kemampuan melaksanakan penilaian autentik pada guru TK di Kecamatan Banjar (t hitung 15,447; P 0,000<0,05). Nilai rerata kemampuan melaksanakan asesmen autentik kelompok eksperimen (81,16) jauh lebih baik dibandingkan kelompok kontrol (40,00). Berdasarkan hal tersebut disarankan guru PAUD sebaiknya diberikan bimbingan berkelanjutan untuk meningkatkan kemampuan melaksanakan asesmen autentik. Peneliti selanjutnya dapat mengimplementasikan bimbingan berkelanjutan untuk meningkatkan kemampuan gurun lainya misalnya kompetensi prosesional, social, pribadi, dan pedagogik guru untuk PAUD maupun sekolah pada level lainnya.

References

Reniasih, G.N. 2020. Penerapan Bimbingan Berkelanjutan untuk Meningkatkan Kemampuan Melaksanakan Asesmen Autentik pada Guru di SD. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, Vol. 4 No. 1: 46-52.

Agung, A.A. Gede dan W. Koyan. 2016. Evaluasi Program Pendidikan (Fungsi Manajemen Kontrol). Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Agung, A.A. Gede. 2016. Statistika Dasar untuk Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish.

Agung, A.A. Gede. 2017. Evaluasi Pendidikan (Edisi-4). Singaraja: UNDIKSHA.

Agung, A.A. Gede. 2017a. Statistika Inferensial untuk Pendidikan (Disertai Aplikasi SPSS). Singaraja: UNDIKSHA.

Agung, A.A. Gede. 2018. Metodologi Penelitian Kuantitatif (Perspektif Manajemen Pendidikan). Singaraja: UNDIKSHA.

Allen, Mary, J., & Yen, Wendy, J 1979. Introduction to measurement theory. California: Brooks/Cole Publishing Company.

Andersen, L. W., & Krathwohl. 2001. A Taxonomy for learning, teaching and assessment. Boston: Longman.

Arikunto, Suharsimi. 2004. Dasar-Dasar Supervisi. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Asmani, Jamal Ma’mur. 2012. Tips Efektif Supervisi Pendidikan Sekolah, Jogjakarta: DIVA Press.

Bafadal, Ibrahim. 1992. Supervisi Pengajaran: Teori dan Aplikasinya Dalam Membina Profesional Guru. Jakarta: Bumi Aksara.

Barnawi., dan Arifin, Mohammad. 2012. Kinerja Guru Profesional: Instrumen Pembinaan, Peningkatan & Penilaian, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Berk, R. A. 1986. Performance assessment. Baltimore: The John Hopkins University Press.

Bluman, Alan G. 2012. Elementary Statistic: Step by Step Aproach, 8th Ed. Amerika: McGraw-Hill.

Candiasa, I M. 2010. Statistik Univariat dan Bivariat Disertai Aplikasi SPSS. Singaraja: Unit Penerbitan UNDIKSHA.

Danim, Sudarwan. 2013. Profesionalisasi dan Etika Profesi Guru. Bandung: Alfabeta.

Dantes, N. 2008. Hakikat Asesmen Otentik Sebagai Penilaian Proses Dan Produk Dalam Pembelajaran Yang Berbasis Kompetensi. Makalah disampaikan pada In House Training (IHT) SMA N 1 Kuta Utara 22 Mei 2008.

Daradjat, Zakiah. 2011. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

Depdiknas, Standar Kompetensi Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Sekolah Menengah Pertama dan Madrasah Tsanawiyah, Jakarta: Depdiknas, 2003.

Djemari Mardapi. 2012. Pengukuran, penilaian, dan evaluasi pendidikan. Yogyakarta: Medica Publishing.

Faisyal Mahdi. 2014. Pelaksanaan supervisi klinis pada guru bidang studi rumpun agama Islam di Madrasah Tsanawiyah Darul Ma’arif Pringapus Kab. Semarang tahun pelajaran 2013/2014. Skripsi pada S1 Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Salatiga.

Fathurrohman, Pupuh., dan Suryana, Aa. 2012. Guru Profesional. Bandung: PT RefikA. Aditama.

Gunawan, Ari H. 1996. Administrasi Sekolah: Administrasi Pendidikan Mikro. Jakarta: PT Rineka Ciptas.

H. Makawimbang, Jerry. 2013. Supervisi Klinis Teori dan Pengukurannya: Analisis di. Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Haladyna, Thomas. M. 1997. Writing test items to evaluate higher order thinking. Boston: Allyn and Bacon.

Hamalik, Oemar. 2009. Perencanaan Pengajaran: Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: Bumi Aksara.

Hendra Faizal. 2006. “Supervisi Klinis dalam Mengantisipasi Konflik di SMP Islamiyah Sawangan Depok”, Skripsi pada S1 UIN Syarif Hidayatullah Jakarta: UIN Hidayatulah.

Johnson, D. W., & Johnson, R. T. 2002. Meaningful assessment. Boston:: Allen & Bacon.

Kartino, Kartini. 2007. Menyiapkan dan Memadukan Karir, Jakarta: CV Rajawali, 1985. Kunandar. Guru Profesional: Implementasi KTSP dan Sukses dalam Sertifikasi Guru, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Koyan, I W. 2007. Statistik Terapan (Teknik Analisis Data Kuantitatif). Singaraja: Prodi PEP PASCA Sarjana UNDIKSHA.

Koyan, I Wayan. 2009. Buku Ajar: Statistik Dasar dan Lanjut (Teknik Analisis Data Kuantitatif). Singaraja:Prodi PEV Pasca Sarjana UNDIKSHA.

Majid, Abdul., dan Andayani, Dian. 2004. Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi. 20 Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mangkunegara, A.A. Anwar Prabu. 2004. Evaluasi Kinerja SDM, Bandung: PT Refika.

Masaong, Abd. Kadim. 2013. Supervisi Pembelajaran dan Pengembangan Kapasitas Guru: Memberdayakan Pengawas Sebagai Gurunya Guru, Bandung: Alfabeta.

Nitko, J. Anthony., Brookhart, Susan. M. 2007. Educational assessment of students.Singapore: Pearson Merril Prentice Hall.

O’malley, J. Michael., Pierce, Valdez. Lorraine. 1996.Authentic assessment for English language learners. USA. Addition Wesley Publishing Company.

O’Malley, J.M. & Valdez Pierce, L. 1996. Authentic Assessment for English Language Learners. New York: Addison-Wesley Publishing Company.

Pidarta, Made. Supervisi Pendidikan Kontekstual, Jakarta: Rineka Cipta, 2009.

Pidarta, Made. 1992. Pemikiran Tentang Supervisi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Popham, W.J. 1995. Classroom Assessment, What Teachers Need to Know. Boston: Allyn and Bacon.

Purwanto, Ngalim. 1992. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rolheiser, C. & Ross, J. A. 2005. Student Self-Evaluation: What Research Says and What Practice Shows. Internet download.

Wyaatt III, R.L. & Looper, S. 1999. So You Have to Have A Portfolio, a Teacher’s Guide to Preparation and Presentation. California: Corwin Press Inc.

Kemendikbud. 2015. Petunjuk Teknis Penyelenggaraan Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Kemendikbud Dirjen PAUD

Downloads

Published

2020-04-11

How to Cite

Srinadi, N. N., Agung, .A. G., & Yudana, I. M. (2020). Pengaruh Bimbingan Berkelanjutan Terhadap Kemampuan Melaksanakan Asesmen Autentik pada Guru. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 3(1), 84–94. https://doi.org/10.23887/jp2.v3i1.24365

Issue

Section

Articles