Hubungan Kedisiplinan Belajar dan Motivasi Belajar dengan Cara Belajar Peserta Didik
DOI:
https://doi.org/10.23887/jp2.v3i1.24436Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kedisiplinan belajar dan motivasi belajar dengan cara belajar. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto untuk menggambarkan hubungan variabel independen (kedisiplinan belajar dan motivasi belajar dengan cara belajar) terhadap variabel dependen (cara belajar). Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode ex post facto. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas VIII SMP N 1 Kandangserang Pekalongan dengan jumlah 120 siswa. Kelas VIII A-D masing-masing diambil 5 orang dipergunakan untuk try out. Sampel dalam penelitian ini adalah 88 siswa kelas VIII SMP N 1 Kandangserang Pekalongan yang diambil dengan teknik proportional random sampling. Alat pengumpulan data yang dipergunakan adalah skala kedisiplinan belajar, dan motivasi belajar dengan cara belajar. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP N 1 Kandagserang Pekalongan, sampel penelitian ini dipilih secara acak (Propotionate Random Sampling). Jenis data penelitian ini adalah data interval yang diperoleh dengan penyebaran skala likert. Hasil uji yang telah dilakukan mempunyai hasil sebesar 0,000. Hal ini menunjukkan bahwa nilai Sig.<α atau 0,000 <0,05 , sehingga dapat ditarik kesimpulan terdapat hubungan yang signifikan antara kedisiplinan belajar dan motivasi belajar dengan cara belajar siswa kelas VIII SMP N 1 Kandangserang Pekalongan.References
Amirudin. 2019. Penerapan Pendekatan VCT ( Value Clarification Teaching ) Untuk Meningkatkan Kedisiplinan dan Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas V SDN Telaga WaruKec. Praya, Kab. Lombok Tengah. Jurnal Ilmiah Mandala Education. Vol:5 No.1
Arikunto, Suharsini. 2010. Prosedur Penilaian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta
Dwi, Hera. 2017. Pengaruh Cara Belajar dan Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Mengelola Peralatan Kantor Kelas X Administrasi Perkantoran SMK Batik 1 Surakarta. Vol: 1 No.1
Meriyanti. 2018. Hubungan Cara Belajar dengan Minat Belajar Siswa Kelas VIII MTs Ash-Shohibiyah Bangun Purba Kabupaten Rokan Hulu Provinsi Riau. Instructional Development Journal. Vol:1 No.2
Puspita, Bella . 2017. Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa Melalui Manajemen Kelas. Vol:2 No.2
Rahmayanti, Vina. 2010. Pengaruh Minat Belajar Siswa dan Persepsi atas Upaya Guru dalam Memotivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa SMP di Depok. Vol:1 No.2
Sari, Indah. 2018. Motivasi Belajar Mahasiswa Program Studi Manajemen Dalam Penguasaan Ketrampilan Berbicara Bahasa Inggris. Jurnal Manajemen Tools. Vol:9 No.1
Sukardi, Jusuf. 2012. Pengantar Metodologi Penelitian. Jakarta: Mitra Wacana Media
Wahab, Rohmalina. 2015. Psikoogi Belajar.Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Wandi, Hamzan. 2016. Hubungan Kedisiplinan Belajar Siswa Dengan Cara Belajar Pada Mata Pelajaran Teknik Landasan Dasar di SMK Muhammadiyah 1 Padang. Vol:2 No.1
Yuliyantika, Siska. 2017. Analisis Faktor-faktor yang Memepengaruhi Disiplin Belajar Siswa KelasX,XI dan XII di SMA Bhakti Yasa Singaraja. Vol:9 No.1
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)