Hubungan Kedisiplinan Belajar dan Motivasi Belajar dengan Cara Belajar Peserta Didik

Authors

  • Yoga Pratama Putra Universitas Pendidikan Ganesha
  • M.Th.S.R. Retnaningdyastuti
  • Agus Setiawan

DOI:

https://doi.org/10.23887/jp2.v3i1.24436

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kedisiplinan belajar dan motivasi belajar dengan cara belajar. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto untuk menggambarkan hubungan variabel independen (kedisiplinan belajar dan motivasi belajar dengan cara belajar) terhadap variabel dependen (cara belajar). Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode ex post facto. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas VIII SMP N 1 Kandangserang Pekalongan dengan jumlah 120 siswa. Kelas VIII A-D masing-masing diambil 5 orang dipergunakan untuk try out. Sampel dalam penelitian ini adalah 88 siswa kelas VIII SMP N 1 Kandangserang Pekalongan yang diambil dengan teknik proportional random sampling. Alat pengumpulan data yang dipergunakan adalah skala kedisiplinan belajar, dan motivasi belajar dengan cara belajar. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP N 1 Kandagserang Pekalongan, sampel penelitian ini dipilih secara acak (Propotionate Random Sampling). Jenis data penelitian ini adalah data interval yang diperoleh dengan penyebaran skala likert. Hasil uji yang telah dilakukan mempunyai hasil sebesar 0,000. Hal ini menunjukkan bahwa nilai Sig.<α atau 0,000 <0,05 , sehingga dapat ditarik kesimpulan terdapat hubungan yang signifikan antara kedisiplinan belajar dan motivasi belajar dengan cara belajar siswa kelas VIII SMP N 1 Kandangserang Pekalongan.

References

Amirudin. 2019. Penerapan Pendekatan VCT ( Value Clarification Teaching ) Untuk Meningkatkan Kedisiplinan dan Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas V SDN Telaga WaruKec. Praya, Kab. Lombok Tengah. Jurnal Ilmiah Mandala Education. Vol:5 No.1

Arikunto, Suharsini. 2010. Prosedur Penilaian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta

Dwi, Hera. 2017. Pengaruh Cara Belajar dan Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Mengelola Peralatan Kantor Kelas X Administrasi Perkantoran SMK Batik 1 Surakarta. Vol: 1 No.1

Meriyanti. 2018. Hubungan Cara Belajar dengan Minat Belajar Siswa Kelas VIII MTs Ash-Shohibiyah Bangun Purba Kabupaten Rokan Hulu Provinsi Riau. Instructional Development Journal. Vol:1 No.2

Puspita, Bella . 2017. Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa Melalui Manajemen Kelas. Vol:2 No.2

Rahmayanti, Vina. 2010. Pengaruh Minat Belajar Siswa dan Persepsi atas Upaya Guru dalam Memotivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa SMP di Depok. Vol:1 No.2

Sari, Indah. 2018. Motivasi Belajar Mahasiswa Program Studi Manajemen Dalam Penguasaan Ketrampilan Berbicara Bahasa Inggris. Jurnal Manajemen Tools. Vol:9 No.1

Sukardi, Jusuf. 2012. Pengantar Metodologi Penelitian. Jakarta: Mitra Wacana Media

Wahab, Rohmalina. 2015. Psikoogi Belajar.Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Wandi, Hamzan. 2016. Hubungan Kedisiplinan Belajar Siswa Dengan Cara Belajar Pada Mata Pelajaran Teknik Landasan Dasar di SMK Muhammadiyah 1 Padang. Vol:2 No.1

Yuliyantika, Siska. 2017. Analisis Faktor-faktor yang Memepengaruhi Disiplin Belajar Siswa KelasX,XI dan XII di SMA Bhakti Yasa Singaraja. Vol:9 No.1

Downloads

Published

2020-04-16

How to Cite

Pratama Putra, Y., Retnaningdyastuti, M., & Setiawan, A. (2020). Hubungan Kedisiplinan Belajar dan Motivasi Belajar dengan Cara Belajar Peserta Didik. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 3(1), 130–137. https://doi.org/10.23887/jp2.v3i1.24436

Issue

Section

Articles