Penggunaan Teknik Think Pair Share dan Teknik Index Card Match Dalam Lesson Study Mampu Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Authors

  • Ketut Rosita Dewi Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Ketut Dharsana Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jp2.v3i2.26554

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan yang signifikan terhadap hasil belajar tematik siswa kelas VA SD, setelah mendapatkan perlakuan berupa teknik think pair share dan teknik index card match melalui lesson sudy dengan kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan teknik konvensional. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian quasi eksperimen dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah Randomized Control Trials (RCTs). Adapun populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VA SD. Pemilihan siswa pada kelompok eksperimen dan kontrol dilakukan dengan cara random sehingga masing-masing kelompok baik kelompok eksperimen dan kelompok kontrol mendapatkan siswa sebanyak 13 orang. Data hasil belajr tematik siswa dikumpulkan dengan menggunakan instrumen tes berbentuk tes pilihan ganda yang berjumla 30 butir soal. Analisis data menggunakan uji-t dengan rumus Levenes Test. Rata-rata hasil belajar tematik siswa pada kelompok eksperimen yang dibelajarkan menggunakan teknik think pair share dan teknik index card match melalui lesson study lebih besar dibandingkan kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran konvensional (22,85>18,62). Berdasarkan hasil analisis data uji hipotesis menggunakan SPSS 22.00 pada tabel keputusan pada nilai Sig (2-tailed) di peroleh nilai 0,009 yang artinya nilai signifikansi (2-tailed) < 0,05. Ini berarti terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar tematik antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan teknik think pair share dan teknik index card match melalui lesson study dengan kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Dapat disimpulkan bahwa teknik think pair share dan teknik index card match melalui lesson study berpengaruh terhadap hasil belajar tematik siswa kelas VA di SD.

Author Biographies

Ketut Rosita Dewi, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

I Ketut Dharsana, Universitas Pendidikan Ganesha

Bimbingan Konseling

References

Afiyahni, F. D., Huda, C., & Listyarini, I. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair and Share Berbantu Media Diorama Terhadap Hasil Belajar Tematik Integratif. Mimbar PGSD, 7, 230–236.

Ali Mahmudi. (2009). Mengembangkan Kompetensi Guru Melalui Lesson Study. Jurnal Forum Kependidikan, 28(2), 84–89.

Ariadi, I. K. G. S., Dharsana, I. K., & Sudana, D. N. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Pbl Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Melalui Lesson Study Sd Kelas V. MIMBAR PGSD Undiksha, 5(3). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i3.12063

Astuti, D. (2017). Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Untuk Meningkatan Prestasi Belajar Mata Pelajaran IPS Kelas I. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 2(3), 328. https://doi.org/10.28926/briliant.v2i3.71

Budiarta, I. K. R. T., Dharsana, I. K., & Suarni, N. K. (2018). Efektivitas Konseling Behavioral dengan Teknik Modeling untuk Meningkatkan Self Succorance Melalui Lesson Study Siswa Kelas VIII . 4 SMP Negeri 2 Singaraja. Bisma The Journal of Counseling, 2(2), 64–69. https://doi.org/10.24036/XXXXXXXXXX-X

Darmadi, H. (2015). Tugas, Peran, Kompetensi, Dan Tanggung Jawab Menjadi Guru Profesional. Jurnal Edukasi, 13(2), 161–174.

Dharsana, I. K. (2013). Teori-teori konseling, Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Dharsana, I. K. (2014). Model-Model Toeri, Teknik, Skill Bimbingan Konseling. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Diani, A., Soewarno, & Mislinawati. (2017). Pengaruh Pengelolaan Kelas Tehadap Pembelajaran Efektif di Kelas V SD Negeri 50 Banda Aceh. 2, 133–141.

Fitriani, D., Putri, W. S., & Khoiriyah, Z. H. (2020). Implementasi Pengembangan Kurikulum 2013 dalam Meningkatkan Mutu Pengetahuan, Sikap, dan Keterampilan Siswa. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 29–43. https://doi.org/10.30868/im.v3i01.649

Hamdayana, J. (2015). Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter (1st ed.). Ghalia Indonesia.

Lazwardi, D. (2017). Implementasi Evaluasi Program Pendidikan Di Tingkat Sekolah Dasar Dan Menengah. Kependidikan Islam, 7(2), 67–79.

Lefudin. (2017). Belajar dan Pembelajaran Dilengkapi dengan Model Pembelajaran, Strategi Pembelajaran, Pendekatan Pembelajaran dan Metode Pembelajaran (ke 2; C. M. S. Herlambang Rahmadhani, ed.). Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=adwwDwAAQBAJ&printsec=frontcover&hl=id#v=onepage&q&f=false

Mirnasulistyawati, Armelia, A. (2013). Analisis Penerapan Kurikulum 2013 Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran.

Pane, A., & Darwis Dasopang, M. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333–352. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945

Permana, I. P. B. A., Dibia, I. K., & Dharsana, I. K. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Pbl Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Melalui Lesson Study Sd Kelas V. MIMBAR PGSD Undiksha, 5(3), 1–11. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i3.12063

Purwoko, B., Prawitasari, J. E., Atmoko, A., & Handarini, D. M. (2016). Keefektifan Konseling Resolusi Konflik untuk Mengatasi Konflik Interpersonal pada Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan Humaniora, 4(1), 53–63.

Putra, P. A. D., Sudarma, I. K., & Tegeh, I. M. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe GI (Group Investigation) Berbantuan Multimedia Interaktif Terhadap Hasil Belajar IPA. E-Journal Edutech Universitas Pendidikan Ganesha, 3(1).

Rini Kristiantari, M. (2015). Analisis Kesiapan Guru Sekolah Dasar dalam Mengimplementasikan Pembelajaran Tematik Integratif Menyongsong Kurikulum 2013. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 3(2), 460–470. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v3i2.4462

Zandra, W., Marsis, & Amrina, Z. (2015). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV DI SD NEGERI 11 RAWANG KABUPATEN PESISIR SELATAN. A Case Approach to Perioperative Drug-Drug Interactions, 123–128. https://doi.org/10.1007/978-1-4614-7495-1_23

Downloads

Published

2020-07-24

How to Cite

Dewi, K. R., & Dharsana, I. K. (2020). Penggunaan Teknik Think Pair Share dan Teknik Index Card Match Dalam Lesson Study Mampu Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 3(2), 248–258. https://doi.org/10.23887/jp2.v3i2.26554

Issue

Section

Articles