Penggunaan Teknik Think Pair Share dan Teknik Index Card Match Dalam Lesson Study Mampu Meningkatkan Hasil Belajar Siswa
DOI:
https://doi.org/10.23887/jp2.v3i2.26554Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan yang signifikan terhadap hasil belajar tematik siswa kelas VA SD, setelah mendapatkan perlakuan berupa teknik think pair share dan teknik index card match melalui lesson sudy dengan kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan teknik konvensional. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian quasi eksperimen dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah Randomized Control Trials (RCTs). Adapun populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VA SD. Pemilihan siswa pada kelompok eksperimen dan kontrol dilakukan dengan cara random sehingga masing-masing kelompok baik kelompok eksperimen dan kelompok kontrol mendapatkan siswa sebanyak 13 orang. Data hasil belajr tematik siswa dikumpulkan dengan menggunakan instrumen tes berbentuk tes pilihan ganda yang berjumla 30 butir soal. Analisis data menggunakan uji-t dengan rumus Levenes Test. Rata-rata hasil belajar tematik siswa pada kelompok eksperimen yang dibelajarkan menggunakan teknik think pair share dan teknik index card match melalui lesson study lebih besar dibandingkan kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran konvensional (22,85>18,62). Berdasarkan hasil analisis data uji hipotesis menggunakan SPSS 22.00 pada tabel keputusan pada nilai Sig (2-tailed) di peroleh nilai 0,009 yang artinya nilai signifikansi (2-tailed) < 0,05. Ini berarti terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar tematik antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan teknik think pair share dan teknik index card match melalui lesson study dengan kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Dapat disimpulkan bahwa teknik think pair share dan teknik index card match melalui lesson study berpengaruh terhadap hasil belajar tematik siswa kelas VA di SD.
References
Afiyahni, F. D., Huda, C., & Listyarini, I. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair and Share Berbantu Media Diorama Terhadap Hasil Belajar Tematik Integratif. Mimbar PGSD, 7, 230–236.
Ali Mahmudi. (2009). Mengembangkan Kompetensi Guru Melalui Lesson Study. Jurnal Forum Kependidikan, 28(2), 84–89.
Ariadi, I. K. G. S., Dharsana, I. K., & Sudana, D. N. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Pbl Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Melalui Lesson Study Sd Kelas V. MIMBAR PGSD Undiksha, 5(3). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i3.12063
Astuti, D. (2017). Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Untuk Meningkatan Prestasi Belajar Mata Pelajaran IPS Kelas I. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 2(3), 328. https://doi.org/10.28926/briliant.v2i3.71
Budiarta, I. K. R. T., Dharsana, I. K., & Suarni, N. K. (2018). Efektivitas Konseling Behavioral dengan Teknik Modeling untuk Meningkatkan Self Succorance Melalui Lesson Study Siswa Kelas VIII . 4 SMP Negeri 2 Singaraja. Bisma The Journal of Counseling, 2(2), 64–69. https://doi.org/10.24036/XXXXXXXXXX-X
Darmadi, H. (2015). Tugas, Peran, Kompetensi, Dan Tanggung Jawab Menjadi Guru Profesional. Jurnal Edukasi, 13(2), 161–174.
Dharsana, I. K. (2013). Teori-teori konseling, Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Dharsana, I. K. (2014). Model-Model Toeri, Teknik, Skill Bimbingan Konseling. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Diani, A., Soewarno, & Mislinawati. (2017). Pengaruh Pengelolaan Kelas Tehadap Pembelajaran Efektif di Kelas V SD Negeri 50 Banda Aceh. 2, 133–141.
Fitriani, D., Putri, W. S., & Khoiriyah, Z. H. (2020). Implementasi Pengembangan Kurikulum 2013 dalam Meningkatkan Mutu Pengetahuan, Sikap, dan Keterampilan Siswa. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 29–43. https://doi.org/10.30868/im.v3i01.649
Hamdayana, J. (2015). Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter (1st ed.). Ghalia Indonesia.
Lazwardi, D. (2017). Implementasi Evaluasi Program Pendidikan Di Tingkat Sekolah Dasar Dan Menengah. Kependidikan Islam, 7(2), 67–79.
Lefudin. (2017). Belajar dan Pembelajaran Dilengkapi dengan Model Pembelajaran, Strategi Pembelajaran, Pendekatan Pembelajaran dan Metode Pembelajaran (ke 2; C. M. S. Herlambang Rahmadhani, ed.). Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=adwwDwAAQBAJ&printsec=frontcover&hl=id#v=onepage&q&f=false
Mirnasulistyawati, Armelia, A. (2013). Analisis Penerapan Kurikulum 2013 Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran.
Pane, A., & Darwis Dasopang, M. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333–352. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945
Permana, I. P. B. A., Dibia, I. K., & Dharsana, I. K. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Pbl Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Melalui Lesson Study Sd Kelas V. MIMBAR PGSD Undiksha, 5(3), 1–11. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i3.12063
Purwoko, B., Prawitasari, J. E., Atmoko, A., & Handarini, D. M. (2016). Keefektifan Konseling Resolusi Konflik untuk Mengatasi Konflik Interpersonal pada Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan Humaniora, 4(1), 53–63.
Putra, P. A. D., Sudarma, I. K., & Tegeh, I. M. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe GI (Group Investigation) Berbantuan Multimedia Interaktif Terhadap Hasil Belajar IPA. E-Journal Edutech Universitas Pendidikan Ganesha, 3(1).
Rini Kristiantari, M. (2015). Analisis Kesiapan Guru Sekolah Dasar dalam Mengimplementasikan Pembelajaran Tematik Integratif Menyongsong Kurikulum 2013. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 3(2), 460–470. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v3i2.4462
Zandra, W., Marsis, & Amrina, Z. (2015). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV DI SD NEGERI 11 RAWANG KABUPATEN PESISIR SELATAN. A Case Approach to Perioperative Drug-Drug Interactions, 123–128. https://doi.org/10.1007/978-1-4614-7495-1_23
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)