Media Pembelajaran Interaktif Berbantuan Powerpoint Pada Subtema 1 Lingkungan Tempat Tinggalku Tema 8

Authors

  • Komang Yuni Ariyantini Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Made Tegeh Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jp2.v5i2.47146

Keywords:

Media pembelajaran interaktif, powerpoint, tematik

Abstract

Penggunaan dan pengembangan media dalam proses pembelajaran belum dilaksanakan secara optimal, sebagaian besar guru hanya menggunakan buku dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berbantuan powerpoint pada subtema 1 lingkungan tempat tinggalku tema 8 kelas IV. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan ADDIE). Namun, pada penelitian ini hanya dilakukan sampai tahap pengembangan. Subjek dalam penelitian ini meliputi adalah 1 ahli materi, 1 ahli desain, 1 ahli media, siswa untuk uji coba perorangan, dan 12 siswa untuk uji coba kelompok kecil. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan angket/kuesioner dan wawancara. Analisis data yang digunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian) uji ahli materi pembelajaran diperoleh persentase sebesar 98% dengan kategori sangat baik; uji ahli media pembelajaran diperoleh persentase sebesar 90% dengan kategori sangat baik; uji ahli desain pembelajaran diperoleh persentase sebesar 94% dengan kualifikasi sangat baik; uji praktisi diperoleh persentase sebesar 99% dengan kualifikasi sangat baik, hasil uji perorangan diperoleh sebesar 90,7% dengan kategori sangat baik; dan hasil uji kelompok kecil diperoleh sebesar 90,5% dengan kategori sangat baik. Sehingga, media ini memiliki kualifikasi sangat baik dan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

References

Arham, U. U., & Dwiningsih, K. (2016). Keefektifan Multimedia Interaktif Berbasis Blended Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Kwangsan, 4(2), 111. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v4n2.p111--118. DOI: https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v4n2.p111--118

Aryantini, N. K., Sujana, I. W., & Sri Darmawati, I. G. A. P. (2021). Model Discovery Learning Berbantuan Media Power Point Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa SD. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(2), 251–259. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i2.36193. DOI: https://doi.org/10.23887/jp2.v4i2.36193

Astiti, N. K. A., Kristiantari, M. G. R., & Saputra, K. A. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Discovery Learning Dengan Media Powerpoint Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa SD. Journal of Education Action Research, 5(3), 409–415. https://doi.org/10.23887/jear.v5i3.36695. DOI: https://doi.org/10.23887/jear.v5i3.36695

Bagus, T., & Khuzaini, N. (2019). Pengembangan Program Microsoft Office Power Point Berbasis Android untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Matematika, 1–14. https://doi.org/http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/7099/.

Baker, J. P., Goodboy, A. K., Bowman, N. D., & Wright, A. A. (2018). Does teaching with PowerPoint increase students’ learning? A meta-analysis. Computers & Education, 126, 376–387. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2018.08.003. DOI: https://doi.org/10.1016/j.compedu.2018.08.003

Colasante, M., & Douglas, K. (2016). Prepare-participate-connect: Active learning with video annotation. Australasian Journal of Educational Technology, 32(4), 68–91. https://doi.org/10.14742/ajet.2123. DOI: https://doi.org/10.14742/ajet.2123

Dewi, N. L. P. A., Jampel, I. N., & Tegeh, I. M. (2017). Microsoft Power Point Terhadap Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Pada Anak. E-Journal Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Pendidikan Ganesha, 5(1), 33–44. https://doi.org/10.23887/paud.v8i3.25070. DOI: https://doi.org/10.23887/paud.v8i3.25070

Donna, R., Egok, A. S., & Febriandi, R. (2019). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Powtoon pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(2), 524–532. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1382. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1382

Gaikwad, N., & Tankhiwale, S. (2014). Interactive E-learning module in pharmacology: a pilot project at a rural medical college in India. Perspectives on Medical Education, 3(1), 15–30. https://doi.org/10.1007/s40037-013-0081-0. DOI: https://doi.org/10.1007/S40037-013-0081-0

Grech, V. (2018). WASP (Write a Scientific Paper): Optimisation of PowerPoint presentations and skills. Early Human Development, 125, 53–56. https://doi.org/10.1016/j.earlhumdev.2018.06.006. DOI: https://doi.org/10.1016/j.earlhumdev.2018.06.006

Hasanudin, C., Fitrianingsih, A., & Saddhono, K. (2019). The Use of Wondershare Filmora Version 7.8.9 Media Apps in Flipped Classroom Teaching. Review of Computer Engineering Studies, 6(3), 51–55. https://doi.org/10.18280/rces.060301. DOI: https://doi.org/10.18280/rces.060301

Iga Raspati, M., & Maria Zulfiati, H. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Menggunakan Powerpoint Dalam Pembelajaran Tematik. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(2), 46–59. https://doi.org/10.33084/tunas.v5i2.1437. DOI: https://doi.org/10.33084/tunas.v5i2.1437

Irfan, I., Muhiddin, M., & Ristiana, E. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Powerpoint di Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Primary Education, 3(2), 16–27. https://doi.org/10.17509/ijpe.v3i2.21765. DOI: https://doi.org/10.17509/ijpe.v3i2.21765

Iswanto, E., Suharmono, R., & Hidayat, S. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Powerpoint Dan Buku Teks Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam (Ipa) Materi Tata Surya Siswa Kelas Vi Semester Ganjil Tahun Pelajaran. Jurnal of Education Technologi and Innovation (JETI), 1(2), 7–20. https://doi.org/10.31537/jeti.v1i2.

Jalil, M. (2016). Pengembangan Pembelajaran Model Discovery Learning Berbantuan Tips Powerpoint Interaktif pada Materi Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungan. REFLEKSI EDUKATIKA, 6(2). https://doi.org/10.24176/re.v6i2.604. DOI: https://doi.org/10.24176/re.v6i2.604

Jayusman, I., Gurdjita, G., & Shavab, O. A. K. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Multi Media Power Point Pada Mata Kuliah Sejarah Asia Timur. Jurnal Candrasangkala Pendidikan Sejarah, 3(1), 37. https://doi.org/10.30870/candrasangkala.v3i1.2886. DOI: https://doi.org/10.30870/candrasangkala.v3i1.2886

Kaban, R. H., Anzelina, D., Sinaga, R., & Silaban, P. J. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran PAKEM terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 102–109. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.574. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.574

Krisna, D., Gunarhadi, G., & Winarno, W. (2020). Development of Educational Comic with Local Wisdom to Foster Morality of Elementary School Students: A Need Analysis. International Journal of Educational Methodology, 6(2), 337–343. https://doi.org/10.12973/ijem.6.2.337. DOI: https://doi.org/10.12973/ijem.6.2.337

Krisnandari, D., Wiharta, D. M., & Sastra, N. P. (2019). Penerapan Teknologi Informasi dalam Reformasi Birokrasi pada Bidang Pendidikan. Majalah Ilmiah Teknologi Elektro, 18(2). https://doi.org/10.24843/MITE.2019.v18i02.P19. DOI: https://doi.org/10.24843/MITE.2019.v18i02.P19

Kuswanto, J., Walusfa, Y., Artikel, S., Korespondensi, A., Ratu Penghulu No, J., Sari, K., Baru, T., Raja Tim, B., Ogan Komering Ulu, K., & Selatan, S. (2017). Pengembangan Multimedia Pembelajaran pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas VIII. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology IJCET, 6(2), 58–64. https://doi.org/10.15294/ijcet.v6i2.19335.

León, S. P., & Martínez, I. G.-. (2021). Impact of the provision of PowerPoint slides on learning. Computers & Education, 173, 104283. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2021.104283.

Lin, Y. N., Hsia, L. H., & Hwang, G. J. (2021). Promoting pre-class guidance and in-class reflection: A SQIRC-based mobile flipped learning approach to promoting students’ billiards skills, strategies, motivation and self-efficacy. Computers and Education, 160, 160. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2020.104035. DOI: https://doi.org/10.1016/j.compedu.2020.104035

Lohr, A., Stadler, M., Schultz-Pernice, F., Chernikova, O., Sailer, M., Fischer, F., & Sailer, M. (2021). On powerpointers, clickerers, and digital pros: Investigating the initiation of digital learning activities by teachers in higher education. Computers in Human Behavior, 119. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.chb.2021.106715. DOI: https://doi.org/10.1016/j.chb.2021.106715

Mahmashony, S. (2018). Optimalisasi Pengajaran Aqidah dengan Google Classroom dan Interactive Mentimeter pada Prodi Farmasi FMIPA UII. Journal of Information and Computer Technology Education, 2(1), 1–7. https://doi.org/10.21070/jicte.v2i1.600. DOI: https://doi.org/10.21070/jicte.v2i1.598

Miaz, Y., Helsa, Y., Febrianto, R., & Erwin, R. (2019). The development of interactive multimedia-based instructional media for elementary school in learning social sciences. Journal of Physics: Conference Series, 1321(3), 032107. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1321/3/032107. DOI: https://doi.org/10.1088/1742-6596/1321/3/032107

Mudasih, I., & Subroto, W. T. (2019). Comparison of Student Learning Outcomes Through Video Learning Media with Powerpoint. International Journal of Educational Research Review, 4(2), 183–189. https://doi.org/10.24331/ijere.517997. DOI: https://doi.org/10.24331/ijere.517997

Nasution, S. H. (2018). Pentingnya Literasi Teknologi bagi Mahasiswa Calon Guru Matematika. Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika, 2(1), 14–18. http://journal2.um.ac.id/index.php/jkpm/article/view/3168.

Nurhidayati, N., Asrori, I., Ahsanuddin, M., & Dariyadi, M. W. (2019). Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Powerpoint Dan Pemanfaatan Aplikasi Android Untuk Guru Bahasa Arab. Jurnal KARINOV, 2(3), 181. https://doi.org/10.17977/um045v2i3p181-184. DOI: https://doi.org/10.17977/um045v2i3p181-184

P.León, S., & Martínez, I. G. (2021). Impact of the provision of PowerPoint slides on learning. Computers & Education, 173, 104283. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2021.104283. DOI: https://doi.org/10.1016/j.compedu.2021.104283

Prabawa, D. G. A. P., & Restami, M. P. (2020). Pengembangan Multimedia Tematik Berpendekatan Saintifik untuk Siswa Sekolah Dasar. Mimbar PGSD Undikhsa, 8(3), 479–491. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i3.28970.

Prayitno, & Mardianto, M. F. F. (2020). Peningkatan Hasil Evaluasi Pembelajaran Daring saat Pandemi Covid-19 Berdasarkan Media Powerpoint Interaktif. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 5(2), 171 – 181. https://doi.org/10.30651/must.v5i2.6119. DOI: https://doi.org/10.30651/must.v5i2.6119

Ritonga, A. W., Ritonga, M., Nurdianto, T., Kustati, M., Rehani, R., Lahmi, A., Yasmadi, Y., & Pahri, P. (2020). E-Learning Process of Maharah Qira’ah in Higher Education during the Covid-19 Pandemic. International Journal of Higher Education, 9(6), 227. https://doi.org/10.5430/ijhe.v9n6p227. DOI: https://doi.org/10.5430/ijhe.v9n6p227

Rizal, R. S., Wardani, N. S., & Permana, T. I. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Tematik Melalui Pembelajaran Daring dengan Model STAD Berbantuan Power Point di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 1067–1075. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.873. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.873

Saifudin, M., Susilaningsih, S., & Wedi, A. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Materi Sumber Energi untuk Memudahkan Belajar Siswa SD. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 3(1), 68–77. https://doi.org/10.17977/um038v3i12019p068. DOI: https://doi.org/10.17977/um038v3i12019p068

Sakiah, N. A., & Effendi, K. N. S. (2021). Analisis Kebutuhan Multimedia Interaktif Berbasis PowerPoint Materi Aljabar Pada Pembelajaran Matematika SMP. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika), 7(1), 39 – 48. https://doi.org/10.37058/jp3m.v7i1.2623. DOI: https://doi.org/10.37058/jp3m.v7i1.2623

Salmiah, Fatah, An., & Purnamawati. (2016). Efektivitas Penggunaan Media Powerpoint dalam Meningkatkan Hasul Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Penerapan Konsep Mutu Hasil Pertanian. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Pertanian, 2. https://doi.org/10.26858/jptp.v2i0.5179. DOI: https://doi.org/10.26858/jptp.v2i0.5179

Sari, N. M., Yetti, E., & Hapidin. (2020). Pengembangan Media Permainan Mipon’s Daily untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 831. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.428. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.428

SisteIswanto, E., Sumiharsono, R., & Hidayat, S. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Powerpoint Dan Buku Teks Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Materi Tata Surya Siswa Kelas VI Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018-2019 di MI Negeri 2 Jember. Journal of Education Tech, 1(2), 7–20. https://doi.org/10.31537/jeti.v1i2.172. DOI: https://doi.org/10.31537/jeti.v1i2.172

Suartama, I. K. (2016). Evaluasi dan Kriteria Kualitas Multimedia Pembelajaran. Universitas Pendidikan Ganesha. https://www.researchgate.net/publication/335541585_Evaluasi_dan_Kriteria_Kualitas_Multimedia_Pembeajaran.

Sukadana, I. K., & Japa, I. G. N. (2021). Improving Students ’ Understanding of Animals ’ Movement Organs Through VideoScribe-based Learning. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 5(2), 269–278. https://doi.org/10.23887/jet.v5i1.32314. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v5i2.36205

Surjono, H. D. (2017). Multimedia Pembelajaran Interaktif Konsep dan Pengembangan. UNY Perss.

Tegeh, I. M., & Kirna, I. M. (2010). Metode Penelitian Pengembangan Pendidikan. Universitas Pendidikan Ganesha.

Wijayanti, W., & Christian Relmasira, S. (2019). Pengembangan Media PowerPoint IPA Untuk Siswa Kelas IV SD Negeri Samirono. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 3(2), 77. https://doi.org/10.23887/jppp.v3i2.17381. DOI: https://doi.org/10.23887/jppp.v3i2.17381

Wisada, P. D., Sudarma, I. K., & Yuda S, A. I. W. I. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran Berorientasi Pendidikan Karakter. Journal of Education Technology, 3(3), 140. https://doi.org/10.23887/jet.v3i3.21735. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v3i3.21735

Wuryanti, U., & Kartowagiran, B. (2016). Pengembangan Media Video Animasi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Karakter Kerja Keras Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 6(2), 232–245. https://doi.org/10.21831/jpk.v6i2.12055. DOI: https://doi.org/10.21831/jpk.v6i2.12055

Downloads

Published

2022-07-26

How to Cite

Ariyantini, K. Y. ., & Tegeh, I. M. (2022). Media Pembelajaran Interaktif Berbantuan Powerpoint Pada Subtema 1 Lingkungan Tempat Tinggalku Tema 8. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 5(2), 250–259. https://doi.org/10.23887/jp2.v5i2.47146

Issue

Section

Articles