Teknik Numbered Heads Together dan Teknik Talking Stick dalam Lesson Study Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Authors

  • Ni Kadek Dwi Purnamayanti Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Made Tegeh Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jp2.v3i2.26073

Abstract

Penelitian ini dilakukan agar mengetahui efektivitas kooperatif teknik Numbered Heads Togheter dan teknik Talking Stick padaSetting Lesson Studypada hasil belajar tematik peserta didik kelas IV A SD. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang memakai rancangan penelitian desain Rendomize Control Trials (RCTs). Populasi penelitian yakni siswa kelas IV A sejumlah 28 orang. Populasi untuk kelompok eksperimen pada kelas IV A di gunakan 14 orang yang diberikan perlakuan menggunakan teknik NHT dan teknik Talking Stick dan 14 orang pada kelas IV A sebagai kelompok kontrol. Data hasil belajar tematik peserta didikdidapatkan menggunakan instrumen tes dengan bentuk pilihan ganda sejumlah 30 butir soal. Data yang telah didapatkan lalu diolah melalui statistik deskriptif dan Independent Sample t-test.Berdasarkkan hasil penelitian, nilai rerata hasil belajar pendekatan tematik peserta didik kelompok eksperimen  = 20,8. Serta setelah dilakukan uji hipotesis menggunakan SPSS 23 for Windows pada tabel keputusan didapatkan nilai Sig. (2-tailed) = 0,043 yang artinya nilai signifikansi (2-tailed) < 0,05 (0,043 < 0,05), jadi H0 ditolak serta H1 diterima. Ini berarti hasil penelitian memperlihatkan bahwasanyaadadampak yang signifikan pada kelompok eksperimen yang diajarkan dengan teknik Numbered Heads Togheter dan teknik Talking Stick dalam setting lesson study dengan kelompok kontrol yang dibelajaran guru seperti biasa pada hasil belajar siswa. Jadi bisa disimpulan bahwa teori konstruktivis model pembelajaran dengan kolaborasi teknik numbered heads togheter dan talking stick bersetting lesson study efektif terhadap hasil belajar tematik siswa kelas IVA Sekolah Dasar dapat ditingkatkan.

Author Biographies

Ni Kadek Dwi Purnamayanti, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

I Made Tegeh, Universitas Pendidikan Ganesha

Teknologi Pendidikan

References

Ahmad, S. (2013). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar (Kedua; S. Ahmad, ed.). jakarta.

Budiarto, E. (2004). Metodologi Penelitian Kedokteran. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran.

Dharsana, K, & Suarni, N. K. (2014). Upaya Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar, dengan Model Pembelajaran Kooperatif dengan Berbantuan Penilaian Portofolio melalui Pengembangan Pribadi Konselor di Jurusan BK FIP. Eprocideeng.Undiksha.ac.id, 1261-1270. Retreived from http://visipena.stkipgetsempena.ac.id/index.php/senari/article/downlod/358/247.

Dharsana, K dkk (2018). The Influence of Behavioral Counseling Theory with the Technique of Modeling Setting Lesson Study on Self Endurance Class X Student Acommodation in Hospitality 5 Public High School 2 Singaraja. Bisma The Journal of Counseling, 79. http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/bisma.

Dharsana, Ketut. (2014). Model-model, Teori, Teknik, Skill Bimbingan Konseling. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Dharsana, Ketut. (2018). Bimbingan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Singaraja: BK FIP Undiskha.

Endang, K. (2014). Belajar dan pembelajaran Interaktif. In N. Ria (Ed.), Belajar dan Pembelajaran Interaktif (Pertama). Bandung: PT Refika Aditama.

Fajrin, O. A. (2018). Pengaruh Model Talking Stick terhadap Hasil Belajar IPS Siswa SD. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 2(1A), 85–91. https://doi.org/10.21067/jbpd.v2i1a.2353

Ganesha, U. P. (2016). Pelatihan Pengembangan Asesmen Autentik Dalam Implementasi Kurikulum 2013 Di Sekolah Dasar Berbasis Lesson Study Bagi Guru-guru SD. 5(1), 10–19.

Hanafy, S., Tarbiyah, F., Uin, K., Makassar, A., Ii, K., Sultan, J., … Email, S. (n.d.). Konsep belajar dan pembelajaran. 17(1), 66–79.

Hanggara, Y., & Jafri, F. (2016). Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Numbered Heads Together (NHT) Dan Teams Assisted Individualization (TAI) Ditinjau Dari Hasil Belajar. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 9(1), 1–5. Retrieved from http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JPPM/article/view/972/773

Huda, M. (2013). Model Pengajaran Dan Pembelajaran (Pertama). Jakarta.

Imas, K., & Sani Berlin. (2015). Ragam Pengembangan Model Pembelajaran (Ketiga; J. Adi, ed.). Kata Pena.

Lisdayanti, N. P., Ardana, I. K., & Suryaabadi, I. B. G. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Talking Stick Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Gugus 4 Baturiti Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar , FIP Universitas Pendidikan Ganesha e-Journal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha.

Purwoko, B., Prawitasari, J. E., Atmoko, A., & Handarini, D. M. (2016). Keefektifan Konseling Resolusi Konflik untuk Mengatasi Konflik Interpersonal pada Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan Humaniora, 4(1), 53–63.

Mahadewi, P., Rati, N. W., & Ganesha, U. P. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV.

Rusman. (2010b). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru (Pertama). Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, Jakarta.

Syahruddin, M, Putrayasa. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1), 1–11. https://doi.org/10.1093/brain/awt103

Trianto. (2007). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik (Pertama; M. Sunarni, ed.). Jakarta: Prestasi Pustaka.

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Surabaya: Kencana.

Trianto. (2014). Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Published

2020-07-24

How to Cite

Purnamayanti, N. K. D., & Tegeh, I. M. (2020). Teknik Numbered Heads Together dan Teknik Talking Stick dalam Lesson Study Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 3(2), 259–268. https://doi.org/10.23887/jp2.v3i2.26073

Issue

Section

Articles