Media Pembelajaran E-KOMED Topik Siklus Hidup Makhluk Hidup Kelas IV SD

Authors

  • Ni Luh Putu Ari Sintya Dewi Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Ni Wayan Rati Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Adrianus I Wayan Ilia Yuda Sukmana Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jp2.v5i3.49243

Keywords:

e-komed, elektronik komik, edukatif

Abstract

Kurangnya pemanfaatan media pembelajaran elektronik untuk dapat digunakan belajar secara mandiri menyebabkan siswa kurang termotivasi dalam belajar. Hal ini berdampak pada rendahnya hasil penilaian tengah semester siswa. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengembangkan media pembelajaran E-KOMED (elektronik komik edukatif) topik siklus hidup makhluk hidup kelas IV SD. Jenis penelitian ini yaitu pengembangan. Model ADDIE menjadi patokan dalam tahap penelitian ini dikarenakan model ADDIE. Subjek uji coba penelitian ini adalah ahli materi, ahli media, ahli bahasa, guru praktisi, dan siswa kelas IV SD. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu kuesioner. Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu instrumen dengan rating scale skala 4. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data yaitu analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian yaitu skor rata-rata dari ahli materi, ahli bahasa, ahli media dan praktisi secara berturut-turut sebesar 3,96, 3,90, 3,62, dan 3,90. Perolehan uji coba perorangan dan kelompok kecil sebesar 3,58 dan 3,36. Secara keseluruhan validitas media pembelajaran E-KOMED memperoleh kualifikasi sangat baik. Disimpulkan bahwa media pembelajaran E-KOMED layak untuk dipergunakan pada pembelajaran di Sekolah dasar. Implikasi pembelajaran ini guru memperoleh referensi baru mengenai media pembelajaran serta siswa dapat lebih mudah memahami materi karena siswa mendapatkan pengalaman dengan membaca komik secara langsung dengan topik siklus hidup makhluk hidup.

References

Abidin, Z., Hudaya, A., & Anjani, D. (2020). Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19. Research and Development Journal of Education, 1(1), 131. https://doi.org/10.30998/rdje.v1i1.7659. DOI: https://doi.org/10.30998/rdje.v1i1.7659

Aeni, W. A., & Yusupa, A. (2018). Model Media Pembelajaran E-Komik untuk SMA. Jurnal Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 6(1), 43–59. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v6n1.p43-59. DOI: https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v6n1.p43--59

Angga, P. M. W., Sudarma, I. K., & Suartama, I. K. (2020). E-Komik Pendidikan Untuk Membentuk Karakter Dan Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 93. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28920. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28920

Anggreni, Jayanta, & Mahadewi. (2021). Multimedia Interaktif Berorientasi Model Problem Based Learning (PBL) Pada Muatan IPA. Jurnal Mimbar Ilmu, 26(2). https://doi.org/10.23887/mi.v26i2.35715. DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v26i2.35715

Anjarsari, E., Donny, D. F., & Abdul, W. A. (2020). Pengembangan Media Audiovisual Powtoon pada Pembelajaran Matematika untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(2). https://doi.org/10.26594/jmpm.v5i2.2084. DOI: https://doi.org/10.26594/jmpm.v5i2.2084

Arisantiani, N. K., Putra, M., & Ganing, N. N. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Childrens Learning In Science (Clis) Berbantuan Media Lingkungan Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Journal of Education Technology, 1(1). https://doi.org/10.23887/jet.v1i2.11774. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v1i2.11774

Bahri, A., Idris, I. S., Muis, H., Arifuddin, M., & Fikri, M. J. N. (2021). Blended Learning Integrated with Innovative Learning Strategy to Improve Self-Regulated Learning. International Journal of Instruction, 14(1), 779–794. https://doi.org/10.29333/IJI.2021.14147A. DOI: https://doi.org/10.29333/iji.2021.14147a

Donas Ahmad Najib, & Elhefni. (2016). Pengaruh Penerapan Pembelajaran Bermakna (Meaningfull Learning) Pada Pembelajaran Tematik IPS Terpadu Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas III di MI Ahliyah IV Palembang. JIP: Jurnal Ilmiah PGMI, 2(1), 19–28. https://doi.org/10.19109/jip.v2i1.1063. DOI: https://doi.org/10.19109/jip.v2i1.1063

Dwihartanti, M., Mardiyah, S. U. K., & Ramadhan, A. N. (2019). Pemanfaatan Media Pembelajaran E-Learning di Fakultas Ekonomi UNY. Efisiensi - Kajian Ilmu Administrasi, 15(2), 51–63. https://doi.org/10.21831/efisiensi.v15i2.24494. DOI: https://doi.org/10.21831/efisiensi.v15i2.24494

Fadilah, A. A., Sukmawati, I., & Kurniawan, E. Y. (2022). Analisis Pemanfaatan Media Powtoon Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik di Kelas 5 SD Negeri Karang. SIBATIK JOURNAL: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, dan Pendidikan, 1(9), 1843–1858. https://doi.org/10.54443/sibatik.v1i9.259. DOI: https://doi.org/10.54443/sibatik.v1i6.115

Faslah, R. (2017). Pemanfaatan Internet Dalam Pengembangan Konsep Ips Dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Bermakna. Jurnal Ilmiah Econosains, 9(2). https://doi.org/10.21009/econosains.0092.07. DOI: https://doi.org/10.21009/econosains.0092.07

Gazali, R. Y. (2016). Pembelajaran matematika yang bermakna. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3). https://doi.org/10.33654/math.v2i3.47. DOI: https://doi.org/10.33654/math.v2i3.47

Handayani, L. (2020). Keuntungan , Kendala, dan Solusi Pembelajaran Online Selama Pandemi Covid-19: Studi Ekploratif di SMPN 3 Bae Kudus. Sunu Utama, 1(2), 16. https://doi.org/10.7777/jiemar.v1i2.36.

Hulawa, D. E. (2019). Al-Zarnuji’s Character Concept in Strengthening Character Education in Indonesia. Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 25–40. https://doi.org/10.15575/jpi.v4i2.2395. DOI: https://doi.org/10.15575/jpi.v4i2.2395

Imania, K. A., & Bariah, S. K. (2019). Rancangan Pengembangan Instrumen Penilaian Pembelajaran Berbasis Daring. Jurnal Petik, 5(1), 31–47. https://doi.org/10.31980/jpetik.v5i1.445. DOI: https://doi.org/10.31980/jpetik.v5i1.445

Jannah, N., & Umam, K. (2021). Peran Orang Tua dalam Pendidikan Karakter Berbasis Keluarga di Masa Pandemi Covid-19. FALASIFA : Jurnal Studi Keislaman, 12(1), 95–115. https://doi.org/10.36835/falasifa.v12i1.460. DOI: https://doi.org/10.36835/falasifa.v12i1.460

Khotijah, S., Rahayu, D. W., Nafiah, N., & Hartatik, S. (2021). Analisis Persepsi Guru dalam Pelaksanaan Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(5), 2834–2846. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.1003. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.1003

Komikesari, H., Mutoharoh, M., Dewi, P. S., Utami, G. N., Anggraini, W., & Himmah, E. F. (2020). Development of e-module using flip pdf professional on temperature and heat material. Journal of Physics: Conference Series, 1572(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1572/1/012017. DOI: https://doi.org/10.1088/1742-6596/1572/1/012017

Kusuma, D. A. (2020). Dampak Penerapan Pembelajaran Daring Terhadap Kemandirian Belajar (Self-Regulated Learning) Mahasiswa Pada Mata Kuliah Geometri Selama Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Pandemi Covid-19. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 5(2), 169–175. https://doi.org/10.25157/TEOREMA.V5I2.3504. DOI: https://doi.org/10.25157/teorema.v5i2.3504

Lestari, K. P., Putra, D. K. N. S., & Negara, I. G. A. O. (2018). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media Audio Visual dalam Setting Lesson Study Terhadap Hasil Belajar IPA Mahasiswa PGSD Undiksha UPP Denpasar Tahun 2017. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(1), 40–45. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i1.13898. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v2i1.13895

Maison, M., Kurniawan, D. A., & Anggraini, L. (2021). Perception, Attitude, and Student Awareness in Working on Online Tasks During the Covid-19 Pandemic. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 9(1), 108–118. https://doi.org/10.24815/jpsi.v9i1.18039. DOI: https://doi.org/10.24815/jpsi.v9i1.18039

Mujahadah, I., Almana, & Triono, M. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Komik untuk Meningkatkan Hasil dan Minat Belajar Matematika Peserta Didik Kelas III SD Muhammadiyah Malawili. Jurnal Papesa, 3(1). https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v3i1.758. DOI: https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v3i1.758

Mulyati, T., Kusumadewi, R. F., & Ulia, N. (2021). Pembelajaran Interaktif Melalui Media Komik Sebagai Solusi Pembelajaran Dimasa Pandemi. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 8(1). https://doi.org/10.25134/PEDAGOGI.V8I1.4054. DOI: https://doi.org/10.25134/pedagogi.v8i1.4054

Noor, T. R. (2021). Strategi Solutif Kepala Sekolah Pada Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid 19 di SDN Sumput Sidoarjo. Al-fikrah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 9(1). https://doi.org/10.31958/jaf.v9i1.2658. DOI: https://doi.org/10.31958/jaf.v9i1.2658

Nugraheni, N. (2017). Penerapan Media Komik Pada Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(2), 111–117. https://doi.org/10.24176/re.v7i2.1587. DOI: https://doi.org/10.24176/re.v7i2.1587

Nurhayati, L., Maula, L. H., & Nurasiah, I. (2021). Kecerdasan Emosional dan Kemampuan Berpikir Kritis pada Materi Bangun Datar di Kelas Tinggi Sekolah Dasar. Mimbar Ilmu, 26(2). https://doi.org/10.23887/mi.v26i2.36919. DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v26i2.36919

Nuryamah, I., Sunarya, D. T., & Irawati, R. (2016). Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Permulaan Dalam Melengkapi Cerita Rumpang Menggunakan Media Gambar Dan Papan Bergaris. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 761–770. https://doi.org/10.17509/jpi.v1i1.3566.

Primasari, I. F. N. D., & Zulela. (2021). Kendala Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Secara Online Selama Masa Pandemik Covid-19 di Sekolah Dasar. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 5(1), 64–73. https://doi.org/10.26858/jkp.v5i1.16820. DOI: https://doi.org/10.26858/jkp.v5i1.16820

Puadah, G. N., & Rustini, T. (2022). Visualisasi Media Pembelajaran Cetak Sebagai Daya Dukung Pembelajaran Abad 21 Kelas Rendah di Sekolah Dasar. Nusantara: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 9(5), 1769–1773. https://doi.org/10.31604/jips.v9i5.2022.1769-1773.

Rahmayani, A. L. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Menggunakan Media Video Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan (Teori dan Praktik), 4(1), 59. https://doi.org/10.26740/jp.v4n1.p59-62. DOI: https://doi.org/10.26740/jp.v4n1.p59-62

Restyani, N. K. N. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Inquiry Berbasis Portofolio Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 2(2), 168. https://doi.org/10.23887/jppp.v2i2.15399. DOI: https://doi.org/10.23887/jppp.v2i2.15399

Riayah, S., & Fakhriyana, D. (2021). Optimalisasi pembelajaran dalam jaringan (daring) dengan media pembelajaran video interaktif terhadap pemahaman matematis siswa. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 4(1). https://doi.org/10.21043/jmtk.v4i1.10147. DOI: https://doi.org/10.21043/jmtk.v4i1.10147

Rohati, Winarni, S., & Hidayat, R. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Matematika Berbasis Problem Based Learning dengan Manga Studio V05 dan Geogebra. Edumatica, 08(02), 81–91. https://doi.org/10.22437/edumatica.v8i2.5486. DOI: https://doi.org/10.22437/edumatica.v8i2.5486

Ruiyat, S. A., Yufiarti, Y., & Karnadi, K. (2019a). Peningkatan Keterampilan Berbicara dengan Bercerita Menggunakan Komik Elektronik Tematik. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2). https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.256.

Ruiyat, Yufiarti, & Karnadi. (2019b). Peningkatan Keterampilan Berbicara dengan Bercerita Menggunakan Komik Elektronik Tematik. Jurnal Obsesi Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 518–526. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.256. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.256

Sao, S., Mei, A., Ningsih, N., Mei, M. F., Wondo, M. T. S., Seto, S. B., Naja, F. Y., Meke, K. D. P., & Manda, G. S. (2021). Bimbingan belajar di rumah menggunakan alat peraga blok pecahan pada masa pandemi covid 19. Mitra Mahajana: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 193–201. https://doi.org/10.37478/mahajana.v2i2.1031. DOI: https://doi.org/10.37478/mahajana.v2i2.1031

Saputro, H. B., & Soeharto. (2015). Pengembangan Media Komik Berbasis Pendidikan Karakter Pada Pembelajaran Tematik-Integratif Kelas IV SD. Jurnal Prima Edukasia, 3(1). https://doi.org/10.1016/S0002-9378(15)30176-9. DOI: https://doi.org/10.21831/jpe.v3i1.4065

Saripudin, E., Sari, I., & Mukhtar, M. (2018). Using Macro Flash Animation Media on Motion Material to Improve Learning Achievement for Learning Science in Junior High School. Journal of Science Research and Learning, 4(1), 68–75. https://doi.org/10.30870/jppi.v4i1.3316. DOI: https://doi.org/10.30870/jppi.v4i1.3316

Selfi, G., Prodi, A., Pancasila, P., & Kewarganegaraan, D. (2021). Pelaksanaan Pembelajaran Berbasis E-learning Masa Covid-19 pada Mahasiswa Tahun Masuk 2020 PPKn UNP. Journal of Civic Education, 4(3), 212–218. https://doi.org/10.24036/JCE.V4I3.543.

Setyaningsih, F. D. (2019). Representasi Anak-Anak Melalui Komik Doraemon Berdasarkan Pendekatan Image System. Jurnal Komunikasi, 11(1), 42–51. https://doi.org/10.24912/jk.v10i1.2472. DOI: https://doi.org/10.24912/jk.v10i1.2472

Setyowati, R., & Fimansyah, W. (2018). Upaya Peningkatan Citra Pembelajaran IPS Bermakna di Indonesia. Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan IPS Indonesia), 3(1), 14. https://doi.org/10.26737/jpipsi.v3i1.544 DOI: https://doi.org/10.26737/jpipsi.v3i1.544

Subroto, E. N., Qohar, A., & Dwiyana. (2020). Efektivitas Pemanfaatan Komik sebagai Media Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan, 5(2). https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i2.13156. DOI: https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i2.13156

Sukmanasa, Windiyani, & Novita. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Bagi Siswa Kelas V Sekolah Dasar Di Kota Bogor. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3(2). https://doi.org/10.30870/jpsd.v3i2.2138. DOI: https://doi.org/10.30870/jpsd.v3i2.2138

Sundari, N. (2019). Penggunaan Media Gambar dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa dalam Pembelajaran Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.17509/eh.v5i1.2836. DOI: https://doi.org/10.17509/eh.v5i1.2836

Sutama, I. P. E., Dibia, I. K., & Margunayasa, I. G. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share (Tps) Berbantuan Media Konkret Terhadap Hasil Belajar IPA. Mimbar PGSD Undiksha, 5. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10683.

Syarifuddin, M., Hadi Wijoyo, S., & Sukmo Wardhono, W. (2021). Pengaruh Online Learning Experience Dan Gaya Belajar Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik SMKN 2 Malang Saat Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Informatika), 6(1), 94–105. https://doi.org/10.29100/JIPI.V6I1.1909. DOI: https://doi.org/10.29100/jipi.v6i1.1909

Wahyuningtyas, R., & Sulasmono, B. S. (2020). Pentingnya Media dalam Pembelajaran Guna Meningkatkan Hasil Belajar di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 23–27. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.77. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.77

Wilt, F. Van Der, Bouwer, R., & Veen, C. Van Der. (2021). Dialogic classroom talk in early childhood education : The effect on language skills and social competence. Learning and Instruction, July, 101522. https://doi.org/10.1016/j.learninstruc.2021.101522. DOI: https://doi.org/10.1016/j.learninstruc.2021.101522

Wulandari, H., & Purwanta, E. (2021). Pencapaian Perkembangan Anak Usia Dini di Taman Kanak-kanak selama Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1). https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.626. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.626

Zaini, H., & Dewi, K. (2017). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1). https://doi.org/10.19109/ra.v1i1.1489. DOI: https://doi.org/10.19109/ra.v1i1.1489

Downloads

Published

2022-11-02

How to Cite

Ni Luh Putu Ari Sintya Dewi, Ni Wayan Rati, & Adrianus I Wayan Ilia Yuda Sukmana. (2022). Media Pembelajaran E-KOMED Topik Siklus Hidup Makhluk Hidup Kelas IV SD. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 5(3), 455–464. https://doi.org/10.23887/jp2.v5i3.49243

Issue

Section

Articles