Media Pembelajaran E-KOMED Topik Siklus Hidup Makhluk Hidup Kelas IV SD
DOI:
https://doi.org/10.23887/jp2.v5i3.49243Keywords:
e-komed, elektronik komik, edukatifAbstract
Kurangnya pemanfaatan media pembelajaran elektronik untuk dapat digunakan belajar secara mandiri menyebabkan siswa kurang termotivasi dalam belajar. Hal ini berdampak pada rendahnya hasil penilaian tengah semester siswa. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengembangkan media pembelajaran E-KOMED (elektronik komik edukatif) topik siklus hidup makhluk hidup kelas IV SD. Jenis penelitian ini yaitu pengembangan. Model ADDIE menjadi patokan dalam tahap penelitian ini dikarenakan model ADDIE. Subjek uji coba penelitian ini adalah ahli materi, ahli media, ahli bahasa, guru praktisi, dan siswa kelas IV SD. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu kuesioner. Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu instrumen dengan rating scale skala 4. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data yaitu analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian yaitu skor rata-rata dari ahli materi, ahli bahasa, ahli media dan praktisi secara berturut-turut sebesar 3,96, 3,90, 3,62, dan 3,90. Perolehan uji coba perorangan dan kelompok kecil sebesar 3,58 dan 3,36. Secara keseluruhan validitas media pembelajaran E-KOMED memperoleh kualifikasi sangat baik. Disimpulkan bahwa media pembelajaran E-KOMED layak untuk dipergunakan pada pembelajaran di Sekolah dasar. Implikasi pembelajaran ini guru memperoleh referensi baru mengenai media pembelajaran serta siswa dapat lebih mudah memahami materi karena siswa mendapatkan pengalaman dengan membaca komik secara langsung dengan topik siklus hidup makhluk hidup.
References
Abidin, Z., Hudaya, A., & Anjani, D. (2020). Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19. Research and Development Journal of Education, 1(1), 131. https://doi.org/10.30998/rdje.v1i1.7659. DOI: https://doi.org/10.30998/rdje.v1i1.7659
Aeni, W. A., & Yusupa, A. (2018). Model Media Pembelajaran E-Komik untuk SMA. Jurnal Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 6(1), 43–59. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v6n1.p43-59. DOI: https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v6n1.p43--59
Angga, P. M. W., Sudarma, I. K., & Suartama, I. K. (2020). E-Komik Pendidikan Untuk Membentuk Karakter Dan Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 93. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28920. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28920
Anggreni, Jayanta, & Mahadewi. (2021). Multimedia Interaktif Berorientasi Model Problem Based Learning (PBL) Pada Muatan IPA. Jurnal Mimbar Ilmu, 26(2). https://doi.org/10.23887/mi.v26i2.35715. DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v26i2.35715
Anjarsari, E., Donny, D. F., & Abdul, W. A. (2020). Pengembangan Media Audiovisual Powtoon pada Pembelajaran Matematika untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(2). https://doi.org/10.26594/jmpm.v5i2.2084. DOI: https://doi.org/10.26594/jmpm.v5i2.2084
Arisantiani, N. K., Putra, M., & Ganing, N. N. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Childrens Learning In Science (Clis) Berbantuan Media Lingkungan Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Journal of Education Technology, 1(1). https://doi.org/10.23887/jet.v1i2.11774. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v1i2.11774
Bahri, A., Idris, I. S., Muis, H., Arifuddin, M., & Fikri, M. J. N. (2021). Blended Learning Integrated with Innovative Learning Strategy to Improve Self-Regulated Learning. International Journal of Instruction, 14(1), 779–794. https://doi.org/10.29333/IJI.2021.14147A. DOI: https://doi.org/10.29333/iji.2021.14147a
Donas Ahmad Najib, & Elhefni. (2016). Pengaruh Penerapan Pembelajaran Bermakna (Meaningfull Learning) Pada Pembelajaran Tematik IPS Terpadu Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas III di MI Ahliyah IV Palembang. JIP: Jurnal Ilmiah PGMI, 2(1), 19–28. https://doi.org/10.19109/jip.v2i1.1063. DOI: https://doi.org/10.19109/jip.v2i1.1063
Dwihartanti, M., Mardiyah, S. U. K., & Ramadhan, A. N. (2019). Pemanfaatan Media Pembelajaran E-Learning di Fakultas Ekonomi UNY. Efisiensi - Kajian Ilmu Administrasi, 15(2), 51–63. https://doi.org/10.21831/efisiensi.v15i2.24494. DOI: https://doi.org/10.21831/efisiensi.v15i2.24494
Fadilah, A. A., Sukmawati, I., & Kurniawan, E. Y. (2022). Analisis Pemanfaatan Media Powtoon Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik di Kelas 5 SD Negeri Karang. SIBATIK JOURNAL: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, dan Pendidikan, 1(9), 1843–1858. https://doi.org/10.54443/sibatik.v1i9.259. DOI: https://doi.org/10.54443/sibatik.v1i6.115
Faslah, R. (2017). Pemanfaatan Internet Dalam Pengembangan Konsep Ips Dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Bermakna. Jurnal Ilmiah Econosains, 9(2). https://doi.org/10.21009/econosains.0092.07. DOI: https://doi.org/10.21009/econosains.0092.07
Gazali, R. Y. (2016). Pembelajaran matematika yang bermakna. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3). https://doi.org/10.33654/math.v2i3.47. DOI: https://doi.org/10.33654/math.v2i3.47
Handayani, L. (2020). Keuntungan , Kendala, dan Solusi Pembelajaran Online Selama Pandemi Covid-19: Studi Ekploratif di SMPN 3 Bae Kudus. Sunu Utama, 1(2), 16. https://doi.org/10.7777/jiemar.v1i2.36.
Hulawa, D. E. (2019). Al-Zarnuji’s Character Concept in Strengthening Character Education in Indonesia. Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 25–40. https://doi.org/10.15575/jpi.v4i2.2395. DOI: https://doi.org/10.15575/jpi.v4i2.2395
Imania, K. A., & Bariah, S. K. (2019). Rancangan Pengembangan Instrumen Penilaian Pembelajaran Berbasis Daring. Jurnal Petik, 5(1), 31–47. https://doi.org/10.31980/jpetik.v5i1.445. DOI: https://doi.org/10.31980/jpetik.v5i1.445
Jannah, N., & Umam, K. (2021). Peran Orang Tua dalam Pendidikan Karakter Berbasis Keluarga di Masa Pandemi Covid-19. FALASIFA : Jurnal Studi Keislaman, 12(1), 95–115. https://doi.org/10.36835/falasifa.v12i1.460. DOI: https://doi.org/10.36835/falasifa.v12i1.460
Khotijah, S., Rahayu, D. W., Nafiah, N., & Hartatik, S. (2021). Analisis Persepsi Guru dalam Pelaksanaan Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(5), 2834–2846. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.1003. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.1003
Komikesari, H., Mutoharoh, M., Dewi, P. S., Utami, G. N., Anggraini, W., & Himmah, E. F. (2020). Development of e-module using flip pdf professional on temperature and heat material. Journal of Physics: Conference Series, 1572(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1572/1/012017. DOI: https://doi.org/10.1088/1742-6596/1572/1/012017
Kusuma, D. A. (2020). Dampak Penerapan Pembelajaran Daring Terhadap Kemandirian Belajar (Self-Regulated Learning) Mahasiswa Pada Mata Kuliah Geometri Selama Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Pandemi Covid-19. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 5(2), 169–175. https://doi.org/10.25157/TEOREMA.V5I2.3504. DOI: https://doi.org/10.25157/teorema.v5i2.3504
Lestari, K. P., Putra, D. K. N. S., & Negara, I. G. A. O. (2018). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media Audio Visual dalam Setting Lesson Study Terhadap Hasil Belajar IPA Mahasiswa PGSD Undiksha UPP Denpasar Tahun 2017. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(1), 40–45. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i1.13898. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v2i1.13895
Maison, M., Kurniawan, D. A., & Anggraini, L. (2021). Perception, Attitude, and Student Awareness in Working on Online Tasks During the Covid-19 Pandemic. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 9(1), 108–118. https://doi.org/10.24815/jpsi.v9i1.18039. DOI: https://doi.org/10.24815/jpsi.v9i1.18039
Mujahadah, I., Almana, & Triono, M. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Komik untuk Meningkatkan Hasil dan Minat Belajar Matematika Peserta Didik Kelas III SD Muhammadiyah Malawili. Jurnal Papesa, 3(1). https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v3i1.758. DOI: https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v3i1.758
Mulyati, T., Kusumadewi, R. F., & Ulia, N. (2021). Pembelajaran Interaktif Melalui Media Komik Sebagai Solusi Pembelajaran Dimasa Pandemi. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 8(1). https://doi.org/10.25134/PEDAGOGI.V8I1.4054. DOI: https://doi.org/10.25134/pedagogi.v8i1.4054
Noor, T. R. (2021). Strategi Solutif Kepala Sekolah Pada Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid 19 di SDN Sumput Sidoarjo. Al-fikrah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 9(1). https://doi.org/10.31958/jaf.v9i1.2658. DOI: https://doi.org/10.31958/jaf.v9i1.2658
Nugraheni, N. (2017). Penerapan Media Komik Pada Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(2), 111–117. https://doi.org/10.24176/re.v7i2.1587. DOI: https://doi.org/10.24176/re.v7i2.1587
Nurhayati, L., Maula, L. H., & Nurasiah, I. (2021). Kecerdasan Emosional dan Kemampuan Berpikir Kritis pada Materi Bangun Datar di Kelas Tinggi Sekolah Dasar. Mimbar Ilmu, 26(2). https://doi.org/10.23887/mi.v26i2.36919. DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v26i2.36919
Nuryamah, I., Sunarya, D. T., & Irawati, R. (2016). Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Permulaan Dalam Melengkapi Cerita Rumpang Menggunakan Media Gambar Dan Papan Bergaris. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 761–770. https://doi.org/10.17509/jpi.v1i1.3566.
Primasari, I. F. N. D., & Zulela. (2021). Kendala Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Secara Online Selama Masa Pandemik Covid-19 di Sekolah Dasar. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 5(1), 64–73. https://doi.org/10.26858/jkp.v5i1.16820. DOI: https://doi.org/10.26858/jkp.v5i1.16820
Puadah, G. N., & Rustini, T. (2022). Visualisasi Media Pembelajaran Cetak Sebagai Daya Dukung Pembelajaran Abad 21 Kelas Rendah di Sekolah Dasar. Nusantara: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 9(5), 1769–1773. https://doi.org/10.31604/jips.v9i5.2022.1769-1773.
Rahmayani, A. L. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Menggunakan Media Video Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan (Teori dan Praktik), 4(1), 59. https://doi.org/10.26740/jp.v4n1.p59-62. DOI: https://doi.org/10.26740/jp.v4n1.p59-62
Restyani, N. K. N. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Inquiry Berbasis Portofolio Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 2(2), 168. https://doi.org/10.23887/jppp.v2i2.15399. DOI: https://doi.org/10.23887/jppp.v2i2.15399
Riayah, S., & Fakhriyana, D. (2021). Optimalisasi pembelajaran dalam jaringan (daring) dengan media pembelajaran video interaktif terhadap pemahaman matematis siswa. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 4(1). https://doi.org/10.21043/jmtk.v4i1.10147. DOI: https://doi.org/10.21043/jmtk.v4i1.10147
Rohati, Winarni, S., & Hidayat, R. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Matematika Berbasis Problem Based Learning dengan Manga Studio V05 dan Geogebra. Edumatica, 08(02), 81–91. https://doi.org/10.22437/edumatica.v8i2.5486. DOI: https://doi.org/10.22437/edumatica.v8i2.5486
Ruiyat, S. A., Yufiarti, Y., & Karnadi, K. (2019a). Peningkatan Keterampilan Berbicara dengan Bercerita Menggunakan Komik Elektronik Tematik. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2). https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.256.
Ruiyat, Yufiarti, & Karnadi. (2019b). Peningkatan Keterampilan Berbicara dengan Bercerita Menggunakan Komik Elektronik Tematik. Jurnal Obsesi Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 518–526. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.256. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.256
Sao, S., Mei, A., Ningsih, N., Mei, M. F., Wondo, M. T. S., Seto, S. B., Naja, F. Y., Meke, K. D. P., & Manda, G. S. (2021). Bimbingan belajar di rumah menggunakan alat peraga blok pecahan pada masa pandemi covid 19. Mitra Mahajana: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 193–201. https://doi.org/10.37478/mahajana.v2i2.1031. DOI: https://doi.org/10.37478/mahajana.v2i2.1031
Saputro, H. B., & Soeharto. (2015). Pengembangan Media Komik Berbasis Pendidikan Karakter Pada Pembelajaran Tematik-Integratif Kelas IV SD. Jurnal Prima Edukasia, 3(1). https://doi.org/10.1016/S0002-9378(15)30176-9. DOI: https://doi.org/10.21831/jpe.v3i1.4065
Saripudin, E., Sari, I., & Mukhtar, M. (2018). Using Macro Flash Animation Media on Motion Material to Improve Learning Achievement for Learning Science in Junior High School. Journal of Science Research and Learning, 4(1), 68–75. https://doi.org/10.30870/jppi.v4i1.3316. DOI: https://doi.org/10.30870/jppi.v4i1.3316
Selfi, G., Prodi, A., Pancasila, P., & Kewarganegaraan, D. (2021). Pelaksanaan Pembelajaran Berbasis E-learning Masa Covid-19 pada Mahasiswa Tahun Masuk 2020 PPKn UNP. Journal of Civic Education, 4(3), 212–218. https://doi.org/10.24036/JCE.V4I3.543.
Setyaningsih, F. D. (2019). Representasi Anak-Anak Melalui Komik Doraemon Berdasarkan Pendekatan Image System. Jurnal Komunikasi, 11(1), 42–51. https://doi.org/10.24912/jk.v10i1.2472. DOI: https://doi.org/10.24912/jk.v10i1.2472
Setyowati, R., & Fimansyah, W. (2018). Upaya Peningkatan Citra Pembelajaran IPS Bermakna di Indonesia. Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan IPS Indonesia), 3(1), 14. https://doi.org/10.26737/jpipsi.v3i1.544 DOI: https://doi.org/10.26737/jpipsi.v3i1.544
Subroto, E. N., Qohar, A., & Dwiyana. (2020). Efektivitas Pemanfaatan Komik sebagai Media Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan, 5(2). https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i2.13156. DOI: https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i2.13156
Sukmanasa, Windiyani, & Novita. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Bagi Siswa Kelas V Sekolah Dasar Di Kota Bogor. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3(2). https://doi.org/10.30870/jpsd.v3i2.2138. DOI: https://doi.org/10.30870/jpsd.v3i2.2138
Sundari, N. (2019). Penggunaan Media Gambar dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa dalam Pembelajaran Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.17509/eh.v5i1.2836. DOI: https://doi.org/10.17509/eh.v5i1.2836
Sutama, I. P. E., Dibia, I. K., & Margunayasa, I. G. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share (Tps) Berbantuan Media Konkret Terhadap Hasil Belajar IPA. Mimbar PGSD Undiksha, 5. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10683.
Syarifuddin, M., Hadi Wijoyo, S., & Sukmo Wardhono, W. (2021). Pengaruh Online Learning Experience Dan Gaya Belajar Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik SMKN 2 Malang Saat Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Informatika), 6(1), 94–105. https://doi.org/10.29100/JIPI.V6I1.1909. DOI: https://doi.org/10.29100/jipi.v6i1.1909
Wahyuningtyas, R., & Sulasmono, B. S. (2020). Pentingnya Media dalam Pembelajaran Guna Meningkatkan Hasil Belajar di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 23–27. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.77. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.77
Wilt, F. Van Der, Bouwer, R., & Veen, C. Van Der. (2021). Dialogic classroom talk in early childhood education : The effect on language skills and social competence. Learning and Instruction, July, 101522. https://doi.org/10.1016/j.learninstruc.2021.101522. DOI: https://doi.org/10.1016/j.learninstruc.2021.101522
Wulandari, H., & Purwanta, E. (2021). Pencapaian Perkembangan Anak Usia Dini di Taman Kanak-kanak selama Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1). https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.626. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.626
Zaini, H., & Dewi, K. (2017). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1). https://doi.org/10.19109/ra.v1i1.1489. DOI: https://doi.org/10.19109/ra.v1i1.1489
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Ni Luh Putu Ari Sintya Dewi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)