Aplikasi Android Belajar Membaca (KEJARBACA): Minat Membaca Siswa Kelas III Sekolah Dasar

Authors

  • Luh Lista Santi Widiani Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Putu Nanci Riastini Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Dewa Gede Firstia Wirabrata Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jp2.v5i3.52568

Keywords:

Aplikasi Android, Membaca, Minat Baca, Kejar Baca

Abstract

Permasalahan saat ini yaitu minat membaca siswa yang sangat rendah.  Beberapa siswa menganggap kegiatan membaca sangat membosankan. Tujuan penelitian ini yaitu menghasilkan aplikasi android belajar membaca (KEJARBACA) yang dapat meningkatkan minat membaca pada siswa sekolah dasar. Jenis penelitian ini yaitu research and development menggunakan model ADDIE. Aplikasi KEJARBACA yang telah dikembangkan kemudian dilakukan uji validasi oleh 2 para ahli. Populasi penelitian berjumlah 6 orang, dan sampel penelitian berjumlah 6 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, kuesioner, dan studi dokumentasi. Instrument yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu lembar rating scale. Teknik yang diguakan dalam menganalisis data yaitu deskriptif kualitatif, kuantitatif, dan statistic inferensial. Hasil penelitian yaitu hasil penilaian dari ahli isi produk mendapatkan validitas sangat tinggi. Hasil penilaian dari guru sangat tinggi, dan siswa validitas sangat tinggi. Hasil uji efektifitas menunjukan terdapat hasil yang signifikan peningkatan minat membaca siswa. Disimpulkan bahwa aplikasi android belajar membaca (KEJARBACA) dapat meningkatkan minat membaca pada siswa sekolah dasar.

References

Agung, Guna, & Pudjawan. (2019). Game Education Mata Pelajaran Matematika Untuk Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Paket. Jurnal Edutech Undiksha, 7(2), 2019. https://doi.org/10.23887/jeu.v7i2.21669.

Ahdan, S., Putri, A. R., & Sucipto, A. (2020). Aplikasi M-Learning Sebagai Media Pembelajaran Conversation Pada Homey English. Sistemasi, 9(3), 493. https://doi.org/10.32520/stmsi.v9i3.884. DOI: https://doi.org/10.32520/stmsi.v9i3.884

Akman, E., & Çakır, R. (2020). The effect of educational virtual reality game on primary school students’ achievement and engagement in mathematics. Interactive Learning Environments. https://doi.org/10.1080/10494820.2020.1841800. DOI: https://doi.org/10.1080/10494820.2020.1841800

Alfin, J. (2019). Pengembangan Materi Sejarah Kebudayaan Islam sebagai Bahan Ajar Literasi Membaca di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 7(1), 71–88. https://doi.org/10.15642/jpai.2019.7.1.71-88. DOI: https://doi.org/10.15642/jpai.2019.7.1.71-88

Amil, A. J., Setyawan, A., & Dellia, P. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Keterampilan Membaca Berbasis Android Pokok Pembahasan Legenda Desa-Desa Di Madura Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas VII SMP Negeri Se-Kabupaten Bangkalan. BASINDO: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pembelajarannya, 5(1). https://doi.org/10.21107/metalingua.v5i2.8628. DOI: https://doi.org/10.21107/metalingua.v5i2.8628

Amini, N., & Suyadi, S. (2020). Media Kartu Kata Bergambar Dalam Meningkatkan Kemampuan Kosakata Anak Usia Dini. PAUDIA : Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 9(2), 119–129. https://doi.org/10.26877/paudia.v9i2.6702. DOI: https://doi.org/10.26877/paudia.v9i2.6702

Astuti, I. A. D., Sumarni, R. A., & Saraswati, D. L. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Mobile Learning Berbasis Android. JRPK: Jurnal Riset Pendidikan Kimia, 7(2), 160–167. https://doi.org/10.21009/jrpk.072.10. DOI: https://doi.org/10.21009/JRPK.072.10

Astutia, I. A. D., Sumarni, R. A., & Saraswati, D. L. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Android. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 3(1), 59. https://doi.org/10.21009/jrpk.072.10. DOI: https://doi.org/10.21009/1.03108

Aydın, G., & Bağcı Ayrancı, B. (2018). Reading Preferences of Middle School Students. World Journal of Education, 8(2), 127. https://doi.org/10.5430/wje.v8n2p127. DOI: https://doi.org/10.5430/wje.v8n2p127

Balan, S., Katenga, J. E., & Simon, A. (2019). “Reading Habits and their Influence on Academic Achievement among Students at Asia Pacific International University, Thailand.” Abstract Proceedings International Scholars Conference, 7(1), 1469–1495. https://doi.org/10.35974/isc.v7i1.928. DOI: https://doi.org/10.35974/isc.v7i1.928

Chen, C.-M., & Chen, M.-C. (2019). Mobile formative assessment tool based on data mining techniques for supporting web-based learning. Computers & Education, 5(2). https://doi.org/10.1016/j.compedu.2008.08.005. DOI: https://doi.org/10.1016/j.compedu.2008.08.005

Diani, D. R., & Nurhayati, D. S. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Menulis Cerpen Berbasis Aplikasi Android. Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 7, 2. https://doi.org/10.20961/basastra.v7i2.37800.

Dwi agus setiawan, & Nur Kumala, F. (2020). Multimedia Interaktif Tipe Adobe Flash CS6 Berbasis Kurikulum 2013 Dalam Meningkatkan Literasi Verbal Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 6(1), 32–49. https://doi.org/10.29407/jpdn.v6i1.14358. DOI: https://doi.org/10.29407/jpdn.v6i1.14358

Fikriyah, F., Rohaeti, T., & Solihati, A. (2020). Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Literasi Membaca Peserta Didik Sekolah Dasar. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 4(1), 94–107. https://doi.org/10.20961/jdc.v4i1.43937. DOI: https://doi.org/10.20961/jdc.v4i1.43937

Gogahu, D. G. S., & Prasetyo, T. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis E-Bookstory untuk Meningkatkan Literasi Membaca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4). https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.493. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.493

Halimah. (2019). Penggunaan Media Kartu Gambar untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan pada Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal Peradaban Islam, 1(1), 171–191. https://doi.org/10.22373/tadabbur.v1i1.55. DOI: https://doi.org/10.22373/tadabbur.v1i1.55

Harahap, D. M., Harahap, R., & Solin, M. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Membaca Untuk Kegiatan Literasi. Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra, 6(2), 94–98. https://doi.org/10.32696/jp2bs.v6i2.942.

Harjanta, A. T. J., & Herlambang, B. A. (2018). Rancang Bangun Game Edukasi Pemilihan Gubernur Jateng Berbasis Android Dengan Model ADDIE. Jurnal Transformatika, 16(1), 91–97. https://doi.org/10.26623/transformatika.v16i1.894. DOI: https://doi.org/10.26623/transformatika.v16i1.894

Havisa, S., Solehun, S., & Putra, T. Y. (2021). Pengaruh Metode Suku Kata Mengunakan Media Kartu Huruf terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I SD Muhammadiyah Majaran Kabupaten Sorong. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 3(1), 23–31. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v3i1.765. DOI: https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v3i1.765

Hendri, M., Pramudya, L., Ika, N., & Pratiwi, S. (2020). Analisis hubungan karakter semangat kebangsaan dengan hasil belajar siswa. Jurnal Pembangunan dan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi, 7(1), 1–8. https://doi.org/10.21831/jppfa.v7i1.25209. DOI: https://doi.org/10.21831/jppfa.v7i1.25209

Hochweber, J., & Vieluf, S. (2018). Gender differences in reading achievement and enjoyment of reading: The role of perceived teaching quality. Journal of Educational Research, 111(3), 268–283. https://doi.org/10.1080/00220671.2016.1253536. DOI: https://doi.org/10.1080/00220671.2016.1253536

Husnulwati, S., Sardana, L., & Suryati, S. (2019). Pengembangan E-Modul Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis Aplikasi Android. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 2(3), 252. https://doi.org/10.23887/ijerr.v2i3.21013. DOI: https://doi.org/10.23887/ijerr.v2i3.21013

Ismail, M. A.-A., & Mohammad, J. A.-M. (2017). Kahoot: A Promising Tool for Formative Assessment in Medical Education. Education in Medicine Journal, 9(2). https://doi.org/10.21315/eimj2017.9.2.2. DOI: https://doi.org/10.21315/eimj2017.9.2.2

Juniari, I. (2021). Upaya Meningkatkan Semangat Belajar Siswa Melalui Media Pembelajaran Multimedia Interaktif pada Pelajaran IPA Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 8(1). https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.33091. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.33091

Kusuma, G. P., Suryapranata, L. K. P., & Utomo, Y. (2021). Enhancing Historical Learning Using Role-Playing Game on Mobile Platform. Procedia Computer Science, 179. https://doi.org/10.1016/j.procs.2021.01.078. DOI: https://doi.org/10.1016/j.procs.2021.01.078

Maula, N. R., & Fatmawati, L. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Kayaku (Kayanya Alam Negeriku) Berbasis STEM Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 97. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.22351. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.22351

Meyer-Beining, J., Vigmo, S., & Mäkitalo, Å. (2018). The Swedish grade conference: A dialogical study of face-to-face delivery of summative assessment in higher education. Learning, Culture and Social Interaction, 19(May), 134–145. https://doi.org/10.1016/j.lcsi.2018.05.004. DOI: https://doi.org/10.1016/j.lcsi.2018.05.004

Muriani, Y., MS, Z., & Suseno, M. (2018). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Metode Struktural Analitik Sintetik. AR-RIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1). https://doi.org/10.29240/jpd.v2i1.469. DOI: https://doi.org/10.29240/jpd.v2i1.469

Nurcholis, R. A., & Istiningsih, G. (2021). Problematika dan Solusi Program Literasi Baca-Tulis Siswa Kelas Rendah di SD Negeri Butuh. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(2), 189–195. https://doi.org/10.29303/jipp.v6i2.206. DOI: https://doi.org/10.29303/jipp.v6i2.206

Purwaningrum, S. W., Saurina, N., & Adisusilo, A. K. (2017). Systematic Review to Compare Serious Game and Traditional Learning to Engage Children doClean and Healthy Lifestyle. International Journal of Engineering Research and Application, 7(4), 18–26. https://doi.org/10.9790/9622-0704041826. DOI: https://doi.org/10.9790/9622-0704041826

Putra, I. G. D., & Sujana. (2020). Hasil belajar IPS menggunakan Kolaborasi Model Discovery Learning Berbasis Media Animasi. Journal of Educational Technology, 4, 103–109. https://doi.org/10.23887/jet.v4i2.25099. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v4i2.25099

Rahardja, U., Hariguna, T., & Aini, Q. (2019). Understanding the impact of determinants in game learning acceptance: An empirical study. International Journal of Education and Practice, 7(3). https://doi.org/10.18488/journal.61.2019.73.136.145. DOI: https://doi.org/10.18488/journal.61.2019.73.136.145

Rizalni, R. L., Trisnadoli, A., & Zul, M. I. (2019). Pengembangan Game Edukasi Mobile Makhluk Hidup Kelas Reptilia Untuk Siswa Smp. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI), 8(2), 87. https://doi.org/10.23887/janapati.v8i2.17880. DOI: https://doi.org/10.23887/janapati.v8i2.17880

Rusmono, & Alghazali, M. I. (2019a). Pengaruh Media Cerita Bergambar Dan Literasi Membaca Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 21(3), 269–282. https://doi.org/10.21009/jtp.v21i3.13386.

Rusmono, & Alghazali, M. I. (2019b). Pengaruh Media Cerita Bergambar Dan Literasi Membaca Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 21(3), 269–282. https://doi.org/10.21009/jtp.v21i3.13386. DOI: https://doi.org/10.21009/jtp.v21i3.13386

Saadati, B. A., & Sadli, M. (2019). Analisis Pengembangan Budaya Literasi Dalam Meningkatkan Minat Membaca Siswa Di Sekolah Dasar. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 6(2), 151–164. https://doi.org/10.24042/terampil.v6i2.4829. DOI: https://doi.org/10.24042/terampil.v6i2.4829

Salsabilah, I. D., Hakim, Z. R., & Taufik, M. (2020). Proses Penanaman Karakter Gemar Membaca Pada Siswa Kelas Iii Melalui Pelaksaaan Program Literasi di Sdn Banjar Sari 5. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2), 115–126. https://doi.org/10.31326/jipgsd.v4i2.682.

Sismulyasih, N. (2018). Peningkatan Kemampuan Membaca Dan Menulis Permulaan Menggunakan Strategi Bengkel Literasi Pada Siswa Sd. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 68. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v7i1.5341. DOI: https://doi.org/10.33578/jpfkip.v7i1.5341

Sobakhah, L. B., & Afakhrul, M. B. (2019). Pengembangan Media Pop Up Book Untuk Pembelajaran Membaca Puisi Kelas I SD. JTIEE (Journal of Teaching in Elementary Education), 3(1), 62–70. https://doi.org/10.30587/jtiee.v3i1.1129. DOI: https://doi.org/10.30587/jtiee.v3i1.1129

Suryaningsih, N. M. A., & Rimpiati, N. L. (2018). Implementation of Game-Based Thematic Science Approach in Developing Early Childhood Cognitive Capabilities. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 194–201. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.90. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.113

Syawaluddin, A., Afriani Rachman, S., & Khaerunnisa. (2020). Developing Snake Ladder Game Learning Media to Increase Students’ Interest and Learning Outcomes on Social Studies in Elementary School. Simulation and Gaming, 51(4), 432–442. https://doi.org/10.1177/1046878120921902. DOI: https://doi.org/10.1177/1046878120921902

Tahmidaten, L., & Krismanto, W. (2020). Permasalahan Budaya Membaca di Indonesia (Studi Pustaka Tentang Problematika & Solusinya). Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 10(1), 22–33. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i1.p22-33. DOI: https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i1.p22-33

Umi Fatimah, L., & Alfath, K. (2019). Analisis Kesukaran Soal, Daya Pembeda dan Fungsi Distraktor. Jurnal Komunikasi dan Pendidikan Islam, 8(2), 37–64. https://doi.org/10.36668/jal.v8i2.115. DOI: https://doi.org/10.36668/jal.v8i2.115

Vuong, Q. H., Le, A. V., La, V. P., Vuong, T. T., Do, T. H., Vuong, H. M., Do, D. L., Hoang, P. H., Vu, T. H., Ho, M. T., & Ho, M. T. (2019). A dataset of vietnamese junior high school students’ reading preferences and habits. Data, 4(49), 1–12. https://doi.org/10.3390/data4020049. DOI: https://doi.org/10.3390/data4020049

Wicaksana, I. P. G. C. R., Agung, A. A. G., & Jampel, I. N. (2019). Pengembangan E-Komik Dengan Model ADDIE Untuk Meningkatkan Minat Belajar Tentang Perjuangan Persiapan Kemerdekaan Indonesia. Jurnal EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha, 7(2), 48–59. https://doi.org/10.23887/jeu.v7i2.23159. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v7i2.23159

Wijayanti, S. H., Utami, N., Pratikto, A., & Pramono, H. (2020). Menggerakkan Literasi Baca-Tulis Di Rusunawa Muara Baru Pluit. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 2(2). https://doi.org/10.24912/jbmi.v2i2.7234. DOI: https://doi.org/10.24912/jbmi.v2i2.7234

Wulandari, S. (2020). Media Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Minat Siswa Belajar Matematika Di SMP 1 Bukit Sundi. Indonesian Journal of Technology, Informatics and Science (IJTIS), 1(2), 43–48. https://doi.org/10.24176/ijtis.v1i2.4891. DOI: https://doi.org/10.24176/ijtis.v1i2.4891

Yüksel, H. S., & Gündüz, N. (2017). Formative and Summative Assessment in Higher Education: Opinions and Practices of Instructors. European Journal of Education Studies, 3(8), 336–356. https://doi.org/10.5281/zenodo.832999.

Downloads

Published

2022-11-02

How to Cite

Luh Lista Santi Widiani, Putu Nanci Riastini, & Dewa Gede Firstia Wirabrata. (2022). Aplikasi Android Belajar Membaca (KEJARBACA): Minat Membaca Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 5(3), 483–491. https://doi.org/10.23887/jp2.v5i3.52568

Issue

Section

Articles