Pengaruh Model Pembelajaran ExamplesNon Examples Berbantuan Alat Peraga terhadap Hasil Belajar IPA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jp2.v2i2.17904Abstract
Permasalahan rendahnya hasil belajar IPA siswa kelas V di Gugus II Kecamatan Kubutambahan menjadi masalah utama dilakukannya penelitian ini. Rendahnya hasil belajar IPA terjadi karena karena pembelajaran masih berpusat pada guru dan siswa cenderung pasif. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran examples non examples berbantuan alat peraga terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD di Gugus II Kecamatan Kubutambahan Tahun Pelajaran 2017/2018. Populasi penelitian adalah siswa kelas V di SD Gugus II Kecamatan Kubutambahan Tahun Pelajaran 2017/2018 yang menerapkan KTSP berjumlah 187 siswa. Sampel penelitian yaitu siswa kelas V SD N 6 Kubutambahan berjumlah 28 siswa dan siswa kelas V SD N 2 Kubutamabahan berjumlah 30 siswa. Data hasil belajar IPA dikumpulkan dengan metode tes bentuk pilihan ganda. Data hasil penelitian tersebut dianalisis dengan teknik statistik deskriptif dan statistik inferensial (uji-t). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) rata-rata hasil belajar IPA kelompok eksperimen adalah 23,57 berada pada kategori sangat tinggi, (2) rata-rata hasil belajar IPA kelompok kontrol adalah 17,60 berada pada kategori tinggi, (3) Hasil uji hipotesis dengan teknik uji-t, diperoleh thitung lebih besar dari ttabel (6,626 > 2,003). Berdasarkan hasil analisis data tersebut, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran examples non examples berbantuan alat peraga terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD di Gugus II Kecamatan Kubutambahan Tahun Pelajaran 2017/2018.References
Abidah, Zeni. 2014. Penggunaan Model Pembelajaran Example Non Example untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Tunagrahita Kelas VII. Jurnal Ortopedagogia, VOL. 1, NO. 3, Hal. 201-211. Tersedia Pada : http://journal.um.ac.id/index.php/jo/article/view/8235 (diakses pada tanggal 18 Mei 2018).
Agung, Anak Agung Gede. 2014. Buku Ajar Metodologi Penelitian Pendidikan. Malang: Aditya Media Publishing.
Djafar, Nur Asmah. 2014. “Penerapan Model Pembelajaran Example non Example untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas VIII.K SMP Negeri 4 Sungguminasa Kabupaten Gowa”. Jurnal Bionature, Vol. 15, No. 2 (hlm. 67-80). Tersedia pada http://ojs.unm.ac.id/bionature/article/view/1551 (diakses pada tanggal 18 Mei 2018).
Komalasari, Kokom. 2010. Pembelajaran Kontekstual: Konsep dan Aplikasi. Bandung: PT Refika Aditama.
Kurniasih, Imas & Berlin Sani. 2017. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran. Kata Pena.
Lestiawan, Fendi , dan Arif Bintoro Johan. 2018. Penerapan Metode Pembelajaran Example Non Example untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Dasar-Dasar Pemesinan. Jurnal Taman Vokasi Volume 6, Nomor 1, Hal. 98-106. Tersedia Pada : http://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/tamanvokasi (diakses pada tanggal 18 Mei 2018).
Lucky Nurma Dianto. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Example Non Examples terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMPN 1 Tarokan 2016/2017 pada Materi Kesebangunan dan Kongruen. Simki-Techsain Vol. 02 No. 07 Hal. 1-13. Tersedia Pada : http://simki.unpkediri.ac.id/mahasiswa/file_artikel/2018/64537f22e3f2f8c2a89773337c08ff8f.pdf. (diakses pada tanggal 18 Mei 2018).
Mariani, Sri , Bachtiar A. Wahab dan F.Y. Khosmas. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Examples and Non Examples dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol. 3 No. 2 Hal. 1-15. Tersedia Pada : https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/15473 (diakses pada tanggal 18 Mei 2018).
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Suastra, I Wayan. 2009. Pembelajaran Sains Terkini: Mendekatkan Siswa dengan Lingkungan Alamiah dan Sosial Budayanya. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Sunggudek, Nolpin. 2017. “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS melalui Model Pembelajaran Examples non Examples Kelas V SDN Unu Kecamatan Bulagi Selatan”. Jurnal Kreatif Tadulako Online, Vol 5, No. 9 (hlm. 193-204). Tersedia pada http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JKTO/article/view/3967 (diakses pada tanggal 18 Mei 2018).
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.
Ujeng. 2016. “Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Alat Peraga IPA Kelas IV SD Inpres 1 Siney”. Jurnal Kreatif Tadulako Online, Vol. 4, No. 6 (hlm. 186-203). Tersedia pada http://jurnal.untad .ac.id/jurnal/index.php/JKTO/article/view/3442 (diakses pada tanggal 18 Mei 2018).
Widiyatmoko, A. 2013. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Terpadu Berkarakter Menggunakan Pendekatan Humanistik Berbantuan Alat Peraga Murah”. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, Vol. 2, No. 1 (hlm. 76-82). Tersedia pada https://journal.unnes.ac.id/artikel_nju/jpii/2513 (diakses pada tanggal 18 Mei 2018).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)