Pengaruh Model Pembelajaran Consept Sentence Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Keterampilan Menulis Bahasa Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.23887/jp2.v2i2.17909Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran consept sentence berbantuan media audio visual terhadap keterampilan menulis Bahasa Indonesia siswa kelas II SD Gugus Patimura Denpasar Selatan tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan nonequivalent control grup design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas II SD Gugus Patimura Denpasar Selatan yang terdiri dari 306 siswa. Sampel penelitian ini adalah sebanyak 72 orang siswa, 36 orang siswa kelas IIa SD Negeri 11 Sesetan sebagai kelompok eksperimen dan sebanyak 36 orang siswa kelas II SD Negeri 18 Sesetan sebagai kelompok kontrol. Pengumpulan data keterampilan menulis permulaan dilakukan dengan metode tes uraian. Data yang diperoleh dianalisis dengan analisis uji-t. Berdasarkan hasil analisis diperoleh = 3,659 > = 2,000, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan keterampilan menulis Bahasa Indonesia antara kelompok siswa yang dibelajarkan melalui model pembelajaran consept sentence berbantuan media audio visual dengan kelompok siswa yang dibelajarkan melalui pembelajaran konvensional. Nilai rata-rata keterampilan menulis permulaan pada kelompok eksperimen yaitu =84,183 dan rata-rata keterampilan menulis permulaan kelompok kontrol yaitu =75,208. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran consept sentence berbantuan media audio visual terhadap keterampilan menulis Bahasa Indonesia siswa kelas II SD Gugus Patimura Denpasar Selatan tahun ajaran 2017/2018. Berdasarkan hasil penelitian disarankan agar penelitian ini dapat dijadikan hasil kajian yang lebih luas dan memperdalam teori mengenai model pembelajaran consept sentence berbantuan media audio visual.
References
Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.
Awing ,Ikawati (2017). Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Concept Sentence Dalam Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Bahasa Jerman Siswa Kelas Xi Ipa Sma Negeri 12 Makassar . Jurnal Pendidikan Bahasa Asing dan Sastra Volume 1 No.1 Maret 2017
Cahya , Desi (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Concept Sentence Terhadap Kemampuan Menulis Deskripsi Sederhana Peserta Didik Tunarungu Kelas VII . Jurnal Ortopedagogia, Volume 1, Nomor 4, Juli 2015
Mahardika, I Gusti Ngurah Putu Putra. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Tandur Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ipa Siswa Kelas V. Mimbar PGSD, Vol 5, No 2. (diakses pada tanggal 29 januari 2018).
Nurlaila, Maryam (2015). Pengaruh Bahasa Daerah (Ciacia) Terhadap Perkembangan Bahasa Indonesia Anak Usia 2 Sampai 6 Tahun Di Desa Holimombo Jaya . Jurnal Retorika, Volume 9, Nomor 2, Agustus 2016
Munirah (2015). SISTEM PENDIDIKAN DI INDONESIA: antara keinginan dan realita . Jurnal Auladuna, Vol. 2 No. 2 Desember 2015
Qurrati , Nida (2018). Pengaruh Model Concept Sentence Terhadap Keterampilan Menulis Karangan Sederhana Pada Siswa Kelas Iv Sdn Kerangkulon 1 Demak . Jurnal Sekolah (JS). Vol 2 (2) Maret 2018,
Setyosari, Punaji. 2013. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta : PRENADAMEDIA GROUP.
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta : AR-RUZZ MEDIA.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : CV ALFABETA.
Sumerti, Ni Luh. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Consept Sentence Berbantuan Media Gambar Berseri Terhadap Keterampilan Menulis Siswa Kelas V Sdn 22 Dauh Puri. Mimbar PGSD, Vol 2, No 1. (diakses pada tangga 29 januari 2018).
Tarigan, Henry Guntur. 2013. Menulis. Bandung : CV Angkasa.
Wati, Ega Rima. 2016. Ragam Media Pembelajaran. Yogyakarta : Kata Pena
Wartini (2017). Penerapan Model Pembelajaran Complete Sentence dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan . Jurnal Mimbar Sekolah Dasar, Vol 4(3) 2017, 256-263 DOI: 10.17509/mimbar-sd.v4i3.8477
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)