Keefektifan Model Group Investigation Materi Keliling dan Luas Bangun Datar Terhadap Hasil Belajar
DOI:
https://doi.org/10.23887/jp2.v2i2.17911Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan model Group Investigation terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika materi keliling dan luas bangun datar kelas IV di Sekolah Dasar. Metode penelitian ini yang digunakan adalah metode eksperimen semu dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah pre experimental design. Design penelitian menggunakan pre experimental design one group pretest-posttest design..Sampel dalam penelitian ini adalah 32 peserta didik. Hasil analisis data menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik pada postest di kelas eksperimen efektif digunakan sebesar 0,1297. Hal ini berarti pembelajaran dengan menerapkan model Group Investigation efektif dengan kriteria tinggi terhadap hasil belajar peserta didik kelas IV dalam pembelajaran Matematika Materi Keliling dan Luas Bangun Datar di SD N 1 Sukodadi.
References
Arif Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta. Rineka Cipta
Ayu, Andhika Wulandari. 2010. Efektifitas Penggunaan Metode Group Investigation dan Brainstrming terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Se-Kecamatan Laweyan Pada Pokok Bahasan Sifat-Sifat Bangun Datar Ditinjau Dari Aktifitas Belajar Siswa. Tesis. Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Darmadi. 2017. Pengembangan Model dan Metode pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa. Yogyakarta. Group Penerbit CV BUDI UTAMA
Depdiknas. 2003. Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta. Departemen Agama.
Erlinawati dan H. Marhadi 2014. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SD Negeri 56 Pekanbaru. Primary, Volume 3, Nomor 1 (hal 9–14).
Fathurrahman. 2015. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta. Ar-Ruzz
Hanisah, Siti, S Tri, B setyo. 2014. Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Inestigation Dalam Peningkatan Pembelajaran Matematika tentang Pecahan Pada Siswa Kelas V SD. Jurnal Kalam Cendekia. 2 (2):5-7.
Huda, Miftahul. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.. Cetakan kedua, September 2013
Isrok’atun, Amelia Rosmala. 2018. Model-Model Pembelajaran Matematika. Jakarta. PT Bumi Aksara.
Juwariyah, Siti. 2013. Penggunaan Metode Group Investigation Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas IIIA SDIT Arofah 2 Klego Tahun Ajaran 2012/2013. Jurnal Ilmiah. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Rusman. 2017. Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta. Kencana
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta. Ar-Ruzz Media
Slameto. 2013. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta. Raneka Cipta
Suardi, Moh. 2018. Belajar Dan Pembelajaran. Yogyakarta. CV Budi Utama
Sudijono, Anas. 2009. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta. PT RajaGrafindo Persada.
Sugiyono. 2012. Statistika Untuk Penelitian. Bandung. Alfabeta
_______. 2017. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung. ALFABETA CV
Suprijono, Agus. 2012. Cooperative Learning. Yogyakarta. Pustaka Pelajar
Susanti, Yusi., dkk. 2013 Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Groupp Imvestigation Berdasarkan Keterampilan Proses terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Gugus 2 Mengwi. Mimbar PGSD Undiksha, Volume 1, Nomor 1.
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar & Pembelajaran. Jakarta. PRENADA MEDIA GROUP
Syaodih, Sukmadinata Nana. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung. PT Remaja Rosdakarya.
Trianto, 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif – Progresif : Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta. Kencana Penada Media Group.
Uliya, Nuhyal. 2016. Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Materi Bangun Datar dengan Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation dengan Pendekatan Staintifik di SD. Jurnal Tunas Bangsa. 3(2) : 64-65.
Yasin, Ahmad. 2016. Penerapan Metode Kooperatif Model Group Investigation Sebagai Alternatif Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pokok Bahasan Hubungan Antar Satuan Berat Pada Siswa Kelas IV Semester II SDN 3 TlogosariTahun Pelajaran 2014-2015. Jurnal Pancaran. 5(4) : 31-50.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)