Pengaruh Numbered Head Together Berbantuan Gambar Terhadap Penguasaan Kompetensi Pengetahuan IPA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jp2.v2i3.19275Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan penguasaan kompetensi pengetahuan IPA antara siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran numbered head together dan siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian kuasi eksperimen dengan rancangan penelitian digunakan adalah "Post Test Only Control Group Design" . Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri di gugus III Kecamatan Jembrana Tahun Ajaran 2017/2018. Sampel ditentukan dengan teknik cluster random sampling dan diperoleh SD Negeri 6 Dauhwaru sebagai kelompok eksperimen dan kelas IV SD Negeri 3 Dauhwaru sebagai kelompok kontrol. Data hasil penguasaan kompetensi pengetahuan IPA dikumpulkan menggunakan tes pilihan ganda. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan statistik inferensian (uji-t) dengan rumus polled varians. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan penguasaan kompetensi pengetahuan IPA antara siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran numbered head together berbantuan media gambar dan siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas IV SD Negeri di Gugus III Kecamatan Jembrana Tahun Ajaran 2017/2018. Hal ini ditunjukkan oleh thitung (2,07) > ttabel (1,67) dan rata-rata (mean) kelompok eksperimen (25,19) lebih besar dari rata-rata (mean) kelompok kontrol (14,34). Ini berarti model pembelajaran numbered head together berbantuan media gambar berpengaruh terhadap penguasaan kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas IV SD Negeri di Gugus III Kecamatan Jembrana.
Kata Kunci: Gambar, IPA, kompetensi, numbered head together
References
Agung, A.A Gede. 2014. "Metodelogi Penelitian Pendidikan". Singaraja : Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Pendidikan Ganesha.
Arikunto, Suharsimi. 2013. "Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan Edisi kedua". Jakarta: Bumi Aksara
Arsyad, Azhar. 2007. "Media Pembelajaran". Jakarta: Rajawali Press.
Candiasa, I Made. 2010. Pengujian Instrumen Penelitian Disertai Aplikasi ITEMAN dan BIGSTEPS. Singaraja: Undiksha Press.
Daryanto dan Herry Sudjendro. 2014. Wacana Bagi Guru, Siap Menyongsong Kurikulum 2013.Yogyakarta: Gava Media.
Jihad, Asep dan Abdul Haris. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.
Kemendikbud. 2014a. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 57 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 SD/MI. Jakarta: Kemendiknas.
Kosasih, E. 2014. Strategi Belajar dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Yrama Widya.
Koyan, I Wayan. 2012. Statistik Pendidikan Teknik Analisis Data Kuantitatif. Singaraja: Undiksha Press.
Krissandi, Sagita dan Rusmawan. 2015. ”Kendala Guru Sekolah Dasar Dalam Implementasi Kurikulum 2013”. (Jurnal) FKIP Universitas Sanata Dharma, No. 3.
Kunandar. 2014. "Penilaian Autentik". Jakarta: Grafindo Persada.
Kurniasih, Imas dan Berlin Sani. 2014. "Sukses Mengimplementasikan Kurikulum 2013" . Kata Pena.
Kurniasih, Imas dan Berlin Sani. 2015. "Ragam Pengembangan Model Pembelajaran". Kata Pena.
Munirah . 2015. Sistem Pendidikan Di Indonesia: Antara Keinginan Dan Realita . Jurnal Auladuna, Vol. 2 No. 2 Desember 2015: 233-245
Megawati, Priarti. 2012. Meretas Permasalahan Pendidikan Di Indonesia . Jurnal Formatif 2(3): 227-234 ISSN: 2088-351X
Nasrun. 2016.”The Use of Cooperative Learning With Numbered Head Together Model to Improve The Student’s Mathematics Subject”. Journal of Mathematics.Vol 12.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 53 Tahun 2015 Tentang Penilaian Hasil Belajar Oleh Pendidik Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. 2015. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Purnomo, Suud. 2012. ”Improving The Student’ Reading comprehension through Numbered Head Together Technique”. Journal on English as a Foreign Language, Vol 2.Tersedia pada http://e-journal.iain-palangkaraya.ac.id
Riastini, Putu Nanci, dkk. 2016. "Pembelajaran IPA di SD". Singaraja: Undiksha.
Ridwanthi, Prima. 2013. "Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Berbantuan Media Question Card Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD N 6 Bondalem". Undiksha, Vol 1. Tersedia pada https://ejournal.undiksha.ac.id
Rimawati, Ema. 2016. Ragam Media Pembelajaran.Kata Pena.
Rusman. 2013. "Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru". Jakarta: Grafindo Persada.
Samatowa, Usman. 2016. Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar, Cetakan Ke-3. Jakarta: Indeks
Sanjaya, Wina. 2011. "Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan". Jakarta: Kencana.
Sari.Malda dan Edy Surya. (2017)." Improving the Learning Outcomes of Students using Numbered Heads Together Model in the Subjects of Mathematics" International Journal of Science. Volume 33. No 3(hlm.313)
Shoimin, Aris.2014. ”68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013”. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.
Solihatin, Etin dan Raharjo. 2007. Cooperative Learning Analisis Model Pembelajaran IPS .Jakarta : Bumi Aksara.
Suarjana, I Made dan Ngurah Japa. 2015. "Pendidikan Matematika II". Singaraja: Undiksha.
Sudiman, Arief, dkk. 2005. "Media Pendidikan". Jakarta : Raja Grafindo Persada
Sugiono. 2017. "Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R&D". Bandung: Alfabeta.
Suriani, Ketut. 2013. "Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHTBerbantuan Media Flip Chart Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V SD". Undiksha.Vol 1. Tersedia pada https://ejournal.undiksha.ac.id
Susanto, Ahmad. 2014a. "Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar". Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Tegeh, I Made. 2010. "Media Pembelajaran". Singaraja: Undiksha Singaraja.
Trianto. 2009. "Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik". Jakarta: Pres Pustaka.
Siti, Aas Sholichah. 2018. Teori-Teori Pendidikan Dalam Al-Qur’an . Jurnal Pendidikan Islam Vol.07, No. 1 ISSN : 2252-8970
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)